Ingin Punya Komunitas Bisnis Loyal & Aktif? Jiplak Strategi Ini, Yuk!

Cara membangun komunitas bisnis yang loyal dan aktif

Sebagai seorang pelaku usaha dan entrepreneur, Anda tidak bisa meraih kesuksesan bisnis sendirian. Perlu ada dukungan dari berbagai pihak untuk mencapainya. Di sinilah peran komunitas bisnis sangat penting. Oleh karenanya, Anda perlu paham cara dan tips membangun komunitas bisnis yang loyal dan aktif.

Pemahaman tentang cara membangun komunitas bisnis yang loyal dan aktif bagi seorang pelaku usaha sangatlah penting. Anda tentu ingin mengikuti jejak pengusaha sukses dunia seperti Pat Flynn dengan komunitas Smart Passive Income maupun Rand Fishkin dari Moz. Kesuksesan mereka tidak lepas dari peran komunitas bisnis yang telah dibangun. 

Manfaat Komunitas yang Loyal dan Aktif untuk Bisnis

Keberadaan sebuah komunitas bisnis bisa memberikan manfaat nyata bagi para pelaku usaha. Manfaat tersebut di antaranya adalah: 

Sarana Membangun Networking

Anda berkesempatan untuk mengenal lebih banyak orang yang sama-sama berstatus sebagai pelaku usaha. Bahkan, ada pula kesempatan untuk mendapatkan insight bisnis dari pengalaman para pebisnis yang sukses. 

Baca juga: Ingin Cari Mitra Bisnis yang Tepat & Potensial? Ini Caranya!

Kesempatan Kolaborasi

Keberadaan komunitas bisnis juga memberikan manfaat dalam mendukung kolaborasi. Anda berkesempatan untuk memperoleh jalinan kerjasama bisnis dengan para anggota komunitas. Selain itu, ada pula peluang untuk berbagi sumber daya dan keahlian. 

Mendatangkan Peluang Bisnis Baru

Anda bisa pula mendapatkan manfaat komunitas bisnis yang bisa mendatangkan kesempatan bisnis baru. Kesempatan itu bisa berupa pangsa pasar baru, klien baru, maupun peluang untuk melakukan ekspansi. 

Baca juga: 20+ Ide Usaha yang Terbukti Laku dan Tidak Pernah Sepi Pelanggan

Kesempatan Belajar

Komunitas bisnis bisa menjadi sumber pembelajaran bagi Anda. Di situ, Anda bisa memperoleh pengetahuan baru dan mengikuti tren industri terkini. Bahkan, Anda juga dapat memperoleh perspektif baru dalam bisnis. 

Bagian dari Support System

Manfaat yang tak kalah penting adalah sebagai bagian dari support system. Apalagi, menjadi seorang pelaku usaha tidaklah mudah. Ada banyak tantangan dan hambatan yang perlu Anda hadapi. Keberadaan komunitas bisa membantu Anda sebagai sumber inspirasi dan motivasi bagi Anda untuk tetap menjalankan usaha. 

Tips Membangun Komunitas Bisnis yang Loyal & Aktif Mulai dari Nol

Sekarang, Anda sudah bisa paham kenapa seorang pelaku usaha perlu membangun komunitas bisnis, kan? Lalu, bagaimana cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mewujudkannya? 

Ada beberapa tips membangun komunitas bisnis yang loyal dan aktif yang dapat Anda praktikkan, yakni: 

Tetapkan Tujuan Pembentukan Komunitas

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan ketika ingin membangun sebuah komunitas bisnis adalah dengan menetapkan tujuannya terlebih dulu. Keberadaan tujuan tersebut bisa menjadi bagian dari identitas sebuah komunitas. 

Pahami Karakteristik Anggota Komunitas yang Ideal

Selanjutnya, Anda perlu memahami karakteristik ideal dari anggota komunitas yang dibangun. Anda perlu tahu apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Selanjutnya, Anda juga perlu memikirkan bagaimana keberadaan komunitas mampu membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut.

Pilih Platform Komunikasi Komunitas Bisnis

Tahapan berikutnya adalah menentukan platform untuk komunitas bisnis. Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis platform yang tersedia secara online, baik gratis maupun berbayar. Beberapa contohnya antara lain adalah dengan membangun forum website, memanfaatkan grup di media sosial, dan lain sebagainya. 

Terkait pemilihan platform komunitas bisnis, ada beberapa fasilitas yang perlu menjadi perhatian, di antaranya adalah: 

  • Forum komunitas yang interaktif. Dengan begitu, para anggota bisa melakukan interaksi satu sama lain dengan aktif. 
  • Komunikasi. Pertimbangkan pemilihan platform yang dilengkapi dengan fitur chat maupun pengiriman pesan. 
  • Analytics. Keberadaan fitur ini sangat penting. Tujuannya adalah untuk memperoleh data terkait komunitas bisnis yang selanjutnya bisa digunakan sebagai landasan dalam melakukan analisis dan evaluasi. 
  • Halaman profil anggota. Keberadaan halaman profil sangat penting untuk meningkatkan rasa kepercayaan antara anggota. Anda tak ingin forum komunitas hanya berisi bot saja, kan?
  • Notifikasi. Fitur ini berguna sebagai sarana pemberitahuan ketika ada pengumuman, konten, maupun hal-hal penting berkaitan dengan komunitas. 

Berikan Value Lebih Pada Komunitas

Tips membangun komunitas bisnis yang loyal dan aktif selanjutnya adalah menonjolkan adanya nilai lebih. Keberadaan nilai lebih tersebut bisa menjadi alasan kenapa seseorang harus bergabung dengan komunitas bisnis Anda. Apalagi, ada banyak komunitas serupa yang bisa mereka pilih. 

Berkaitan dengan value, Anda dapat mengedepankan tawaran yang berkaitan dengan perubahan. Misalnya, alih-alih memberikan value meningkatkan omzet bisnis, Anda bisa mengedepankan value pada upaya menciptakan perubahan nyata dalam strategi pemasaran

Dorong Anggota Komunitas untuk Saling Berinteraksi

Alasan seseorang gabung dengan sebuah komunitas umumnya adalah ketika mereka pernah terlibat dalam sebuah acara yang sama. Misalnya, mereka pernah sama-sama ikut dalam sebuah acara pelatihan atau seminar. 

Namun, tak cukup hanya sebatas mengenal. Anda perlu pula mendorong setiap anggota untuk bisa berinteraksi dan menjalin hubungan yang erat satu sama lain. Oleh karena itu, Anda bisa menciptakan ruang agar mereka bisa saling berinteraksi. 

Perlihatkan Eksistensi dan Ekspertise Anda

Dalam tips membangun komunitas bisnis yang loyal dan aktif, Anda perlu memperlihatkan eksistensi serta ekspertise yang dimiliki. Anda bisa melakukannya dengan secara rutin membagikan info-info penting dan menarik berkaitan dengan keahlian yang dimiliki. 

Misalnya, Anda punya keahlian dalam bidang sales. Maka, Anda dapat mulai aktif di forum komunitas dengan memberikan berbagai info terkait dunia sales. Info tersebut bisa beragam. Contohnya adalah tips meningkatkan omzet, studi kasus berdasarkan pengalaman, dan lain sebagainya. 

Ajak Anggota Komunitas untuk Aktif

Komunitas bisnis bukan hanya berguna untuk memberikan spotlight untuk Anda sendiri. Namun, berikan pula kesempatan yang sama kepada anggota lain. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih platform dengan basis user generated content (UGC).

Platform seperti ini memberi keleluasaan bagi setiap anggota untuk aktif dan berbagi pengalaman maupun informasi. Biar menarik, Anda bisa memberikan perks bagi anggota yang aktif di forum, yang bisa berupa badge khusus ataupun hadiah. 

Lakukan Kolaborasi

Biar komunitas semakin aktif, Anda dapat melakukan kolaborasi dengan anggota lain. Kolaborasi tersebut bisa sangat beragam. Anda bisa mengajak anggota untuk membuat konten secara bersama, kerjasama proyek, maupun saling mempromosikan bisnis. Hal ini dapat secara efektif memperkuat ikatan antara setiap anggota.

Konsisten

Tips membangun komunitas bisnis yang loyal dan aktif terakhir adalah konsisten. Konsistensi menjadi kunci penting agar komunitas yang Anda bangun mempunyai banyak anggota dan sangat aktif. 

Sesekali, Anda bisa melakukan acara bersama dengan seluruh anggota komunitas. Di situ, Anda bisa memberikan sarana kepada masing-masing anggota untuk dapat membangun jaringan, mendatangkan praktisi ahli dalam industri tertentu, dan lain-lain.

Nah, itulah tips dan strategi dalam upaya membangun komunitas bisnis yang bisa Anda tiru. Selanjutnya, Anda pun bisa merasakan manfaat nyata keberadaan komunitas tersebut pada bisnis yang dijalankan. 

Sebagai pelengkap, jangan lupa untuk mempersenjatai bisnis dengan tool pendukung yang tepat. Salah satu contohnya adalah YUKK Payment Gateway. Tool ini memberi kemudahan bagi pelaku usaha untuk melayani pembayaran dari para pelanggan secara praktis dan mudah. 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry