Kudet Apa itu Split Payment? Ini lho Penjelasan Detailnya

Mengenal apa itu split payment

Pandemi Covid-19 mempercepat pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia. Akibatnya banyak orang lebih memilih berbelanja online dibandingkan langsung belanja ke toko. Agar masyarakat mendapat pengalaman berbelanja online dengan nyaman, berbagai inovasi metode pembayaran pun diberlakukan. Salah satu metodenya adalah split payment. Nah, sebenarnya apa itu split payment

Bagaimana awal kemunculan split payment di Indonesia, cara kerja, hingga keuntungannya? Biar ga kudet, yuk simak penjelasannya di sini.

Apa Itu Split Payment?

Sekarang banyak metode pembayaran online tersedia untuk mengakomodir kebutuhan belanja online. Salah satunya adalah metode split payment. Apa itu split payment? Split payment berasal dari dua bahasa Inggris, split yang artinya terpisah dan payment yang artinya pembayaran. 

Namun, split payment dalam dunia jual beli adalah bentuk atau metode pembayaran terpisah yang melibatkan penggunaan lebih dari satu sumber pembayaran untuk membayar suatu produk atau jasa dalam satu transaksi

Metode split payment memudahkan siapa saja untuk bersama-sama membayar atas satu transaksi yang sama. Jadi, misalnya kamu tidak membawa uang tunai yang cukup, kamu bisa membayar menggunakan metode pembayaran lain sisa kekurangan dari harga produk. Pembayarannya bisa dengan menggunakan uang elektronik, transfer ke rekening, atau lewat kartu kredit.

Awal Munculnya Metode Pembayaran Split Payment di Indonesia

Awal munculnya metode pembayaran split payment

Salah satu metode pembayaran online yang mulai marak di Indonesia adalah split payment. Metode pembayaran ini cukup diminati oleh konsumen yang sering berbelanja online. Melihat tren belanja online di marketplace yang tinggi split payment hadir untuk memfasilitasi masyarakat digital savvy di Indonesia bertransaksi dengan mudah. 

Pada dasarnya metode split payment ini sudah lama muncul di Indonesia. Banyak orang cenderung membayar barang lebih dengan menggunakan lebih dari satu rekening atau dompet digital. Namun, metode ini makin marak dan menjadi perhatian karena banyak e-commerce dan toko online memberlakukannya.

Baca juga: Bingung Pilih Platform e-Commerce untuk Jualan? Simak Tips Berikut, Yuk!

Dilansir dari Datta Indonesia.id bahwa hasil survei yang dilakukan Jajak Pendapat, terdapat 52 responden menggunakan layanan pembayaran digital di semester I tahun 2022. Dari 52 responden 94 persen responden menggunakan dompet digital (e-wallet), sementara 54 persen responden menggunakan mobile banking. Sekitar 48 persen responden menggunakan kedua metode.

Hal ini mendorong banyak aplikasi perbankan digital di tahun 2022 menambahkan metode split payment sebagai alternatif pembayaran. Bahkan, beberapa aplikasi menambahkan fitur split payment dengan mengubah transaksi menjadi cicilan. 

Cara Kerja Split Payment

Setiap toko atau merchant online pasti memiliki kebijakan masing-masing dalam menerima metode pembayaran. Nah, beberapa toko menerima split payment dengan cara kredit, tunai, atau transfer dengan tunai sesuai dengan sistem yang terintegrasi.

Penggunaan metode split payment untuk metode pembayaran pada umumnya bisa lebih murah. Namun, masih banyak pembeli yang belum tahu sistem cara kerja split payment. Seperti namanya, split payment menggunakan lebih dari satu jenis pembayaran. Kamu bisa membayar  dengan cara tunai, sebagian lagi dengan kredit atau dicicil dalam waktu tertentu. 

Cara kerja split payment di e-commerce bisa berbeda tergantung e-commerce tempat kamu membeli. Namun, secara umum e-commerce memfasilitasi berbagai metode pembayaran, termasuk split payment. Setelah berhasil check out barang, pilih metode pembayaran. Kamu bisa menggunakan PayLater sekaligus transfer bank sebagai opsi pembayaran tambahan. Kemudian, konfirmasi pesanan dan bayar barang dengan dua cara yang kamu pilih.

Keuntungan Menggunakan Split Payment

Sebagai salah satu metode pembayaran online favorit, split payment menawarkan berbagai keuntungan. Keuntungan tersebut tidak hanya bisa dinikmati oleh penjual, tetapi juga oleh pembeli. Berikut ini adalah beberapa keuntungannya.

Pihak Penjual

Keuntungan menggunakan metode pembayaran split payment untuk penjual

Meningkatkan Penjualan

Salah satu cara untuk meningkatkan jangkauan konsumen adalah dengan menyediakan metode pembayaran online yang beragam. Salah satu metodenya adalah menggunakan split payment

Keuntungan menggunakan split payment adalah memberikan kemudahan konsumen untuk melakukan pembayaran. Hal ini akan berimbas pada jangkauan konsumen yang lebih besar sehingga peluang peningkatan penjualan juga lebih besar. Selain itu, split payment dapat membantu mendorong pembeli untuk mengeluarkan kemampuan bayar agar dapat menyelesaikan transaksi pesanan.

Menambah Jaringan Bisnis

Keuntungan lain yang bisa dinikmati penjual adalah bertambahnya jaringan bisnis. Apalagi jika toko yang dimiliki cukup besar. Tokomu memiliki kesempatan besar untuk dilirik dropshipper, reseller, dan distributor. Para dropshipper, reseller, atau distributor akan memanfaatkan metode pembayaran online ini untuk bertransaksi di tokomu. Dengan begitu kerja sama bisnis yang terjalin antara penjual dan pihak kedua (reseller, dropshipper, dan distributor) akan berjalan dengan lancar.

Meminimalisasir Kesalahan Perhitungan

Sistem split payment membantu kamu dalam proses pengarsipan dari pembayaran sebelumnya. Jumlah nominal yang pembeli harus bayar biasanya akan muncul secara instan sehingga dapat meminimalisir tingkat error dalam penghitungan.

Pihak Pembeli

Keuntungan menggunakan metode pembayaran split payment untuk pembeli

Pembayaran Ditanggung Bersama

Menggunakan metode split payment ketika berbelanja online cukup menguntungkan terutama pembayaran dapat ditanggung bersama. Maksudnya adalah kamu bisa mengajak patungan bersama teman alias pembayaran terpisah. Misalnya, ketika kamu sedang makan di luar bersama teman, kamu bisa membagi pembayaran tersebut.

Kemudahan dalam Mengatur Keuangan

Ketika menginginkan untuk membeli barang, pastinya kamu memiliki alokasi dana khusus di dompet digital (e-wallet) atau rekening. Dengan menggunakan split payment, kamu bisa memilih jenis pembayaran yang menawarkan banyak keuntungan. Keuangan juga terkelola dengan baik.

Baca juga: Gampang dan Efektif, Ini 7+ Tips Mengelola Keuangan Pribadi

Mudah Dicicil

Salah satu keuntungan yang dapat dinikmati pembeli lewat metode split payment adalah kemudahan dalam mencicil. Ketika ada barang yang sangat dibutuhkan dan harganya mahal, gunakan metode split payment. Kamu bisa memilih sebagian pembayaran dengan bayar tunai. Sebagian lagi dengan cara mencicil lewat kartu kredit atau PayLater

Baca juga: Mirip-Mirip Sih, Tapi Paylater dan Pinjol Itu Beda Loh!

Kemudahan dalam Pembelian

Ingin membeli barang impian, tetapi hanya memiliki bujet setengah dari harga barang? Jangan khawatir. Manfaatkan metode split payment. Cukup bayar dengan jumlah uang yang dimiliki. Sisanya pilih kartu kredit atau PayLater untuk mencicil tagihan. Kamu mendapat barang yang diimpikan tanpa mengganggu tabungan. 

Nah, inilah informasi seputar apa itu split payment, awal muncul di Indonesia, sistem cara kerja, hingga keuntungan untuk penjual maupun pembeli. Seperti yang dijelaskan di atas, menyediakan berbagai metode pembayaran menjadikan bisnis online lebih lancar. Kesempatan para pembeli untuk menyelesaikan transaksi di toko lebih besar. Jangan sampai kesempatan untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas hilang akibat terbatasnya metode pembayaran di toko. 

Jika kamu terkendala masalah tersebut dan ingin menyediakan berbagai metode pembayaran untuk toko, jangan khawatir. Sekarang kamu bisa menggunakan fasilitas yang ditawarkan oleh YUKK Payment Gateway untuk menerima berbagai metode pembayaran dari customer. YUKK Payment Gateway merupakan solusi pembayaran online terbaik bagi UMKM Indonesia. Tidak hanya itu, YUKK juga dapat membantu mengirim dana ke berbagai tujuan dengan cepat, mudah, dan aman. Yuk, buat bisnis jadi lancar dengan  gabung di YUKK sekarang

2
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry