Inilah Pohon Jambu Mede Terbesar di Dunia

Inilah Pohon Jambu Mede Terbesar di Dunia
Pohon jambu mede ini diperkirakan berusia lebih dari 1.000 tahun (Foto: Documento de Viagem)

Dalam beberapa pekan terakhir ini, nama Brasil disebut-sebut banyak orang di dunia. Pertama, Brasil menjadi buah bibir karena penambahan jumlah kasus Covid-19 yang terus-menerus terjadi. Hingga Sabtu (4/7) lalu, Brasil mengonfirmasi jumlah kasus infeksi virus Corona mencapai 1.543.341 kasus dengan 63.254 orang meninggal dunia. Menjadi yang terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Demikian informasi yang dikutip YUKK dari Worldometers.

Kedua, Brasil disebut-sebut karena punya sebuah “keajaiban”. Sebuah fenomena yang membuat orang terperangah dan berdecak kagum. Bagaimana bisa terjadi seperti itu? Karena hal ini benar-benar tidak biasa.

Inilah Pohon Jambu Mede Terbesar di Dunia
Hutan pohon jambu dilihat dari atas (Foto: Instagram/@pizzatopraiahotel)

“Keajaiban” itu ada di Rio Grande do Norte. Tepatnya di Pirangi do Norte, sebuah kota kecil di pesisir pantai. Di situ ada sebuah hutan yang cantik. Letaknya tidak jauh dari pantai.

Hutan itu bukanlah sebuah hutan biasa; hutan yang ditumbuhi bermacam-macam pohon, semak, dan sebagainya. Hutan dengan luas 8.500 m2 itu hanya dibentuk oleh satu buah pohon. Hanya satu buah pohon. Pohon jambu mede.

Inilah Pohon Jambu Mede Terbesar di Dunia
Dahan yang kokoh (Foto: Instagram/@guibezerrafoto)

Pohon jambu mede seperti ini tidak ada di tempat lain di dunia ini selain di Pirangi do Norte. Itulah mengapa orang menyebutnya Maior Cajueiro do Mundo. Pohon Jambu Mede Terbesar di Dunia.

Disebut “terbesar di dunia” karena ukurannya memang luar biasa besar. Pohon ini tumbuh hingga seukuran 70 buah pohon jambu mede biasa. Luas naungan kanopi yang terbentuk dari pohon ini mencapai 8.500 m2. Jika dilihat dari atas, rimbunan daunnya sudah seperti sebuah hutan kecil.

Inilah Pohon Jambu Mede Terbesar di Dunia
Hutan ini menjadi destinasi wisata favorit (Foto: Instagram/@febechtinger)

Pohon jambu mede ini diperkirakan berusia lebih dari 1.000 tahun. Kapan pohon ini ditanam dan siapa yang menanamnya tidak ada yang tahu pasti. Namun, ada sumber yang mengatakan bahwa pohon jambu mede ini ditanam pada tahun 1888 oleh seorang nelayan bernama Luis Inacio de Oliveira.

Inilah Pohon Jambu Mede Terbesar di Dunia
Seorang wisatawan berpose di bawah buah imitasi (Foto: Instagram/@victor_salmo112)

Pohon jambu mede ini tidak seperti pohon jambu mede lainnya. Cabang-cabangnya membentang hingga sejauh 50 m dari batang utamanya. Lama-kelamaan, dahan-dahan itu menutupi area di sekeliling batang utama. Menurut para ilmuwan yang melakukan penelitian terhadap pohon ini, terjadi mutasi genetik yang membuat pohon jambu mede ini menjadi sangat besar.

Pada tahun 1994, pohon ini tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai “Pohon Jambu Mede Terbesar di Dunia”. Sebuah rekor yang dipastikan akan bertahan sangat lama. Pasalnya, pohon ini terus-menerus tumbuh. Tidak ada tanda-tanda bahwa pohon ini bakal berhenti tumbuh.

Inilah Pohon Jambu Mede Terbesar di Dunia
Para wisatawan beristirahat di bawah pohon jambu mede (Foto: Instagram/@guiaricardooliveira)

Sejak terekspos, kota Pirangi do Norte menjadi ramai dari hari ke hari. Saban hari, para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, datang ke kota ini untuk melihat pohon jambu mede ini. Dan pohon ini menjadi salah satu spotpaling instagramabledi negara bagian Rio Grande. Jangan heran bahwa sudah ada lebih dari 18.000 foto di dalam Instagramdengan tagar #maiorcajueirodomundo.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry