Apa, sih, Untungnya Menggunakan e-Wallet?

Apa, sih, Untungnya Menggunakan e-Wallet?
Ilustrasi (Foto: Crello)

Dulu, orang membawa dompet ke mana-mana. Membukanya setiap kali hendak membeli atau membayar sesuatu. Kini, yang dibawa ke mana-mana adalah telepon genggam. Dibuka setiap kali orang hendak membayar atau membeli sesuatu.

Begitulah perkembangan dalam teknologi keuangan. Orang tidak perlu lagi merogoh dompet dan mengambil uang. Orang hanya perlu mengunduh aplikasi tertentu, memencet fitur tertentu, dan transaksi berhasil. Orang hanya perlu memindai sebuah kode dan transaksi selesai.

Teknologi telah membuat dompet beralih dari dompet fisik menjadi dompet digital berwujud aplikasi. Istilah kerennya e-wallet. Fungsinya sama: menyimpan uang dan data.Namun, dompet yang ini lebih aman dan lengkap.

Sebenarnya apa saja kelebihan e-wallet dibandingkan dengan dompet fisik?

Transaksi lebih cepat dan tepat

Apa, sih, Untungnya Menggunakan e-Wallet?
Ilustrasi (Foto: Crello)

Dompet digital membuat transaksi nontunai menjadi lebih cepat dan tepat. Orang bisa melakukan transaksi, baik transaksi dalam jaringan (online), maupun luar jaringan (offline) dengan hanya memindai kode yang ada. Transaksi seperti ini minim risiko karena adanya sistem verifikasi. Jika terjadi kesalahan dalam pemasukan data atau angka, sistem dompet digital akan langsung mengenalinya.

Tidak ada uang palsu

Apa, sih, Untungnya Menggunakan e-Wallet?
Ilustrasi uang palsu (Foto: detikcom)

Ancaman terbesar transaksi konvensional adalah uang palsu. Belum tentu uang yang disodorkan pembeli kepada penjual adalah uang asli. Bisa jadi itu uang palsu. Minimnya alat pendeteksi keaslian uang membuat uang palsu beredar luas.

Sementara itu, e-wallet dan transaksi digital tidak mengenal uang palsu. Uang yang ada di dalam e-wallet dan digunakan untuk bertransaksi adalah uang asli. Proses perjalanan uang yang seluruhnya berada di dalam jaringan alias digital membuat pelanggan dan pedagang (merchant) terhindar dari masalah uang palsu.

Keamanan transaksi sangat terjamin

Apa, sih, Untungnya Menggunakan e-Wallet?
Ilustrasi (Grafis: Istimewa)

Ini adalah keunggulan lain dari e-wallet. Layanan elektronik ini telah dilengkapi standar keamanan yang tinggi seperti:

  • Terverifikasi dan diawasi oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK),
  • Tersertifikasi PCI DSS (The Payment Card Industry Data Security Standard), sehingga keamanan transaksi lebih terjaga,
  • Memiliki data center dan recovery data center, sehingga pengelolaan data lebih terpusat dan aman,
  • Menggunakan multifactor authentication seperti kode OTP, PIN, dan login biometrik untuk mencegah aksi fraud atau penipuan.

Transaksi tercatat dengan baik

Apa, sih, Untungnya Menggunakan e-Wallet?
Ilustrasi (Foto: Crello)

Untuk kamu yang selalu mencatat transaksi keuangan, dompet digital adalah layanan terbaik. Mengapa? Karena semua riwayat transaksimu dicatat secara lengkap. Mulai dari kapan transaksi dilakukan, berapa besar uang yang ditransaksikan, dan alamat atau tujuan pembayaran. Hal ini tidak hanya penting untuk pengelolaan keuanganmu, tetapi sekaligus sebagai bukti pembayaran jika sewaktu-waktu kamu membutuhkannya.

Terintegrasi dengan banyak lembaga

Apa, sih, Untungnya Menggunakan e-Wallet?
Ilustrasi (Foto: Crello)

Dengan dompet digital, kamu bisa membayar tagihan apa saja. Mulai dari tagihan asuransi kesehatan hingga tagihan listrik. Kamu tidak perlu lagi pergi ke kantor PLN atau ATM untuk membayar tagihan listrik. Kamu hanya perlu mengisi saldo dompet digital, memasukkan nomor ID pelanggan, dan melakukan pembayaran. Semudah dan secepat itu.

Banyak promosi menarik

Apa, sih, Untungnya Menggunakan e-Wallet?
Ilustrasi (Foto: Crello)

Banyak dompet digital memberikan hadiah menarik, baik berupa potongan harga di beberapa merchant, maupun cashback yang menggiurkan. Hal inilah yang membuat makin banyak orang menggunakan dompet digital.

Saat ini, ada banyak dompet digital yang bisa diunduh melalui Google Play Store dan App Store. Salah satunya adalah aplikasi YUKK. Aplikasi ini dirilis pada 2018 lalu dan telah bekerja sama dengan ribuan merchant, baik yang ada di kawasan Jabodetabek, maupun di beberapa kota lain di tanah air seperti Surabaya, Bandung, dan Denpasar.

 “Kiamat ATM” Makin Dekat: Uang Fisik dan Kartu ATM Akan Hilang?
Pengguna aplikasi YUKK (Foto: dok. YUKK)

Dengan dan melalui YUKK, para pengguna bisa melakukan banyak transaksi. Bisa berbelanja kebutuhan, baik secara online melalui fitur “YUKK Online” dan “YUKK Makan”, maupun secara offline di berbagai merchant dengan hanya memindai QRIS YUKK. Bisa juga untuk membayar tagihan bulanan seperti tagihan BPJS Kesehatan, air, listrik, gas, internet dan tv kabel, kartu kredit, dan lainnya. Bahkan bisa untuk transfer ke berbagai rekening bank.

Seluruh transaksi yang dilakukan dalam dan melalui aplikasi YUKK dipastikan aman. Selain karena ada multifactor authentication, tetapi juga karena YUKK telah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia sebagai penerbit uang elektronik, penyelenggara QRIS, dan penyelenggara transfer dana. Seluruh riwayat transaksi tercatat dengan baik dan rapi.

Apa, sih, Untungnya Menggunakan e-Wallet?
Cashback dari YUKK (Grafis: YUKK)

Tambahan lagi, YUKK memberikan cashback yang besar dalam bentuk YUKK Point. Cashback itu diberikan untuk setiap transaksi produk digital seperti pembayaran tagihan bulanan dan pembelian pulsa dan paket data. Juga untuk setiap transaksi, baik secara online maupun offline diberbagai merchant yang bekerja sama dengan YUKK.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry