Ini 8 Rahasia Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM, Mau Tau?

Panduan strategi pemasaran digital yang bisa diterapkan para pebisnis kecil

Strategi pemasaran digital saat ini menjadi kunci penting bagi setiap pelaku bisnis dalam meraih kesuksesan. Namun, kesuksesan tersebut bisa Anda dapatkan kalau paham serta mengerti rahasia strategi pemasaran digital untuk bisnis kecil. Tanpa pemahaman yang tepat, Anda bakal kalah bersaing dengan brand-brand ternama. 

Alasan Bisnis Kecil Harus Mengadopsi Pemasaran Digital

Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa pelaku bisnis kecil harus menggunakan metode pemasaran digital? Apakah strategi pemasaran konvensional belum cukup? Jawabannya sederhana. Karena pemasaran digital menawarkan berbagai kelebihan kalau dibandingkan dengan cara pemasaran konvensional, di antaranya: 

  • Biaya operasional yang relatif terjangkau
  • Jangkauan pasar yang sangat luas
  • Bisa mendapatkan efek yang signifikan dalam waktu singkat
  • Memberikan dampak positif dalam jangka panjang
  • Relatif mudah dan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun

Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis Kecil

Macam-macam strategi pemasaran digital untuk bisnis kecil

Untuk membantu Anda dalam mengadopsi strategi pemasaran digital untuk bisnis kecil secara efektif, terdapat 8 tahapan penting yang bisa diikuti: 

Pahami Target Audiens Secara Mendalam

Dalam setiap penyusunan strategi pemasaran, baik digital maupun konvensional, Anda perlu memiliki pemahaman terkait target audiens secara mendalam. Target audiens merupakan kelompok orang dengan karakteristik tertentu yang dapat menjadi pelanggan potensial pelaku bisnis. Setiap pelaku bisnis bakal mempunyai target audiens tersendiri. 

Anda dapat melakukan identifikasi target audiens dengan mengumpulkan berbagai data terkait, seperti: 

  • Status perekonomian
  • Rentang usia
  • Latar belakang pendidikan
  • Hobi
  • Jenis kelamin
  • Tempat tinggal
  • Dan lain sebagainya

Menentukan Tujuan Pemasaran yang Jelas dan Terukur

Selanjutnya, Anda perlu menetapkan tujuan aktivitas pemasaran digital secara jelas dan terukur. Sebagai contoh, Anda dapat mengadopsi pendekatan SMART yang menggunakan 5 elemen utama, yakni 

  • Specific. Tujuan yang Anda tetapkan harus jelas
  • Measurable. Anda bisa melakukan penilaian terhadap tujuan dengan parameter yang jelas dan terukur
  • Achievable. Tujuan juga harus memiliki sifat bisa dicapai, bukan sesuatu yang mustahil
  • Relevant. Penentuan tujuan harus memiliki relevansi dengan visi serta misi perusahaan
  • Time-bound goals. Terakhir, tujuan yang Anda tetapkan harus disertai dengan batasan waktu tertentu. 

Penggunaan Website yang Responsif dan Ramah Pengguna

Strategi pemasaran digital untuk bisnis kecil yang selanjutnya adalah lewat adanya pemanfaatan website. Jangan membuat website dengan desain ala kadarnya. Namun, pastikan bahwa website tersebut responsif dan mempunyai desain yang ramah pengguna. 

Optimasi Mesin Pencarian (SEO)

Dalam menjalankan strategi pemasaran digital, Anda perlu memahami teknik optimasi mesin pencari atau biasa disebut SEO. Teknik ini berguna untuk mendatangkan para pengunjung website dari mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex, dan semacamnya. 

Tidak perlu menjadi seorang praktisi SEO yang ahli. Sebagai langkah awal, Anda cukup hanya perlu memahami dasar-dasarnya saja. Selanjutnya, Anda bisa meningkatkan pengetahuan tersebut dengan perlahan dengan disertai praktik secara langsung. 

Buat Akun Google Business Profile

Hal yang tak kalah penting, Anda perlu memanfaatkan akun Google Business Profile atau Google My Business. Fasilitas ini bisa Anda dapatkan secara gratis dan penggunaannya mempunyai kaitan erat dengan SEO. 

Secara khusus, Google Business Profile memberikan manfaat bagi para pelaku usaha offline untuk memasarkan bisnis secara online. Keberadaannya bisa membantu masyarakat lokal untuk menemukan bisnis Anda dengan lebih mudah lewat mesin pencari.

Baca juga: Trik Buat Bisnismu Muncul di Google Maps, Sukses Tambah Cuan!

Penggunaan Layanan Iklan Google (SEM)

SEO merupakan teknik digital marketing yang memberikan efek dalam jangka panjang. Untuk melengkapinya, Anda dapat memanfaatkan layanan iklan Google atau search engine marketing (SEM). Dengan layanan ini, Anda punya kesempatan untuk mendatangkan pelanggan dalam waktu singkat. 

Sistem kerja SEM adalah dengan melakukan pemasangan iklan pada mesin pencari. Dengan layanan ini, bisnis Anda memiliki kemungkinan tinggi untuk muncul di halaman pencarian ketika pelanggan melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu di search engine

Baca juga: Biar Tak Boncos, Ini Tips Menggunakan Google Ads untuk Pemasaran UMKM

Memanfaatkan Media Sosial

Selanjutnya, Anda juga perlu menggunakan pemasaran digital via media sosial. Tak harus memakai seluruh platform yang ada. Anda cukup menyesuaikannya dengan kebutuhan serta target audiens bisnis. 

Tak cukup dengan mengunggah konten secara rutin. Anda dapat mempertimbangkan untuk menerapkan strategi pemasaran ekstra di media sosial. Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan jasa influencer lokal atau menggunakan layanan iklan di media sosial. 

Melakukan Analisis dan Evaluasi

Tips terakhir dalam penyusunan strategi pemasaran digital untuk bisnis kecil adalah adanya analisis serta evaluasi. Proses analisis dapat Anda lakukan dengan mudah dengan memanfaatkan data digital yang bisa dikumpulkan dari berbagai sumber. 

Sebagai contoh, Anda bisa memperoleh data kunjungan website dari Google Search Console serta Google Analytics. Sementara itu, aktivitas audiens di media sosial bisa Anda lihat di tool yang tersedia pada masing-masing platform. 

Kesalahan Dalam Penerapan Strategi Pemasaran Digital

Dalam penerapan strategi pemasaran digital, Anda perlu menghindari beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh para pelaku usaha kecil, di antaranya: 

  • Tidak konsisten dalam mengunggah konten baru, baik di website maupun media sosial
  • Tidak adanya konsistensi merek dalam aktivitas pemasaran di berbagai platform
  • Kurangnya interaksi dengan target audiens. Padahal, Anda bisa menggunakan interaksi tersebut untuk memperoleh feedback pelanggan

Itulah berbagai tips serta panduan yang bisa Anda terapkan dalam pelaksanaan strategi pemasaran digital untuk bisnis kecil. Lewat penerapan yang tepat, Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk bisa meraih kesuksesan. 

Sebagai pelengkap, Anda selanjutnya perlu memberikan kenyamanan pelanggan saat bertransaksi. Salah satunya adalah ketika mereka melakukan pembayaran. Anda bisa menggunakan layanan dari YUKK Payment Gateway sebagai solusi cara pembayaran online yang nyaman dan praktis. 

Dengan YUKK Payment Gateway, Anda bisa menyediakan cara bayar yang mudah kepada pelanggan. Cukup dengan satu layanan saja, Anda sudah dapat menghadirkan berbagai opsi cara pembayaran online. Praktis!

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry