Millennial Santuy Aja! Ini 7 Cara Ini Mencapai Kebebasan Finansial

Penjelasan cara-cara mencapai kebebasan finansial

Banyak orang beranggapan kalau milenial bakal kesulitan dalam menerapkan cara mencapai kebebasan finansial. Apalagi, riset tahun 2019 oleh Dalia Research bersama Luno mengungkapkan, mayoritas generasi milenial Indonesia tidak mempunyai kemampuan pengelolaan keuangan yang baik

Dengan kondisi seperti itu, apakah mungkin milenial dapat mencapai kebebasan secara finansial? Dalam pengertiannya, kebebasan finansial atau financial freedom merupakan kondisi ketika seseorang terbebas dari hutang dan mampu memenuhi segala kebutuhannya lewat passive income dan sekaligus terlindungi secara finansial. 

Jawabannya, sederhana. Siapa saja bisa meraih kebebasan finansial, termasuk gen Z maupun millennial. Hanya saja, Anda perlu menerapkan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Lalu, bagaimana strategi untuk mewujudkannya? Ada 7 cara yang perlu Anda terapkan biar bisa mendapatkan kebebasan finansial, yakni: 

Buatlah Rencana Anggaran dan Catat Pengeluaran

Langkah awal dalam cara mencapai kebebasan finansial adalah dengan menata keuangan terlebih dulu. Anda dapat melakukannya dengan menyusun rencana anggaran bulanan. Alokasikan setiap anggaran untuk masing-masing pengeluaran. Tujuannya, biar kamu mendapatkan gambaran secara jelas kondisi keuangan masing-masing. 

Hal yang tak kalah penting saat menyusun rencana anggaran adalah dengan melakukan pencatatan setiap pengeluaran. Tujuan dari proses pencatatan pengeluaran tersebut adalah untuk memastikan bahwa Anda dapat bersikap disiplin. Selain itu, catatan tersebut dapat pula Anda gunakan sebagai bahan evaluasi untuk rencana anggaran selanjutnya.

Sebagai contoh, Anda dapat mengurangi kebiasaan hidup boros dan mengedepankan pengeluaran yang sifatnya penting. Dengan begitu, Anda bisa membiasakan diri gaya hidup yang hemat.  

Baca juga: Hindari 6 Kebiasaan Ini Biar Uang Kamu Tidak Cepat Habis!

Tabung Uang untuk Dana Darurat dan Masa Depan

Tahapan selanjutnya yang perlu Anda terapkan ketika ingin meraih kebebasan finansial adalah menabung. Sisihkan uang untuk tabungan dana darurat serta kebutuhan tertentu di masa depan. Keduanya harus Anda buat secara terpisah. 

Baca juga: Punya Gaji Kecil? Ini Cara Efektif Mengumpulkan Dana Darurat

Dana darurat memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan ketika Anda dalam situasi darurat. Contohnya, kehilangan lapangan pekerjaan, sakit yang membuat Anda tak bisa kerja, atau butuh biaya perbaikan rumah. 

Sementara itu, dana untuk masa depan bisa sangat bervariasi. Sebagai contoh, Anda ingin mengumpulkan dana tabungan pendidikan anak, dana pensiun, dana pembangunan rumah, dan lain sebagainya. 

Mulailah Berinvestasi

Mulai berinvestasi

Kalau ingin memiliki kemampuan pengelolaan uang yang baik, mulailah berinvestasi. Apalagi, kalau Anda ingin mencapai tujuan kebebasan finansial. Maka, investasi merupakan strategi penting dan wajib yang harus Anda lakukan. 

Jangan menunggu kaya untuk bisa menjadi seorang investor. Apalagi, saat ini ada banyak pilihan instrumen investasi yang bisa Anda lakukan. Oleh karena itu, sisihkan sebagian uang setiap bulannya dan gunakan sebagai dana investasi. 

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan dana tersebut untuk berinvestasi dalam berbagai aset. Hal penting yang harus Anda perhatikan, pilih aset investasi yang sesuai dengan profil risiko serta tujuan keuangan. 

Untuk pilihan investasi dengan risiko rendah, Anda bisa memilih aset berupa reksadana serta emas. Sementara itu, investasi saham bisa menjadi pertimbangan kalau Anda punya toleransi tinggi terhadap berbagai risiko dalam investasi. 

Baca juga: Panduan Dasar Paling Penting untuk Investor Crypto Pemula

Prioritaskan Kebutuhan daripada Keinginan

Anda mungkin berpikir kalau uang yang ada saat ini tidak cukup untuk alokasi tabungan maupun investasi. Namun, apakah kondisi sebenarnya memang seperti itu? Bisa jadi iya, bisa juga tidak. Anda bisa mengetahui jawabannya secara nyata setelah melakukan evaluasi terhadap catatan pengeluaran. 

Catatan pengeluaran membuat Anda jadi tahu seberapa besar pengeluaran Anda setiap bulannya. Selanjutnya, Anda dapat melakukan penghematan dengan menyusun pengeluaran berdasarkan skala prioritas. Kedepankan pengeluaran yang sifatnya kebutuhan dibandingkan keinginan. 

Carilah Penghasilan Tambahan

Mencari penghasilan tambahan

Kalau sudah melakukan upaya penghematan, tetapi kondisi keuangan masih kurang, maka strategi dalam cara mencapai kebebasan finansial yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari penghasilan tambahan. 

Penghasilan tambahan bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber. Sebagai contoh, Anda dapat menjalankan usaha sampingan di rumah. Metode lain, bisa pula membuka peluang usaha dengan memanfaatkan keahlian atau keterampilan yang dimiliki. 

Konsisten dalam Menjalankan Rencana Keuangan

Hal penting dalam upaya mencapai kebebasan finansial adalah konsistensi dalam menjalankan rencana keuangan bulanan. Upaya ini memang butuh kesabaran dan komitmen tinggi. Kalau berhasil menerapkannya, Anda bisa memperoleh banyak manfaat dalam jangka panjang. 

Sebagai contoh, rencana keuangan membantu Anda dalam melakukan pengelolaan finansial secara lebih baik. Anda juga bisa lebih hemat dan tidak serampangan dalam mengeluarkan uang. Selain itu, Anda juga dapat memiliki dana yang bisa digunakan untuk keperluan darurat yang dapat terjadi kapan saja. 

Evaluasi Rencana Keuangan Secara Berkala 

Tips terakhir dalam cara mencapai kebebasan finansial adalah adanya evaluasi rencana keuangan yang perlu Anda lakukan secara rutin. Upaya evaluasi sangat penting karena kondisi keuangan Anda beberapa tahun mendatang, beda dengan kondisi saat ini. Oleh karena itu, perlu ada penyesuaian. 

Selain itu, proses evaluasi rencana keuangan juga membantu kamu dalam memahami kelebihan serta kekurangan dari strategi yang selama ini dijalankan. Dari situ, Anda bisa melakukan perbaikan terhadap hal-hal yang dirasa masih kurang dan perlu ditingkatkan. 

Lewat penerapan 7 strategi tersebut, mencapai kebebasan secara finansial bukanlah angan-angan belaka. Oleh karena itu, mengatur setiap penghasilan dan memaksimalkannya biar bisa lebih cepat mencapai kebebasan finansial. 

Bagi Anda yang saat ini mempunyai usaha sendiri, upaya memaksimalkan penghasilan bisa Anda lakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menawarkan kemudahan cara pembayaran transaksi dengan memakai layanan YUKK Payment Gateway

Penggunaan YUKK Payment Gateway membuat kamu bisa memproses berbagai jenis cara pembayaran pelanggan. Proses pembayaran pun bisa lebih praktis, cepat, dan nyaman. Cocok bagi pebisnis online maupun offline

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry