“Walaupun Badan Pendek, Mimpi Harus Besar”

News | 15 October 2021
“Walaupun Badan Pendek, Mimpi Harus Besar”
Pratik Vitthal Mohite (Foto: YouTube)

Lelaki itu sempat dipandang sebelah mata ketika memasuki pusat kebugaran. Makin dipandang tidak bisa apa-apa ketika dia tidak bisa mengangkat barbel. Namun, lihatlah dia sekarang. Dia masuk dalam Guinness Book of Record.

Lelaki itu bernama Pratik Vitthal Mohite. Lelaki dari Khopoli, Maharashtra, India, itu didiagnosis menderita dwarfism. Dwarfism adalah sebuah kelainan yang menyebabkan tinggi badan penderitanya berada di bawah rata-rata. Pada umumnya, tinggi badan penderitanya adalah 120 cm.

“Walaupun Badan Pendek, Mimpi Harus Besar”
(Foto: The Epoch Times)

Sebelum hasil diagnosis itu diketahui, seperti dikutip YUKK Newz Hook, sebenarnya orang tua Pratik sudah curiga bahwa ada yang tidak beres padanya. Dia tidak tinggi seperti anak seumurannya. Mereka membawanya kepada dokter. Namun, tidak ada hasil. Badannya tidak bertambah tinggi.

Baru ketika duduk di bangku kelas 7, dia didiagnosis mengidap dwarfism. Badannya berhenti bertumbuh. Hanya sampai 102 cm. Orang tuanya benar-benar syok.

“Guru-guru saya sangat ramah. Mereka mendukung saya. Memang ada beberapa siswa yang mengolok saya karena saya pendek. Namun, lebih banyak yang mendukung saya ketika saya menghadapi saat-saat yang sulit,” ungkap lelaki yang kini berusia 24 tahun itu.

“Walaupun Badan Pendek, Mimpi Harus Besar”
(Foto: The Epoch Times)

Olokan teman-teman dan lingkungannya tidak membuat dia menyerah. Dia justru mau menunjukkan kepada mereka bahwa dia istimewa. Dia mulai tertarik untuk menjadi binaragawan. Dia ingin menjadi ahli kebugaran.

“Saya ingin membuat sesuatu yang istimewa. Sasaran orang-orang adalah tubuh saya. Jadi, saya memutuskan untuk membuat tubuh saya bangga. Saya mulai menekuni fitnesssecara profesional sejak tahun 2011,” katanya.

Teman-temannya mendukung keputusannya itu. Namun, keluarganya tidak setuju.

“Banyak orang berusaha untuk mencegah saya dan meminta saya untuk melupakan mimpi saya, termasuk orang tua saya,” kenangnya.

“Walaupun Badan Pendek, Mimpi Harus Besar”
(Foto: The Epoch Times)

Untuk mencapai tujuan, seperti dikutip YUKK dari laman resmi Guinness Book of Record,dia melakukan latihan yang sangat ketat dan menjalani pola hidup sehat. Beginilah jadwalnya:

  • Lari pagi selama 30 menit,
  • Sarapan sehat yang terdiri dari makanan diet khusus,
  • Latihan di gympada sore hari selama dua jam,
  • Lari selama 30 menit pada malam hari,
  • Pada sela-sela waktu istirahatnya, dia bermain kriket bersama teman-temannya.
“Walaupun Badan Pendek, Mimpi Harus Besar”
(Foto: Facebook)

Pada 2016 lalu, dia mengikuti kompetisi resmi pertamanya. Hingga saat ini, dia sudah membawa pulang 44 trofi dari berbagai jenis kompetisi. Dua kali memenangi “Mr Raigad”, meraih medali perak “Maharashtra Shree”, dan yang teranyar adalah masuk dalam Guinness Book of Records sebagai binaragawan kompetitif terpendek di dunia.

“Ini adalah mimpi saya untuk mencapai gelar Guinness Book of Records dan merupakan suatu kehormatan untuk mencapainya. Saya sangat senang dan sampai saat ini akan menjadi pencapaian terbesar dalam karier saya,” ungkapnya.

“Walaupun Badan Pendek, Mimpi Harus Besar”
(Foto: Istimewa)

Tercatat dalam buku rekor dunia tidak membuatnya puas. Dia tetap berusaha utuk meraih gelar “Mr. World” dalam dunia binaraga.

“Meskipun kita pendek, mimpi kita harus besar. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Jika kita bekerja keras dengan dedikasi, kita dapat mengubah yang tidak mungkin menjadi mungkin,” katanya seperti dikutip dari Men’s Health.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry