Daftar Mata Uang Tertinggi di Dunia, Brunei Jadi Salah Satunya

Daftar mata uang tertinggi di dunia

Nilai mata uang memiliki banyak dampak bagi perekonomian suatu negara. Karena itu, tak sedikit yang berlomba-lomba untuk dapat masuk ke dalam daftar mata uang tertinggi di dunia–terutama bagi negara-negara yang telah cukup maju dan memiliki stabilitas ekonomi baik.

Ada cukup banyak keuntungan bagi negara yang memiliki nilai tukar mata uang tinggi, antara lain:

  • Meningkatkan daya beli masyarakat di pasar global
  • Menarik dan meningkatkan minat investor asing
  • Menahan inflasi lebih baik
  • Menurunkan biaya utang luar negeri
  • Dan lain-lain

Faktor yang Mempengaruhi Nilai Tukar Mata Uang

Naik dan turunnya nilai suatu mata uang tidak didasarkan pada sembarang hal. Ada banyak elemen yang mendorong suatu mata uang dapat memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya maupun lainnya, antara lain seperti berikut.

Spekulasi Pasar

Ekspektasi pasar punya peran sangat tinggi dalam mempengaruhi nilai tukar suatu mata uang dengan menciptakan fluktuasi. Seperti contoh, kabar meningkatnya inflasi di Amerika Serikat mendorong pedagang valuta asing segera menjual mata uang dolar yang dimiliki sehingga nilai tukar dolar Amerika Serikat menurun.

Kebijakan Pemerintah

Setiap kebijakan pemerintah bakal mempengaruhi nilai tukar mata uang negara tersebut. Salah satu contoh kebijakan yang dimaksud adalah seperti upaya pemerintah menghindari isu nilai tukar valuta asing dan perdagangan internasional.

Kondisi Ekonomi Makro

Meski bukan jaminan mutlak, kondisi ekonomi makro seperti tingkat inflasi, angka kemiskinan, tingkat pengangguran, dan pertumbuhan ekonomi juga punya peran krusial dalam menentukan nilai mata uang.

Daftar Mata Uang Tertinggi di Dunia

Macam-macam mata uang dengan nilai tertinggi di dunia

Nilai mata uang akan terus berubah mengikuti kondisi yang menyertai. Oleh sebab itu, bukan tidak mungkin mata uang tertinggi di dunia berikut ini juga akan berubah-ubah nilainya di kemudian hari.

Dinar Kuwait

Kalau menganggap mata uang tertinggi ada di tanah Amerika atau Eropa, kamu salah. Faktanya Kuwait menjadi negara dengan mata uang Dinar Kuwait (KWD) yang paling tinggi sekarang. Nilai 1 KWD setara dengan 3,30 USD.

Kekayaan sumber daya alam jadi pendorong utama perekonomian dan tingginya permintaan terhadap KWD sehingga nilainya pun meningkat, khususnya minyak. Sebagai salah satu produsen minyak terbesar di dunia yang merupakan komoditas krusial, wajar jika Kuwait memiliki pendapatan tinggi di industri minyak hingga mencapai stabilitas ekonomi dan kekuatan KWD.

Dinar Bahrain

Negara dengan nilai tukar mata uang tertinggi di dunia juga masih berada di kawasan. Berada dekat pesisir Teluk Persia di Timur Tengah, Bahrain punya Dinar Bahrain (BHD) yang nilai per 1 BHD-nya setara dengan 2,265 USD.

Seperti kebanyakan negara-negara Arab, Bahrain juga punya sumber daya minyak dan gas alam yang berkontribusi besar dalam perekonomian negara. Kebijakan ekonomi negara pun kuat didukung stabilitas politik yang juga tak mudah goyah.

Rial Oman

Oman juga mempunyai nilai mata uang cukup tinggi dan kuat yang menjanjikan dia pasar global. Stabilitas nilainya pun cukup konsisten sehingga menarik bagi para investor. Nilai tukar 21 Rial Oman (OMR) kini setara dengan 2,60 USD.

Seperti dua negara Arab sebelumnya, Oman juga memperoleh pendapatan cukup tinggi dari sektor gas alam dan minyak. Kekayaan sumber daya alam ini berkontribusi besar pula dalam stabilitas ekonomi negara sekaligus mata uangnya.

Dinar Yordania

Dinar Yordania (JOD) punya nilai yang cukup stabil dan bahkan cenderung terus meningkat. Kini, nilai 1 JOD setara dengan sekitar 1,41 USD. 

Penyebab stabil dan baiknya nilai tukar JOD tidak terlepas dari stabilitas politik negara yang cukup terjaga. Di sisi lain, sektor industri pariwisata dan layanan keuangan yang apik mendorong kekuatan ekonomi negara.

Pound Inggris

Mata uang yang satu ini cukup populer dan juga kerap menjadi acuan keuangan. Pound Inggris (GBP) tidak cuma digunakan di Britania Raya, tetapi juga di Dependensi Mahkota dan beberapa wilayah lainnya. Adapun nilai 1 GBP setara dengan 1,40 USD.

Sudah tentu bahwa nilai GBP sangat berpengaruh terhadap kekuatan ekonomi dan stabilitas politik Inggris. Di sisi lain, salah satu mata uang paling berpengaruh di dunia ini juga punya sejarah panjang sebagai pusat keuangan global.

Euro

Mata uang yang berlaku di sebagian besar daratan Eropa ini menjadi mata uang bersama bagi mereka yang tergabung dalam Uni Eropa. Nilai tukar 1 Euro (EUR) adalah setara 1,12 USD.

Beberapa orang juga menggunakan valuta asing ini sebagai salah satu bentuk investasi melihat kondisi bahwa euro menjadi salah satu mata uang paling banyak diperdagangkan. Adapun dua faktor utama yang berkontribusi besar pada kekuatan nilai euro adalah kekuatan ekonomi Uni Eropa berikut stabilitas politiknya.

Dolar Kepulauan Cayman

Kepulauan Cayman yang mendapat julukan surga pajak tak luput dari daftar mata uang dengan nilai tertinggi di dunia. Nilai 1 dolar Kepulauan Cayman (KYD) setara dengan 1,2 USD.

Ekspor minyak ke pasar global jadi elemen penting yang mendukung tingginya nilai KYD. Selain itu, wilayah di Laut Karibia ini juga jadi destinasi perusahaan internasional untuk menyimpan dana yang dimiliki lantaran tidak adanya aturan pajak.

Dolar Amerika Serikat

Inilah mata uang yang paling sering dijadikan sebagai acuan nilai mata uang. Alasan Dolar Amerika (USD) menjadi acuan ini pun berakar dari Perjanjian Bretton Woods yang menjadikan USD sebagai mata uang cadangan dunia.

Amerika Serikat pun jadi negara dengan kekuatan ekonomi paling besar di dunia. Faktor pendukungnya sangat banyak, mulai dari pasar keuangan yang canggih hingga stabilitas politik.

Dolar Singapura

Sebagai negara maju di Asia dan menjadi destinasi bisnis yang menggiurkan, wajar jika Dolar Singapura (SGD) punya nilai yang cukup baik. Kini konversi 1 SGD setara dengan 0,74 USD.

Singapura berhasil membangun lingkungan bisnis yang kondusif. Tak cuma itu, kebijakan nya pun cukup stabil sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat dan selaras dengan kekuatan mata uang.

Dolar Brunei

Siapa sangka Brunei Darussalam juga ternyata masuk dalam daftar mata uang tertinggi di dunia? Faktanya mata uang Dolar Brunei (BND) bahkan tidak jauh berbeda dengan SGD jika dikonversikan, yakni 1 BND = 0,74 USD.

Sumber daya alam melimpah memerankan kontribusi besar dalam kondisi ini, terutama minyak dan gas alam. Pengelolaannya pun cukup baik sehingga mampu mendorong stabilitas ekonomi negara.

Itulah beberapa mata uang dengan nilai tukar tertinggi di dunia. Meski memiliki nilai tinggi, bukan berarti setiap transaksi di seluruh dunia dapat menggunakan mata uang tersebut, ya.

Bicara soal transaksi, jangan lupa gunakan YUKK untuk kemudahan penerimaan pembayaran dari pelanggan, ya. Layanan payment gateway ini membantumu menerima pembayaran dari berbagai metode bayar online hanya lewat satu pintu sehingga transaksi dan pengelolaan keuangan jadi lebih nyaman dan aman!

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry