Jangan Pakai Masker yang Sama Berkali-kali!

Jangan Pakai Masker yang Sama Berkali-kali!
Ilustrasi (Foto: Getty Images)

Menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker. Inilah gerakan 3M yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Hasil penelitian para ilmuwan menunjukkan bahwa gerakan ini secara signfikan menurunkan jumlah kasus Covid-19.

“Memakai masker secara signifikan mengurangi penetrasi partikel ke dalam paru-paru hingga filtrasi 65%,” kata Jinxiang Xi, salah satu peneliti dari University of Massachusetts Lowell, seperti dikutip YUKK dari Mirror.

Jangan Pakai Masker yang Sama Berkali-kali!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Masker juga mempengaruhi arus udara yang masuk dan terhirup oleh paru-paru. Ketika kita menggunakan masker, udara dihirup melalui masker, disaring oleh seluruh permukaan masker, dan mengalir di sekitar permukaan wajah.

“Mengenakan masker ternyata dapat mengubah bidang aliran udara pada wajah. Dengan ketahanan masker, kecepatan aliran udara akan melambat karena ada penyaringan udara,” jelasnya.

Jangan Pakai Masker yang Sama Berkali-kali!
Ilustrasi (Foto: Getty Images)

Yang kemudian menjadi masalah adalah masker yang sama dipakai berulang-ulang kali. Masker seperti itu akan berkurang kemampuannya menyaring partikel kecil yang dihirup. Dengan demikian, partikel akan lebih mudah masuk ke dalam paru-paru.

Itulah hasil penelitian yang dilakukan tim peneliti dari University of Massachusetts Lowell dan California Baptist University. Dalam penelitian itu, mereka menggunakan metode komputasi numerik untuk melihat seberapa jauh ketahanan masker dan efektivitasnya dalam menahan pertikel kecil di udara.

Jangan Pakai Masker yang Sama Berkali-kali!
Gambaran gerakan partikel dengan dan tanpa masker (Foto: Jinxiang Xi via news-medical.net)

Jika masker sering digunakan, lipatannya berubah bentuk, sehingga udara masuk ke dalam paru-paru tanpa difiltrasi. Semakin sering masker digunakan, lipatan masker akan semakin berubah. Akibatnya adalah kemanjurannya berkurang.

“Wajar untuk berpikir bahwa memakai masker, entah itu baru atau lama, selalu lebih baik ketimbang tidak memakai masker sama sekali. Namun, hasil penelitian kami menunjukkan bahwa anggapan itu hanya berlaku untuk partikel yang ukurannya lebih besar daripada 5 mikrometer dan tidak untuk yang lebih kecil dari 2,5 mikrometer,” terangnya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry