Inilah Domba Paling Mahal di Seluruh Dunia: Harganya Rp7 Miliar

News | 2 September 2020
Inilah Domba Paling Mahal di Seluruh Dunia: Harganya Rp7 Miliar
Double Diamond (Foto: MercoPress)

Adakah domba berharga miliaran rupiah? Ada! Dan sejarah itu baru saja tercipta di Glasgow, Skotlandia.

Domba bernama Double Diamond itu baru saja memecahkan rekor dalam sejarah pelelangan domba. Domba berjenis Texel berusia 6 bulan itu laku terjual dengan harga 367.500 poundsterling. Jika dirupiahkan dengan kurs Rp19.400/£, maka harga domba itu mencapai Rp7,1 miliar. Harga yang fantastis.

Domba jenis Texel adalah domba yang berasal dari Pulau Texel, Belanda. Domba ini, seperti dilansir Insider, dijual dengan harga yang mahal karena sangat istimewa. Bulu wolnya halus, berbentuk spiral, dan berwarna putih. Bulu itu menyelimuti tubuhnya kecuali pada bagian perut, kaki, dan kepala. Postur tubuhnya padat, berotot, tanpa lemak, dan memanjang dengan ekor yang pendek.

Inilah Domba Paling Mahal di Seluruh Dunia: Harganya Rp7 Miliar
(Foto: Opera News)

Double Diamond dijual oleh Charlie Boden dengan cara lelang. Lelang dibuka dengan harga sekitar 10.000 poundsterling. Dalam waktu yang singkat, harganya naik dengan cepat. Terjadi “perang” tawar-menawar harga yang sengit. Pada akhirnya, Double Diamond terjual dengan harga 367.500 poundsterling. Domba itu dibeli oleh tiga orang peternak.

Jeff Aiken, salah satu dari tiga peternak itu, mengaku telah mengincar Double Diamond selama beberapa minggu. Menurutnya, domba jenis Texel itu sangat berotot dan sempurna secara genetik.

“Sesekali ada sesuatu yang istimewa datang dan kemarin seekor Texel istimewa muncul. Semua orang menginginkannya,” katanya seperti dikutip dari The Guardian.

Inilah Domba Paling Mahal di Seluruh Dunia: Harganya Rp7 Miliar
Double Diamond sedang dilelang (Foto: Gulf Today)

Ini adalah sebuah rekor baru. Sebelumnya, pada tahun 2009 lalu, seekor domba Texel bernama Deveronvale Perfection terjual seharga 231.000 poundsterling atau setara dengan Rp4,5 miliar.

“Kami tahu itu akan menjadi sesuatu yang sangat istimewa. Dia hewan yang luar biasa, didukung oleh gen terbaik. Ada sekitar 7 atau 8 orang yang benar-benar menginginkannya. Dan itu yang membuat harganya tinggi,” kata Aiken.

Dia sendiri pernah membayar 105.000 poundsterling atau setara dengan Rp2 miliar untuk seekor domba Texel jantan bernama Sportsman Batman. Bukanlah hal yang sia-sia, katanya, jika mengeluarkan uang sebanyak itu untuk seekor domba Texel.

Inilah Domba Paling Mahal di Seluruh Dunia: Harganya Rp7 Miliar
(Foto: Texel Sheep Society via abc.net.au)

“Jangan salah paham. Itu adalah jumlah uang yang tidak sia-sia untuk membayar seekor domba,” tegasnya.

Dia akan berbagi kepemilikan Double Diamond ini dengan dua peternak lainnya. Mereka akan mengumpulkan sperma Double Diamond untuk dijadikan sebagai inseminasi buatan. Hal seperti ini biasa dilakukan para peternak untuk mendapatkan bibit yang berkualitas.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry