Daripada Denda, Mendingan Cashback!

Daripada Denda, Mendingan Cashback!
Air bearish (Foto: Freepik)

Air bersih adalah kebutuhan utama. Air bersih digunakan untuk minum, memasak, membersihkan badan, membersihkan pakaian, dan lainnya. Air bersih akan menghindarkan orang dari berbagai penyakit seperti diare, kolera, disentri, tifus, penyakit kulit, keracunan, dan lainnya.

Dalam usaha menyediakan air bersih untuk seluruh masyarakat, pemerintah—melalui pemerintah daerah—membentuk PDAM (perusahaan daerah air minum). Perusahaan ini ada di setiap provinsi, kabupaten, dan kotamadya di seluruh Indonesia. Diawasi dan dimonitor oleh aparat eksekutif dan legislatif daerah.

Supaya distribusi air dan perawatan sarana berjalan lancar, para pelanggan PDAM dibebankan iuran bulanan. Lantaran PDAM merupakan perusahaan milik pemerintah, beban tagihan bulanan untuk warga biasanya tidak terlalu besar. Bagaimana jika iuran bulanan itu tidak dibayar?

Berikut ini ada 5 masalah utama yang akan kamu hadapi jika kamu tidak membayar tagihan bulanan PDAM:

Akumulasi tagihan

Daripada Denda, Mendingan Cashback!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Pada umumnya, PDAM mengeluarkan rincian tagihan untuk masing-masing pelanggan pada akhir atau awal bulan. Biasanya disesuaikan dengan “tanggal gajian”. Dan tanggal jatuh temponya adalah sekitar 20 hari setelah tagihan dikeluarkan. Oleh karena itu, segeralah bayar setelah tagihan dikeluarkan. Jika tidak, tagihan akan diakumulasi pada bulan berikutnya. Dengan demikian, jumlah tagihan bulan depan akan menjadi lebih besar.

Denda

Daripada Denda, Mendingan Cashback!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Selain akumulasi tagihan pada bulan berikutnya, kamu juga dikenakan denda harian jika terlambat membayar iuran bulanan itu. Itu berarti bahwa dana yang akan kamu keluarkan menjadi semakin besar. Dan ini tentu akan mengganggu pengeluaran bulananmu.

Pemutusan sambungan PDAM

Daripada Denda, Mendingan Cashback!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Jika kamu tidak membayar tagihan itu selama 3 bulan berturut-turut, sambungan PDAM-mu akan diputus. Untuk bisa mendapatkan air bersih PDAM lagi, kamu harus melunasi tunggakan 3 bulan itu dan denda yang dibebankan sejak hari pertama kamu terlambat membayar iuran.

Tidak ada sumber air bersih

Daripada Denda, Mendingan Cashback!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Ketika sambungan PDAM-mu terputus, kamu tidak bisa lagi menikmati air bersih. Sudah pasti semua aktivitas harianmu akan tergganggu. Kamu tidak akan punya pasokan air bersih untuk mandi, minum, dan mencuci pakaian. Akibatnya adalah bisa muncul banyak masalah kesehatan.

Merugikan negara

Daripada Denda, Mendingan Cashback!
Perbaikan pipa (Foto: Kompas)

Apa imbas dari keterlambatanmu membayar tagihan PDAM? Banyak orang lain akan dirugikan. Mengapa? Karena tagihan akan digunakan untuk melakukan perawatan rutin pipa-pipa untuk mengalirkan air. Jika kamu terlambat membayar tagihan, proses perawatan pipa dan sarana lainnya akan terganggu. Dan ini akan berpengaruh terhadap kualitas air.

Supaya tidak muncul masalah-masalah seperti itu, segera bayar tagihan itu. Kamu bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja lewat aplikasi YUKK. Pelanggan PDAM di seluruh Indonesia sudah bisa membayar tagihan bulanan lewat YUKK.

Daripada Denda, Mendingan Cashback!
Promo YUKK (Grafis: YUKK)

Selain lebih mudah dan lebih cepat, bayar tagihan air lewat aplikasi YUKK juga membuat kamu lebih hemat. Pasalnya YUKK memberikan cashback besar. Cashback diberikan dalam bentuk YUKK Point dengan jumlah maksimal mencapai 75.000 poin.

Untuk apa poin-poin itu? Poin-poin itu bisa kamu gunakan untuk melakukan banyak transaksi lainnya. Bisa untuk membayar tagihan bulanan, membeli pulsa telepon dan pulsa listrik, dan berbelanja di berbagai merchant yang sudah bekerja sama dengan YUKK.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry