Ibu Hamil, Jangan Lupa Makan Semangka!

Manfaat semangka untuk ibu hamil
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Siapa yang tidak tahu semangka? Buah ini sangat disukai. Selain karena rasanya manis, juga karena buah ini mengandung banyak air. Sangat nikmat jika dimakan pada siang hari yang terik.

Buah ini diketahui mengandung banyak nutrisi. Selain air, semangka juga mengandung vitamin A, B kompleks, dan vitamin C. Kandungannya yang lain yang membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan meredakan sembelit adalah magnesium dan kalium. Kandungan seratnya juga sangat tinggi, sehingga membuat rasa kenyang tahan lebih lama.

Penelitian menunjukkan bahwa buah ini sangat baik untuk para perempuan, khususnya para ibu hamil. Dengan demikian, para ibu hamil sangat disarankan untuk makan buah ini. Berikut beberapa manfaat buah semangka untuk ibu hamil seperti yang dilansir Boldsky.

Mengontrol rasa mual pada pagi hari

Manfaat semangka untuk ibu hamil
Ilustrasi (Foto: YouTube)

Ibu hamil pasti mengalami mual pada pagi hari. Masalah ini bisa diatasi dengan mengonsumsi buah semangka. Bisa langsung dimakan. Bisa juga diolah dalam bentuk jus.

Meredakan mulas dan keasaman

Manfaat semangka untuk ibu hamil
Ilustrasi (Foto: Pinterest)

Penelitian menunjukkan bahwa seporsi semangka dapat menenangkan saluran pencernaan dan perut. Sifat pendinginannya memberikan bantuan instan ketika muncul sensasi terbakar di tenggorokan karena keasaman dan asam lambung.

Menjaga agar tubuh tetap terhidrasi

Manfaat semangka untuk ibu hamil
(Foto: Pexels)

Ibu hamil harus tahu bahwa dehidrasi pada kehamilan dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Salah satu di antaranya adalah timbulnya kontraksi dini yang menyebabkan kelahiran prematur. Masalah dehidrasi ini bisa diatasi dengan makan buah semangka. Buah ini mengandung air lebih dari 90%. Ketika cuaca sedang panas, ibu hamil bisa mengonsumsi semangka dalam jumlah sedang.

Mengurangi pembengkakan

Manfaat semangka untuk ibu hamil
Ilustrasi (Foto: honestdocs.id)

Salah satu masalah umum yang sering muncul selama kehamilan adalah pembengkakan atau edema pada kaki. Pembengkakan terjadi karena ada pembatasan aliran darah. Hal ini dipicu oleh tekanan yang diberikan oleh bayi yang sedang tumbuh di dalam rahim. Makan semangka bisa mencegah edema secara luas karena kandungan semangka dapat secara efektif mengurangi penyumbatan pada otot dan vena.

Mengurangi kram otot

Manfaat semangka untuk ibu hamil
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Seperti sudah disebutkan di atas bahwa semangka kaya akan mineral seperti magnesium dan kalium. Kedua kandungan ini membantu mencegah kram otot yang terjadi selama kehamilan. Selain kram otot, masalah lain yang juga muncul selama kehamilan adalah rasa sakit pada tulang. Masalah ini muncul karena terjadi perubahan hormon dan kenaikan berat badan.

Menghilangkan racun dari tubuh

Manfaat semangka untuk ibu hamil
Ilustrasi (Foto: Acqua Ninja)

Ibu hamil ingin tetap berenergi? Tidak ingin mudah lelah? Makanlah semangka. Kandungan air yang tinggi dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh. Jika bebas dari racun, tubuh akan tetap segar dan berenergi.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry