Mengapa Tidak Ada iPhone 9?

iPhone X
(Foto; businessinsider.sg)

Beberapa hari yang lalu, Apple secara resmi merilis 2 generasi iPhone baru: iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Bersamaan dengan kedua generasi baru itu, dirilis juga iPhone X (baca: iPhone Ten). iPhone yang disebut terakhir itu dirilis untuk menandai satu dasawarsa kiprah iPhone dalam industri ponsel pintar.

Yang menarik, seperti dilansir dari kompas.com, adalah Apple tidak merilis produk sesuai dengan urutannya. Setelah iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, Apple mengeluarkan iPhone X yang dibaca sebagai iPhone ke-10 itu. Mengapa tidak ada iPhone 9?

Banyak orang menduga bahwa Apple meniru langkah Microsoft ketika meluncurkan produk yang benar-benar berbeda. Lihat saja bagaimana Microsoft merilis sistem operasi baru bernama Windows 10 setelah Windows 8. Tidak ada sistem operasi bernama Windows 9.

Mengapa tidak ada Windows 9? Kaos yang dikenakan Joe Belfiore, Head of Windows, memberikan gambaran tentang hal itu. Pada hari peluncuran sistem operasi baru itu, Joe mengenakan kaos bergambar kode binari: “Windows 10 because 7 8 9”.  Angka “8” memang dibaca “eight”. Dan kata itu homofon dengan kata “ate” yang merupakan bentuk lampau dari kata kerja “eat” (memakan). Jadi, jika ditanya mengapa Microsoft mengeluarkan Windows 10, jawabannya adalah karena Windows 7 “memakan” Windows 9.

Microsoft menggunakan trik itu untuk membuat penggunanya merasa ketinggalan jika mereka masih menggunakan Windows 7. Padahal di pasar sudah beredar Windows 10. Supaya tidak jauh tertinggal, pengguna “dipaksa” untuk memperbaharui sistem operasi Windows mereka.

Banyak orang menduga bahwa sangat mungkin Apple meniru trik ini untuk membuat para pengguna iPhone tetap melirik produk mereka. Menantang para pengguna iPhone untuk memperbaharui kecanggilan ponsel genggam mereka. Sebuah cara yang tentu saja tidak kurang efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan hadirnya produk baru.

iPhone 8
(Foto: idropnews.com)

Jika Apple ingin mengatakan bahwa sudah ada produk baru yang bernama iPhone X, mengapa tidak ditulis iPhone 10 saja? Mengapa angka “10” diganti dengan simbol X? Mengapa penulisannya tidak seperti generasi sebelumnya?

Inilah pendekatan berbeda yang dilakukan Apple untuk mengikat rasa percaya para pengguna iPhone 8. Apple tidak mau pengguna iPhone 8 merasa malu karena menggunakan produk yang “tertinggal” ketika di pasar sudah beredar produk baru. Oleh karena itulah, produk baru itu disebut iPhone X.

Phone 8 Plus
(Foto: valuewalk.com)

Perlu diketahui bahwa simbol itu, “X”, bukanlah simbol asing dalam lingkungan Apple. Simbol itu selalu digunakan untuk menegaskan keistimewaan sebuah produk. Lihat saja bagaimana Apple menggunakan simbol itu pada produk-produknya seperti Mac OS X yang merupakan penerus Mac OS 9 pada tahun 2000 lalu. Demikian juga OS X El Capitan yang dirilis pada tahun 2015 lalu. Dengan demikian, iPhone X bukanlah iPhone 10, sekalipun tetap dibaca sebagai “iPhone Ten”, melainkan edisi spesial dari iPhone. #YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry