Biar Tak Salah Pikir, Kenali Apa Itu Sekuritas saat Berinvestasi!

Penjelasan mengenai apa itu sekuritas

Dalam dunia investasi, Anda cukup sering mendengar istilah perusahaan sekuritas. Anda perlu menggunakan jasa mereka ketika berinvestasi saham. Namun, apakah Anda benar-benar memahami apa itu sekuritas? 

Dalam pengertiannya secara mendasar, sekuritas adalah objek yang menjadi bukti penyertaan modal atau bukti utang. Selain itu, Anda dapat pula mengenal sekuritas sebagai instrumen finansial yang menjadi perwakilan dari kepemilikan saham pada sebuah perusahaan. 

Kepemilikan sekuritas memberikan keuntungan berupa return bagi setiap pemiliknya. Nominal return tersebut disesuaikan dengan persentase kepemilikan masing-masing. Selain itu, Anda bisa pula mendapatkan untung dari sekuritas lewat transaksi jual beli, baik lewat pasar atau perusahaan sekuritas.

Jenis-Jenis Sekuritas

Setelah memahami apa itu sekuritas, Anda perlu pula mengetahui jenis-jenisnya. Di lapangan, Anda dapat menjumpai 3 jenis sekuritas yang bisa dijadikan sebagai sarana investasi, yakni: 

1. Saham

Istilah saham atau ekuitas merujuk pada kepemilikan modal seorang investor dalam sebuah badan usaha. Perhitungan jumlah kepemilikan saham biasa disebutkan dengan istilah lot atau lembar saham. Keuntungan dari kepemilikan saham bisa berupa dividen serta capital gain

Baca juga: Ini 6 Cara Terpraktis dan Termudah buat Beli Saham Luar Negeri!

2. Obligasi

Selanjutnya, ada pula sekuritas berupa surat utang atau obligasi. Instrumen ini berupa surat berharga yang diterbitkan oleh sebuah entitas dengan tujuan untuk memperoleh pinjaman. Sebagai gantinya, investor akan memperoleh imbalan berupa bunga dalam jumlah tertentu.

3. Reksa Dana

Anda dapat pula mengenal apa itu sekuritas lewat reksa dana. Instrumen investasi ini merupakan wadah untuk penghimpunan dana dari para pemodal yang kemudian dikelola oleh manajer investasi untuk digunakan berinvestasi pada portofolio efek. Kelebihan utama dari reksa dana adalah kebutuhan dana investasi yang kecil, sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. 

Bagaimana Cara Kerja Sekuritas?

Sekuritas bekerja dengan diawali dengan adanya penawaran kepada para investor terlebih dulu. Selanjutnya, investor yang mempunyai ketertarikan terhadap sebuah sekuritas bisa melakukan pengajuan pembelian. 

Pembelian sekuritas dapat Anda lakukan dengan mendapatkannya secara langsung dari pasar sekuritas atau menggunakan layanan perusahaan sekuritas. Di Indonesia, pasar sekuritas bisa Anda temukan di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Sementara itu, perusahaan sekuritas yang melayani transaksi sekuritas bisa Anda temukan dalam berbagai pilihan. Biar tidak salah pilih, Anda perlu cermat dalam menentukan layanan jasa dari perusahaan sekuritas. 

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas yang Aman

Sampai di sini, Anda sudah cukup paham tentang apa itu sekuritas. Selanjutnya, cara praktis dalam berinvestasi efek adalah dengan menggunakan layanan dari perusahaan sekuritas. Namun, Anda perlu cermat dalam menentukan pilihan perusahaan sekuritas biar dana investasi aman dan bisa meraih untung besar. 

Ada 4 tips penting yang wajib Anda terapkan ketika berinvestasi melalui perusahaan sekuritas, yakni: 

1. Terdaftar di OJK, BEI dan MKBD

Parameter pertama adalah dengan memperhatikan legalitas perusahaan sekuritas. Anda perlu memastikan bahwa perusahaan telah terdaftar secara resmi di BEI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda dapat mengetahui data terkait perusahaan lewat website resmi OJK serta BEI. 

Status pendaftaran perusahaan sekuritas di BEI dan OJK sangat penting. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut legal. Jadi, risiko terjadinya penipuan investasi sangat kecil. 

Selain itu, pertimbangkan pula untuk memperhatikan MKBD (Modal Kerja Bersih Disesuaikan) perusahaan. Pilih perusahaan sekuritas yang punya nilai MKBD tinggi. Sebagai catatan, BEI mengungkapkan kalau nilai MKBD minimal adalah Rp25 miliar. 

2. Kemudahan Dalam Bertransaksi

Selanjutnya, Anda juga perlu mempertimbangkan aspek yang berkaitan dengan kemudahan transaksi. Aspek ini meliputi berbagai faktor, seperti: 

  • Biaya transaksi. Pertimbangkan untuk memilih perusahaan sekuritas yang menetapkan biaya transaksi minimal. 
  • Ketersediaan platform trading online. Tujuannya, biar memudahkan Anda untuk melakukan transaksi penjualan maupun pembelian. 
  • Modal awal. Setiap perusahaan sekuritas menetapkan modal awal untuk pembukaan rekening yang berbeda-beda. Nilainya bisa berkisar pada ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah.
  • Fasilitas margin trading. Keberadaan fasilitas ini memungkinkan Anda untuk melakukan pembelian sekuritas dengan limit lebih besar dari kepemilikan modal. Penggunaannya mirip dengan kredit bank, dan terdapat perhitungan bunga di dalamnya. 

3. Tinjau Rating dan Reputasi Sekuritas

Faktor selanjutnya adalah dengan memperhatikan reputasi serta rekam jejak dari sebuah perusahaan sekuritas. Rekam jejak bisa Anda ketahui dengan melihat apakah perusahaan tersebut pernah melakukan pelanggaran atau tidak. Selain itu, seberapa banyak pelanggaran yang telah mereka lakukan.  

Selain itu, ada pula cara mengecek reputasi sekuritas dengan memperhatikan jumlah investor yang menggunakan jasa mereka. Perusahaan sekuritas yang mampu melayani para pelanggannya dengan optimal, bakal mempunyai banyak nasabah yang siap menyetorkan dana investasi untuk mereka kelola. 

4. Konsultasikan dengan Profesional Keuangan

Tips terakhir, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan konsultasi dengan tenaga profesional. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh masukan serta insight berharga terkait pemilihan aset maupun pengalaman mereka dalam berhadapan dengan berbagai perusahaan sekuritas. 

Itulah pembahasan lengkap mengenai apa itu sekuritas. Dengan pemahaman ini, Anda bisa tahu kalau sekuritas tersedia dalam berbagai jenis dan bisa dimanfaatkan untuk meraih keuntungan maksimal dalam berinvestasi. 

Investasi menjadi bagian penting dalam pengelolaan keuangan. Dengan investasi, Anda bisa memperoleh penghasilan ekstra dan menggunakannya untuk berbagai keperluan. Termasuk di antaranya adalah untuk pengembangan usaha. 

Apalagi, saat ini menjalankan usaha harus Anda lakukan dengan cerdas. Tujuannya, biar tidak kalah bersaing dengan kompetitor. Salah satunya adalah dengan memberikan kenyamanan kepada para pelanggan lewat kemudahan pembayaran menggunakan YUKK Payment Gateway

YUKK merupakan layanan payment gateway terbaik yang menawarkan cara pembayaran praktis. Cukup dengan satu layanan, Anda dapat melayani berbagai metode pembayaran dari para konsumen. 

Baca juga: Daftar Aplikasi Yukk, Bikin Belanja dan Transfer Nggak Ribet Lagi

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry