Berada di Tengah Kepungan Asap? Makanan Ini bisa Sehatkan Paru-Parumu

Makanan untuk membersihkan paru-paru
Ilustrasi makanan sehat (Foto: Freepik)

Banyak orang mengalami infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) karena paparan asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera dan Kalimantan. Bahkan ada bayi yang meninggal karena masalah asap ini. Namanya Elsa Pitaloka. Bayi berusia 4 bulan itu meninggal dunia di RS Ar-Rasyid, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (15/9) lalu karena menderita ISPA.

Tidak hanya saluran pernapasan yang terganggu, asap karena karhutla ini bisa mengganggu paru-paru. Gas dan partikel berbahaya yang dihirup dapat merusak organ paru-paru. Akibatnya bisa sangat fatal.

Lalu bagaimana menjaga kesehatan paru-paru ditengah kepungan asap ini? Salah satu cara yang bisa digunakan adalah mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Berikut ini ada 7 makanan yang dapat menjaga kesehatan paru-paru dari bahaya kabut asap:

Apel

Makanan untuk membersihkan paru-paru
(Foto: Freepik)

Apel diketahui mengandung asam fenolik dan flavonoid. Kedua kandungan ini dapat mengurangi peradang di saluran pernapasan. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah apel setiap hari dapat mencegah terjadinya penyakit saluran pernapasan seperti asma dan sesak napas.

Bawang putih

Makanan untuk membersihkan paru-paru
(Foto: Freepik)

Rempah ini diketahui mempunyai sifat anti-inflamasi dan melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas di paru-paru. Dilansir The Healthy, penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention menemukan bahwa orang yang makan bawang putih memiliki kemungkinan lebih kecil terkena kanker paru-paru.

Jeruk

Makanan untuk membersihkan paru-paru
(Foto: Freepik)

Jeruk dan buah-buahan lain yang kaya akan vitamin C seperti pepaya, kiwi, dan beri dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu mempercepat pemulihan. Buah-buahan ini juga mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dapat melawan paparan gas berbahaya dari kabut asap.

Ikan berlemak

Makanan untuk membersihkan paru-paru
(Foto: Freepik)

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak ini sangat bermanfaat untuk paru-paru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asam lemak dari ikan ini dapat mengurangi peradangan dan melawan bakteri di paru-paru.

Bayam

Makanan untuk membersihkan paru-paru
(Foto: Thinkstock)

Bayam dan sayuran berdaun hijau mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang banyak. Bayam mengandung fitokimia yang dapat mencegah kerusakan oksidatif, mengurangi peradangan, dan melawan kanker. Konsumsilah bayam setiap hari untuk meningkatkan imunitas dan melindungi paru-paru dari racun berbahaya seperti kabut asap.

Teh hijau

Makanan untuk membersihkan paru-paru
(Foto: Freepik)

Teh hijau kaya akan antioksidan, sehingga dapat menjadi antihistamin alami. Antihistamin merupakan kelompok obat yang digunakan untuk meredakan reaksi alergi dan gejala penyakit saluran pernapasan.

Kacang

Makanan untuk membersihkan paru-paru
(Foto: Freepik)

Kacang-kacangan kaya akan vitamin E. Salah satu manfaatnya adalah membantu mengurangi peradangan. Kacang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh menghirup oksigen lebih banyak. Dengan suplai oksigen yang banyak, paru-paru dapat bekerja dengan lebih baik.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry