Begini Instruksi Jokowi untuk Persiapan Tatanan “New Normal”

News | 28 May 2020
Instruksi Presiden Jokowi tentang New Normal
Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pemerintah Indonesia sedang mempersiapkan tatanan kenormalan baru (new normal). Rabu (27/5) lalu, Presiden Joko Widodo menggelar rapat untuk membahas pelaksanaan protokol tatanan kenormalan baru itu. Rapat terbatas “Persiapan Pelaksanaan Protokol Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19” itu digelar di Istana Merdeka, Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Dalam rapat terbatas itu, Jokowi meminta seluruh jajarannya mempelajari kondisi di lapangan untuk mempersiapkan tatanan normal yang baru. Ia meminta protokol kesehatan disesuaikan dengan tatanan normal baru.

“Saya minta protokol beradaptasi dengan tatanan normal baru ini. Yang sudah disiapkan oleh Kementerian Kesehatan ini disosialisasikan secara masif kepada masyarakat,” katanya seperti disiarkan melalui kanal YouTubeSekretariat Presiden, Rabu (27/5).

Instruksi Presiden Jokowi tentang New Normal
Warga diwajibkan memakai masker (Foto: Freepik)

Jokowi ingin masyarakat mematuhi protokol kesehatan dalam tatanan normal yang baru ini. Misalnya, jaga jarak dan menggunakan masker dalam kegiatan sehari-hari.

“Sehingga masyarakat tahu apa yang harus dikerjakan, baik mengenai jaga jarak, mengenai pakai masker, mengenai cuci tangan, mengenai dilarang berkerumun dengan jumlah banyak,” katanya.

Dengan sosialisasi yang masif, Jokowi yakin bahwa kurva angka reproduksi/tingkat penularan awal virus Corona atau R0 bisa semakin menurun.

“Kalau ini sosialisasi ini betul-betul kita lakukan secara massif, saya yakin kurva R0 dan Rt betul-betul bisa kita turunkan. Dan ini sudah kita lihat di beberapa provinsi bisa kita kerjakan,” katanya.

Instruksi Presiden Jokowi tentang New Normal
Ilustrasi jaga jarak (Foto: Freepik)

Ada 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota yang tengah bersiap menuju normal yang baru. Wilayah itu, menurut Jokowi, memiliki tingkat penularan virus Corona yang rendah. Jika efektif, tatanan kenormalan baru ini dapat diperluas ke daerah lain.

Empat provinsi yang tengah bersiap menghadapi kenormalan baru itu adalah Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Barat, dan Gorontalo. Sedangkan 25 kabupaten/kota yang tengah menyiapkan diri menghadapi ‘new normal’ adalah:

  1. Kota Pekanbaru
    2. Kota Dumai
    3. Kabupaten Kampar
    4. Kabupaten Pelalawan
    5. Kabupaten Siak
    6. Kabupaten Bengkalis
    7. Kota Palembang
    8. Kota Prabumulih
    9. Kota Tangerang
    10. Kota Tangerang Selatan
    11. Kabupaten Tangerang
    12. Kota Tegal
    13. Kota Surabaya
    14. Kota Malang
    15. Kota Batu
    16. Kabupaten Sidoharjo
    17. Kabupaten Gresik
    18. Kabupaten Malang
    19. Kota Palangkaraya
    20. Kota Tarakan
    21. Kota Banjarmasin
    22. Kota Banjar Baru
    23. Kabupaten Banjar
    24. Kabupaten Barito Kuala
    25. Kabupaten Buol

Penerapan kenormalan baru ini, kata Jokowi, akan dikawal jajaran Polri dan TNI.

“Kemarin sudah kita mulai. Sudah digelar pasukan aparat dari TNI dan Polri yang diterjunkan ke lapangan, ke titik-titik keramaian di 4 provinsi dan 25 kabupaten dan kota dalam rangka persiapan pelaksanaan tatanan normal baru yang akan kita lihat dari angka-angka dan fakta di lapangan yang kaitannya dengan R0 dan Rt,” kata Jokowi.

Instruksi Presiden Jokowi tentang New Normal
Personel TNI berjaga di Stasiun MRT Bundaran HI (Foto: Liputan6.com)

Di daerah-daerah dengan kurva kasus positif Covid-19 masih tinggi, Jokowi meminta kepada jajaran TNI dan Polri untuk menyiapkan pasukan. Salah satunya di Jawa Timur.

“Di Jawa Timur, misalnya, untuk kita tambah bantuan pasukan aparat di sana agar bisa menekan kurvanya agar tidak naik lagi,” katanya.

Jika adaptasi di 4 provinsi dan 25 kabupaten dan kota ini berhasil, Jokowi akan memperluas pelaksanaan kenormalan baru ini ke daerah lain.

“Apabila ini nanti efektif, kita akan gelar, kita perluas lagi, kita lebarkan lagi ke provinsi yang lain, dan kabupaten dan kota yang lain,” katanya.

 

 

#YUKKpakeYUKK#BelanjaOnlinePakeYUKKSaja

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry