PT Yukk Kreasi Indonesia Kembali Meraih Penghargaan dalam PRIMA Awards 2025

YUKK YUKK PG
Dok: YUKK Payment Gateway

PT Yukk Kreasi Indonesia kembali meraih penghargaan dalam ajang PRIMA Awards 2025. Dalam ajang tahunan yang diselenggarakan oleh PT Rintis Sejahtera (Jaringan PRIMA) bekerja sama dengan Biro Riset Infobank itu, PT Yukk Kreasi Indonesia mendapat penghargaan sebagai “Best Acquiring Digital Payment Channels”. PRIMA Awards 2025 digelar di The Mulia Resort, Nusa Dua, Bali, Kamis (23/10) lalu.

“Penghargaan ini adalah buah dari kerja keras dan komitmen kami dalam menghadirkan pembayaran digital yang benar-benar bisa digunakan pelaku usaha dalam berbagai skala. Kami terus berupaya menjaga kualitas layanan, mengikuti standar yang ditetapkan Bank Indonesia, dan memastikan integrasi kami tetap relevan dengan kebutuhan ekosistem pembayaran nasional,” kata Stevanus Rahardja, CEO dan Co-founder PT Yukk Kreasi Indonesia.

PRIMA Awards 2025  ini digelar sebagai bentuk apresiasi kepada para mitra Jaringan PRIMA yang berprestasi pada periode Juli 2024–Juni 2025. Ada 28 perusahaan penyedia jasa pembayaran (PJP), baik bank maupun nonbank, yang mendapatkan penghargaan.  Penilaian penghargaan ini didasarkan pada hasil rating “The Best Digital Transaction 2025” yang dilakukan oleh RINTIS bersama Biro Riset Infobank. Penilaian ini mencakup tiga kategori utama: Feature ATM & Digital Channel, Debit/QRIS/Payment, serta Best System Availability & Best Claim Rate. Selain PT Yukk Kreasi Indonesia, beberapa bank besar juga mendapatkan penghargaan, seperti BCA, BRI, BNI, CIMB Niaga, dan Mandiri. 

“Pemenang PRIMA Awards 2025 ditentukan berdasarkan volume transaksi dan performance operasional di Jaringan PRIMA dengan data perhitungan transaksi periode waktu Juli 2024–Juni 2025,” kata Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Media Group. 

Bagi PT Yukk Kreasi Indonesia, penghargaan ini adalah buah dari komitmen untuk mendorong adopsi pembayaran nontunai di kalangan para pelaku usaha dan masyarakat. Komitmen ini sudah dibangun sejak 2018 lalu dan YUKK Payment Gateway adalah perwujudan dari komitmen itu. Sejak 2021 lalu, YUKK Payment Gateway sudah terlibat secara aktif dalam berbagai festival dan bazar, baik kuliner maupun musik dan mode, yang diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia. Jumlah merchant yang menjadi partner pun terus bertambah. Hingga saat ini, sudah ribuan merchant yang menggunakan layanan YUKK Payment Gateway. 

“Dari sisi operasional, prioritas kami selalu sama, yaitu layanan harus stabil dan tim harus sigap membantu merchant, termasuk yang bertransaksi di lapangan seperti UMKM dan penyelenggara acara. Pengakuan dari PRIMA ini menjadi dorongan bagi kami untuk mempertahankan respons yang cepat, meningkatkan pemantauan transaksi, dan mendorong adopsi pembayaran digital di lebih banyak sektor,” kata Amrullah Mukhlis, COO PT Yukk Kreasi Indonesia. 

Saat ini, layanan pembayaran digital di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang pesat. Proses digitalisasi sudah mulai berjalan hingga ke berbagai lapisan ekonomi, mulai dari wilayah perkotaan hingga pedesaan, mulai dari usaha besar hingga usaha mikro. Bank Indonesia mencatat bahwa pada semester I 2025, jumlah pengguna QRIS telah mencapai lebih dari 57 juta orang dan sekitar 39,3 juta merchant, di mana 93,16% di antaranya merupakan pelaku UMKM. Total transaksi mencapai 6,05 miliar dengan nilai transaksi menyentuh angka 579 triliun rupiah.

Angka ini membuktikan pesatnya perkembangan ekosistem pembayaran digital di Indonesia. Keberhasilan ini tercapai berkat kolaborasi berbagai pihak dalam memperluas akses layanan pembayaran digital di seluruh negeri. Sebagai bagian dari kolaborasi tersebut, PT Yukk Kreasi Indonesia berkomitmen untuk terus berinovasi menghadirkan solusi pembayaran digital yang mendukung pertumbuhan UMKM dan memperkuat ekonomi nasional.
Penghargaan ini sebenarnya bukanlah yang pertama. Pada tahun 2024 lalu, PT Yukk Kreasi Indonesia meraih penghargaan dalam ajang PRIMA Awards 2024  sebagai “Best QRIS Acquirer”.  Pencapaian ini menunjukan komitmen PT Yukk Kreasi Indonesia dalam mendukung ekosistem transaksi digital yang lebih aman, cepat, dan mudah di Indonesia.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry