Ini Dia Sarapan yang Bergizi, Bikin Kenyang, dan Tak Bikin Gemuk

Ilustrasi (Foto: Freepik)

Jangan memulai harimu dengan perut kosong. Jangan juga hanya dengan segelas air putih atau segelas kopi. Mulailah harimu dengan menu yang menyehatkan.

Sudah sejak dulu, para ahli kesehatan dan ahli gizi menyarankan semua orang untuk melakukan itu: memulai hari dengan makan pagi. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa melewatkan sarapan berarti mengundang munculnya penyakit berbahaya. Salah satunya adalah serangan jantung.

Pada 2013 lalu, para ilmuwan di Harvard School of Public Health (HSPH), seperti dikutip YUKK dari laman resmi HSPH, menemukan bahwa lelaki yang melewatkan sarapan berisiko 27% lebih tinggi mengalami serangan jantung. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam Circulation, sebuah jurnal milik American Heart Association (AHA).

Ini Dia Sarapan yang Bergizi, Bikin Kenyang, dan Tak Bikin Gemuk
Ilustrasi (Foto: Freepik)

“Melewatkan sarapan akan membawa orang pada satu atau lebih faktor risiko, termasuk di dalamnya obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes. Semuanya ini akan berakhir pada serangan jantung,” kata Leah Cahill, ilmuwan dari Departemen Nutrisi HSPH.

Lalu menu sarapan seperti apa yang dianjurkan? Dikutip YUKK dari Medical News Today, menu sarapan yang sehat adalah menu sarapan yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Menu sarapan yang sehat adalah juga menu yang dapat memasok energi yang besar dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Ini Dia Sarapan yang Bergizi, Bikin Kenyang, dan Tak Bikin Gemuk
Smoothies bisa menjadi salah satu menu sarapan (Foto: Instagram/@elgranola_id)

Salah satu jenis menu sarapan yang dianjurkan adalah granola. Makanan ini terdiri atas biji gandum yang sudah digiling menjadi pipih, kacang-kacangan, buah-buahan kering, madu, dan bahan kaya gizi lainnya. Ada orang yang memilih granola dalam kemasan yang mudah dibawa dan disajikan kapan pun mereka mau. Sebagian yang lain mencampurkannya terlebih dahulu dengan yogurt, madu, stroberi, pisang, dan buah-buahan lainnya.

Dilihat dari berbagai bahannya, granola jelas merupakan menu yang menyehatkan. Menurut United States Department of Agriculture (USDA), dalam semangkuk granola terkandung 600 kalori, 28 g lemak, 18 g protein, 65 g karbohidrat, 24,5 g gula, dan 11 g serat. Kandungan nutrisi ini tentu sangat tergantung pada bahan granola itu sendiri.

Ini Dia Sarapan yang Bergizi, Bikin Kenyang, dan Tak Bikin Gemuk
Granola (Foto: Instagram/@elgranola_id)

Kacang-kacangan yang menjadi salah satu bahan granola, misalnya, mengandung banyak nutrisi penting. Salah satunya adalah lemak sehat. Dalam satu porsi granola terkandung 4 g asam lemak tidak jenuh tunggal dan 4 g asam lemak tidak jenuh ganda. Kedua jenis asam lemak ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi peradangan.

Selain lemak sehat, granola juga mengandung banyak vitamin dan mineral penting untuk tubuh. Sebut saja vitamin E, tiamin, asam folat, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium, dan lainnya. Kandungan nutrisi ini tentu saja tergantung pada komposisi bahan granola yang kamu pilih.

Ini Dia Sarapan yang Bergizi, Bikin Kenyang, dan Tak Bikin Gemuk
(Foto: Instagram/@elgranola_id)

Di mana kamu bisa mendapatkan menu yang kaya akan gizi ini? Kamu bisa mendapatkannya di El Granola melalui “YUKK Online”. Kamu hanya perlu membuka aplikasi YUKK, masuk ke dalam fitur “YUKK Online”, mencari toko El Granola, dan memilih menu yang kamu sukai.

Sesuai dengan namanya, El Granola menyediakan aneka kreasi granola sebagai menu utamanya. Hadir dengan 5 varian rasa yang menggoda. Ada Mixed Fruit, Dark Choco, Green Tea, Peanut Cinnamon, dan Hazelnut Banana.

Ini Dia Sarapan yang Bergizi, Bikin Kenyang, dan Tak Bikin Gemuk
(Foto: Instagram/@elgranola_id)

Dari 5 varian rasa itu, Hazelnut Banana adalah salah satu varian favorit para pecinta granola. Perpaduan gandum, pisang, dan kacang hazelnut menciptakan sensasi rasa yang kuat. Aromanya juga lebih kaya.

Demikian juga varian Dark Choco. Varian ini juga menjadi pilihan para pecinta cokelat. Pasalnya, yang digunakan adalah biji cokelat asli.

Ini Dia Sarapan yang Bergizi, Bikin Kenyang, dan Tak Bikin Gemuk
(Foto: Instagram/@elgranola_id)

Harga masing-masing varian ini sangat murah. Untuk ukuran 50 g, harganya hanya Rp11.900. Sementara untuk ukuran 300 g, harganya hanya Rp59.999.

Ini Dia Sarapan yang Bergizi, Bikin Kenyang, dan Tak Bikin Gemuk
(Grafis: YUKK)

Jika kamu menggunakan YUKK Cash, kamu akan mendapatkan cashback 15%. Cashback diberikan dalam bentuk YUKK Point dengan jumlah maksimal mencapai 30.000 poin. Poin-poin itu bisa kamu gunakan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan, angsuran, iuran TV Kabel dan Internet, dan membeli voucher game.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry