Facebook saat ini masih menjadi sarana pemasaran digital yang populer. Hal ini tidak lepas dari tingginya angka penggunaan Facebook, mencapai 3 miliar pengguna aktif setiap bulan. Dengan penerapan tips pemasaran Facebook untuk bisnis UMKM yang tepat, Anda bisa memperoleh omzet sangat besar.
Untuk membantu Anda dalam meningkatkan efektivitas pemasaran produk di platform Facebook, ada 7 tips penting yang perlu menjadi perhatian serius, yakni:
Gunakan Facebook Page yang Teroptimasi
Saat melakukan pemasaran produk via media sosial, termasuk Facebook, biasakan untuk menggunakan akun bisnis, bukan akun personal. Di Facebook, Anda bisa membuatnya dengan membangun Facebook Page atau Halaman Facebook. Keberadaannya bisa menjadi representasi brand Anda di hadapan para pelanggan.
Tak cukup dengan memiliki Facebook Page, Anda juga perlu melakukan optimasi terhadap halaman tersebut. Beberapa optimasi yang harus Anda lakukan di antaranya adalah:
- Ajukan lencana terverifikasi. Halaman yang terverifikasi mempunyai tingkat kepercayaan lebih tinggi di mata pelanggan.
- Desain tampilan secara profesional. Anda dapat menggunakan foto cover dengan ukuran minimal 820×312 piksel. Selain itu, pakai foto profil yang benar-benar merepresentasikan usaha Anda.
- Lengkapi halaman “About” dengan jelas. Tuliskan deskripsi singkat usaha Anda pada bagian ini.
Manfaatkan Grup Facebook
Tips pemasaran Facebook untuk bisnis UMKM yang berikutnya adalah dengan membangun grup. Keberadaan grup bisa menjadi sarana untuk mendukung kinerja Facebook Page. Di waktu yang sama, Anda juga dapat menggunakannya untuk membangun komunitas.
Grup Facebook dapat pula Anda manfaatkan untuk melakukan interaksi secara lebih dekat dengan para pelanggan. Selain itu, Anda bisa menggunakannya untuk mempromosikan brand. Di waktu yang sama, grup memberi keleluasaan bagi para anggotanya untuk berinteraksi secara lebih bebas.
Pertimbangkan untuk Menggunakan Facebook Ads
Facebook Page dan grup masih belum cukup untuk bisa menjangkau audiens yang luas. Sebagai penunjang, Anda perlu mempertimbangkan penggunaan Facebook Ads dalam melakukan pemasaran produk di Facebook.
Potensi jangkauan yang lebih luas dengan Facebook Ads memang sangat menarik. Dengan strategi yang tepat, Anda bisa menjangkau audiens dengan jumlah yang sangat tinggi. Apalagi, Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna Facebook terbesar ketiga dunia, mencapai 119,9 juta pengguna aktif per bulan.
Membuat Konten dengan Format yang Bervariasi
Tips pemasaran Facebook untuk bisnis UMKM yang selanjutnya adalah berkaitan dengan penggunaan konten. Facebook memungkinkan Anda untuk mengunggah berbagai jenis konten. Tidak cuma teks, tetapi juga konten berupa gambar dan video.
Anda dapat mengkombinasikan berbagai jenis konten tersebut dan mengunggahnya secara berkala. Kombinasikan konten teks dengan gambar yang menarik. Selain itu, jangan lupa untuk menerapkan teknik copywriting yang top.
Selanjutnya, Anda perlu memanfaatkan konten dalam bentuk video. Jenis konten video yang bisa Anda gunakan dapat bervariasi. Anda bisa menggunakan video singkat dalam bentuk reels. Selain itu, bisa pula memakai konten video dengan durasi lebih panjang serta Facebook Story.
Tak kalah penting, pastikan Anda membuat konten, baik teks, gambar, maupun video yang menarik. Salah satu tips ampuh yang dapat Anda praktekkan adalah dengan menata setiap postingan sehingga mempunyai desain layout grid yang menarik. Desain grid layout yang bisa Anda gunakan antara lain:
- Menggunakan kombinasi warna
- Layout grid repetitif
- Desain tampilan dengan efek checkerboard
- Layout row by row
- Puzzle
Pahami Cara Penggunaan Facebook Insight
Upaya dalam meningkatkan efektivitas pemasaran bisnis UMKM di Facebook dapat pula Anda lakukan dengan memahami cara pemakaian Facebook Insight. Dengan begitu, Anda pun bisa menjalankan aktivitas pemasaran di Facebook.
Facebook Insight merupakan tool pendukung yang disediakan oleh Facebook sebagai bagian dari fitur analisis halaman Facebook. Ada banyak info penting yang bisa Anda dapatkan dari Facebook Insight, termasuk di antaranya adalah:
- Kinerja konten
- Tingkat pertumbuhan Halaman Facebook
- Aktivitas audiens di Halaman Facebook
- Demografi audiens
- Kinerja iklan
Gunakan Facebook Marketplace
Anda sudah menggunakan Facebook Page dan Grup. Keduanya bisa Anda manfaatkan untuk membangun brand awareness. Selanjutnya, jangan lupa untuk menggunakan fasilitas Facebook Marketplace yang bisa Anda manfaatkan secara gratis.
Lalu, kenapa harus memakai Facebook Marketplace? Alasan utamanya adalah untuk mendorong angka penjualan. Apalagi, pengguna Facebook yang menggunakan Marketplace merupakan pelanggan potensial yang siap bertransaksi.
Manfaatkan Facebook Live
Tips pemasaran Facebook untuk bisnis UMKM yang terakhir dan tak kalah penting adalah dengan memanfaatkan Facebook Live. Facebook Live berbeda dengan konten video biasa. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan siaran secara live dan berinteraksi secara langsung dengan para audiens.
Ada beberapa fitur dan fasilitas Facebook Live yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan efektivitas pemasaran, di antaranya adalah:
- Melakukan polling secara live
- Mempromosikan link di dalam video
- Membuat notice event live streaming untuk meningkatkan jumlah audiens
- Membagikan badges khusus bagi audiens yang aktif berinteraksi
- Kolaborasi siaran langsung
- Live Shopping yang memungkinkan Anda jualan secara langsung di Facebook Live
Nah, sekarang Anda jadi lebih tahu strategi dan tips pemasaran Facebook untuk bisnis UMKM, kan? Dengan menerapkan tips-tips tersebut, Anda bisa naik kelas dan mengembangkan usaha jadi lebih besar.
Tak kalah penting, pastikan Anda menyediakan tool pendukung untuk memudahkan konsumen dalam menyelesaikan pembayaran. Salah satu tool tersebut adalah YUKK Payment Gateway.
YUKK Payment Gateway jadi solusi sistem pembayaran digital yang praktis. Hanya dengan satu tool, Anda bisa menghadirkan beberapa cara pembayaran sekaligus kepada para pelanggan.