Waspada Virus Corona! Makanan Ini Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Waspada virus corona! Makanan untuk menguatkan daya tahan tubuh
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Pemerintah China menduga bahwa virus corona berasal dari hewan liar yang dijual di Pasar Makanan Laut Huanan, Wuhan. Para ilmuwan China mengklaim bahwa virus ini disebarkan oleh kelelawar karena virus ini hanya ditemukan pada kelelawar buah. Dari hasil analisis terbaru, para ilmuwan China menunjukkan bahwa virus ini ditularkan dari kelelawar ke ular. Kemudian virus ini menyebar ke manusia.

“Host (inang) alami corona virus Wuhan bisa jadi kelelawar, tetapi antara kelelawar dan manusia mungkin ada perantara yang tidak diketahui,” kata para peneliti.

Hingga saat ini, jumlah korban yang meninggal dunia karena serangan virus corona terus bertambah. Dilansir Channel News Asia, Selasa (28/1), Komisi Kesehatan Provinsi Hubei mengatakan bahwa ada 24 orang pasien meninggal dunia karena virus corona. Dengan demikian, jumlah korban yang meninggal dunia bertambah menjadi 106 orang.

Bagaimana menjaga tubuh agar tidak terserang virus ini? Bangunlah gaya hidup sehat, agar daya tahan tubuh kuat. Jika daya tahan tubuh kuat, tubuh bisa menghadapi serangan virus ini. Berikut ini, seperti dilansir Today, 5 makanan yang bisa membuat daya tahan tubuh meningkat:

Tomat

Waspada virus corona! Makanan untuk menguatkan daya tahan tubuh
(Foto: Freepik)

Sayuran yang segar asam dan banyak mengandung air. Di dalam tomat terdapat kandungan berupa vitamin C dalam jumlah yang tinggi. Bayangkan saja, dalam sebuah tomat berukuran kecil saja terdapat vitamin C sebanyak 16 mg. Jumlah itu merupakan takaran yang pas untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Hasil sebuah penelitian di Jerman yang diterbitkan oleh Medizinische Monatsschruft fur Pharmazeuten menunjukkan bahwa vitamin C adalah bagian penting dari kekuatan fagosit dan sel-sel tubuh. Dua komponen ini merupakan komponen utama dalam sistem kekebalan tubuh.

Cokelat hitam

Waspada virus corona! Makanan untuk menguatkan daya tahan tubuh
(Foto: Freepik)

Cokelat hitam juga mengandung komponen yang dapat meningkatkan data tahan tubuh. Komponen itu adalah konsentresi therobromine; sejenis antioksidan yang telah terbukti dapat meredakan batuk. Sebuah penelitian yang hasilnya telah diterbitkan dalam Frontiers in Pharmacology juga menunjukkan hal yang sama. Para peneliti menemukan bahwa antioksidan therobromine sangat membantu menekan gejala flu dan batuk karena virus. Dari hasil penelitian itu, para peneliti menganjurkan orang untuk makan cokelat hitam agar tubuh tidak mudah terserang virus berbahaya.

Brokoli

Waspada virus corona! Makanan untuk menguatkan daya tahan tubuh
(Foto: Freepik)

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of California menunjukkan bahwa brokoli bisa mencegah gejala yang disebabkan virus. Pasalnya, di dalam brokoli terdapat sulforaphane. Kandungan yang juga terdapat dalam sayuran hijau lainnya itu dapat mengaktifkan gen antioksidan dan enzim untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan itu ikut memerangi radikal bebas di dalam tubuh.

Bawang putih

Waspada virus corona! Makanan untuk menguatkan daya tahan tubuh
(Foto: Freepik)

Bumbu dapur ini bisa melindungi tubuhmu dari serangan virus berbahaya. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Cochrane Database of Systematic Review menunjukkan bahwa sekelompok peserta dalam penelitian yang memakan bawang putih selama periode tiga bulan terhindari dari penyakit buruk akibat virus. Mengapa demikian? Karena di dalam bawang putih terdapat allicin yang memiliki sifat meningkatkan jumlah sel darah putih. Allicin juga penting untuk memerangi patogen.

Yogurt

Waspada virus corona! Makanan untuk menguatkan daya tahan tubuh
(Foto: Freepik)

Yogurt juga bisa menjaga daya tahan tubuh karena mengandung banyak probiotik yang berperan sebagai penangkal penyakit. Hal ini sudah dibuktikan dengan sebuah penelitian yang hasilnya diterbitkan dalam jurnal Korean Journal of Family Medicine. Para peneliti menemukan bahwa probiotik membantu mencegah dan mengobati flu akibat virus. Orang yang mengonsumsi probiotik setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena flu yang disebabkan oleh virus berbahaya. Sebaliknya, orang yang jarang mengonsumsi yogurt akan mudah terjangkit virus.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry