Seperti Apa Canggihnya iPhone X?

iPhone X
(Foto: gsmarena.com)

Tim Cook, CEO Apple, mengatakan bahwa iPhone X adalah lompatan terbesar yang pernah dibuat Apple. Disebut lompatan terbesar karena produk itu benar-benar berbeda dari produk-produk sebelumnya. “Ini adalah lompatan terbesar sejak iPhone pertama kali diperkenalkan,” katanya Selasa (12/9) lalu di Steve Jobs Theatre, Apple Park Campus, Cupertino, Amerika Serikat, seperti dilansir kompas.com.

Apa yang membuat produk yang disebut-sebut sebagai yang sangat spesial karena menandai satu dekade kiprah Apple dalam industri smartphone ini sebagai lompatan terbesar? Yang paling mencolok adalah desain berbingkai tipis (bezel-less) berukuran 5,8 inci. Layar seperti ini dimungkinkan oleh jenis OLED yang pertama kali dipasang pada iPhone. Bodinya stainless steel berkualitas seperti iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

iPhone X
(Foto: gsmarena.com)

Kecanggihannya yang lain adalah teknologi Super Retina. Teknologi ini diklaim membawa kontras terbaik dan warna yang lebih beragam, kaya, dan akurat. Mengapa? Karena resolusinya tinggi, yakni 2436 x 1125 piksel dan kerapatan 456 ppi. Dalam sejarah iPhone, kerapatan seperti itu adalah kerapatan piksel paling tinggi.

iPhone X
(Foto: macrumors.com)

Produk baru ini memang benar-benar berbeda dengan produk generasi sebelumnya. Jika pada produk-produk sebelumnya ada tombol Home, pada iPhone X tidak ada tombol itu. Cukup dengan menyapu layar ke atas, pengguna sudah bisa memulai navigasi. Pada sisi kanan ada tombol fisik yang bisa digunakan untuk berbicara dengan sistem digital Siri.

Face ID 

iPhone x
(Foto: macrumors.com)

Keunggulan lain dari iPhone X adalah teknologi Face ID. Dengan teknologi ini, pengguna tidak perlu menekan apa pun untuk membuka iPhone X. Cukup dengan menatap layarnya, iPhone X sudah terbuka. Menurut Phill Schiller, Senior VP Marketing Apple, teknologi Face ID yang ditemukan Apple ini akan menjadi game-changing dalam industri telepon pintar. Fitur ini dimungkinkan oleh algoritma ciptaan Apple yang dipadankan dengan kemampuan TrueDepth pada kamera depan. Keamanan pengguna terjamin oleh dan dengan fitur ini.

Fitur ini diklaim dapat membaca atau mengenali wajah pengguna secara lebih tepat. Proses ini berlangsung secara real-time, sehingga sulit ditipu. Fitur ini akan terus mempelajari pola wajah. Dengan demikian, sekalipun gaya rambut diganti atau ketika penggunanya memakai topi atau kacamata, wajahnya tetap bisa dikenali. Bahkan bisa membedakan raut wajah asli dengan foto.

Face ID disebut-sebut sebagai fitur paling aman untuk pengguna iPhone jika dibandingkan dengan Touch ID. Pasalnya, perbedaan sidik jari berbanding 1:50.000. Sementara pola wajah 1:1.000.000, sehingga lebih unik dan langka.

Animoji

Animoji iPhone X
(Foto: macrumors.com)

Keunggulan lain dari iPhone X adalah “Animoji”. Emoji yang ditampilkan akan bergerak. Fitur ini akan memberikan pengalaman baru kepada pengguna dalam mengungkapkan atau memperlihatkan ekspresinya.

Kamera Ganda dengan Dual OIS

Kamera iPhone X
(Foto: macrumors.com)

Pada iPhone 8 Plus, kamera ganda dibuat horizontal. Sementara pada iPhone X, kamera gandanya dibuat vertikal. Sensornya sebesar 12 megapiksel dengan filter warna baru, piksel lebih dalam, dan bukaan masing-masing f/1.8 dan f/2.4. Pada masing-masing lensa sudah dipasang stabilisator (OIS). Kamera bisa di-zoom low-light, sehingga hasil video yang direkam lebih bagus. Pengguna tidak perlu khawatir ketika merekam atau memotret objek dalam keadaan gelap karena ada quad-LED True Tone Flash.

Kamera untuk swafoto ditingkatkan. Pada iPhone 8 Plus, portrait lighting hanya bisa dilakukan pada sisi belakang. Pada iPhone X, mode itu bisa dilakukan untuk berswafoto. Kelebihan lain dari iPhone X adalah speaker stereo, antiair, antidebu, dan pengecasan tanpa kabel dan cepat.

iPhone X antiair dan debu
(Foto: macrumors.com)

Edisi spesial Apple ini menawarkan berbagai kemudahan dan kecanggihan untuk para penggunanya. Tidaklah mengherankan bahwa harganya mahal. Yang paling murah adalah Rp13,1 juta. Sejauh ini, iPhone X baru dirilis di beberapa negara. #YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry