Terjawab Sudah! Ternyata Ini Alasan M Banking Ga Bisa Dipakai

Alasan mobile banking tidak bisa dipakai

Mobile banking atau m banking adalah layanan lembaga perbankan yang telah digunakan banyak nasabah. Lewat layanan berbasis online ini, transaksi perbankan menjadi lebih mudah, cepat, dan praktis. Namun adakalanya aplikasi m banking tidak bisa dibuka atau bahkan tidak bisa digunakan bertransaksi. Lantas, kenapa m banking tidak bisa digunakan? 

Faktor penyebabnya sangatlah beragam. Berikut beberapa penyebab m banking tidak bisa dipakai sekaligus solusinya.

Baca juga: M Banking Terblokir? Jangan Panik, Cek Solusinya Disini!

Aplikasi Belum Diperbarui

Mau transfer lewat m banking tapi aplikasi tiba-tiba keluar sendiri? Masalah ini tentunya pernah menimpa beberapa pengguna layanan mobile banking. Kalau Anda juga mengalaminya, usahakan untuk tetap tenang. Penyebabnya sepele, kok, umumnya karena Anda tidak memperbarui aplikasi m banking.

Aplikasi yang belum diperbarui tidak akan bisa digunakan untuk login, apalagi untuk bertransaksi. Dalam beberapa kasus bahkan aplikasi akan keluar sendiri. Solusinya tentu saja adalah memperbarui aplikasi mobile banking. Pembaruan biasanya disediakan setelah pihak bank selesai melakukan pemeliharaan sistem.

Agar m banking bisa digunakan, langsung lakukan pembaruan. Jika aplikasi masih keluar sendiri setelah di-update, bersihkan cache atau data pada aplikasi m banking. Kalau masih belum bisa lagi, uninstall aplikasi dan install kembali.

SIM Card di Smartphone Sudah Tidak Lagi Aktif

Bila nomor SIM card yang Anda pakai untuk aktivasi m banking sudah mati, aplikasi m banking umumnya tidak akan bisa digunakan. Untuk mengecek apakah SIM card masih berfungsi atau tidak, coba pakai untuk mengecek pulsa. Jika tidak bisa, berarti SIM card Anda sudah mati.

Agar akun m banking bisa dipakai lagi, Anda harus memperbarui nomor SIM card. Caranya dengan menghubungi call center atau datang langsung ke kantor cabang bank terkait. Katakan bahwa Anda ingin memperbarui nomor m banking dan ikuti prosesnya hingga selesai.

Jika masa aktif SIM card Anda masih lama tapi aplikasi tetap tidak bisa dibuka, kemungkinan Anda salah meletakkan SIM card. Nomor SIM card yang digunakan untuk mobile banking harus berada di slot SIM 1. Jika berada di slot 2, aplikasi m banking tidak akan bisa Anda buka. Jadi, pastikan nomor SIM card mobile banking berada di slot 1, ya.

Koneksi Internet Bermasalah

Alasan lain kenapa m banking tidak bisa digunakan adalah karena koneksi internet sedang bermasalah. Kalau jaringan sedang buruk, transaksi lewat m banking bisa jadi gagal. Jangankan gagal, aplikasinya pun tidak akan bisa dibuka. Hal ini tak jarang dialami oleh para pengguna layanan mobile banking

Bila Anda mengalami nya juga, satu-satunya solusi adalah pergi ke area yang koneksi internetnya lancar. Kalau masih susah juga, coba gunakan koneksi WiFi kantor atau sekolah. Usahakan jangan memakai WiFi di tempat umum seperti bandara karena bisa membahayakan keamanan akun m banking Anda.

Jika tidak ada jaringan WiFi, coba minta bantuan saudara atau teman untuk melakukan tethering. Sebelumnya, pastikan koneksi internet smartphone yang Anda pakai untuk tethering juga dalam keadaan optimal.

Kuota Internet Tidak Mencukupi

Penyebab lain m banking tidak bisa dipakai adalah karena kuota internet habis. Sepele memang, tapi nyatanya masih banyak pengguna m banking yang tidak menyadarinya. Kalau m banking Anda tidak bisa dibuka, coba cek dulu sisa kuota internet. Kalau habis, berarti di sinilah letak masalahnya.

Solusinya tentu saja adalah mengisi kuota internet. Kalau Anda sedang di lokasi dengan jaringan WiFi, Anda bisa memanfaatkannya. Sama seperti sebelumnya, pastikan WiFi tersebut bukan WiFi di area publik seperti bandara. Kalau kepepet, Anda tetap bisa memakainya dengan mengaktifkan VPN berbayar terlebih dahulu.

Baca juga: Boros Kuota? Ini 7 Tips Menghemat Paket Internet yang Mudah

Cache yang Menumpuk Pada Aplikasi

Cache yang menumpuk juga bisa menyebabkan aplikasi m banking tidak bisa dibuka. Cache sendiri adalah penyimpanan data sementara. Jika dibiarkan, cache akan menumpuk dan menyebabkan kinerja aplikasi menjadi terganggu.

Untuk itu, cache harus dihapus agar aplikasi bisa berjalan lancar. Hal ini juga berlaku pada aplikasi mobile banking. Untuk menghapusnya, pergi ke “Pengaturan” dan pilih “Aplikasi”. Cari aplikasi m banking dan pilih “Bersihkan Cache”. Jika sudah terhapus, aplikasi seharusnya sudah bisa bekerja dengan baik kembali.

Bank Sedang Melakukan Maintenance Aplikasi

Pihak bank melakukan pemeliharaan atau maintenance sistem perbankan secara berkala. Hal ini tentunya akan berdampak pada layanan mobile banking. Jika hal ini terjadi, jelas aplikasi m banking tidak bisa dipakai seperti biasanya.

Untuk bisa dipakai kembali, Anda harus bersabar menunggu hingga maintenance selesai. Biasanya pemeliharaan sistem dilakukan kurang dari 24 jam. Untuk mengetahui apakah pihak bank sedang melakukan maintenance atau tidak, Anda bisa menghubunginya lewat layanan pelanggan di media sosial. 

Baca juga: Gak Cuma Tabungan, Ini Produk Bank yang Harus Kamu Tahu

Itu tadi enam faktor penyebab kenapa m banking tidak bisa digunakan. Jadi, jangan panik dulu ya kalau m banking Anda tiba-tiba tidak bisa dipakai, khususnya bagi Anda yang sering menggunakannya untuk transaksi bisnis. Ngomong-ngomong soal transaksi bisnis, Anda bisa lho mengkoneksikan rekening bisnis dengan YUKK payment gateway. Layanan pembayaran ini bisa membantu memperlancar transaksi bisnis Anda. Bagaimana caranya? Gabung dengan YUKK sekarang juga!

0
like
1
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry