Waspada, 5 Kelompok Ini Berisiko Tinggi Kena Corona!

Waspada, 5 Kelompok Ini Berisiko Tinggi Kena Corona!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Jumlah orang yang terinfeksi virus Corona terus bertambah. Dikutip YUKK dari Worldometer,hingga Senin (3/8) ini,sudah 18.254.639 penduduk dunia terinfeksi virus Corona. Sebanyak 693.154 orang di antaranya meninggal dunia. Yang sembuh berjumlah 11.457.259 orang.

Di Indonesia, kasus positif bertambah signifikan dalam beberapa pekan belakangan ini. Dalam sehari, pemerintah mengonfirmasi penambahan kasus positif mencapai lebih dari 1.000 kasus. Hari ini, Senin (3/8), ada penambahan 1.679 kasus positif. Dengan demikian, jumlah total kasus Covid-19 di Indonesia bertambah menjadi 113.134 kasus.

Waspada, 5 Kelompok Ini Berisiko Tinggi Kena Corona!
Kelompok lanjut usia berisiko tinggi mengalami kematian jika terpapar virus Corona (Foto: Freepik)

Menurut Dewi Nur Aisyah, anggota Tim Pakar Satuan Tugas Covid-19, ada sejumlah kelompok yang berisiko tinggi meninggal dunia jika terpapar virus Corona. Kelompok yang rentan itu adalah yang memiliki daya tahan tubuh rendah, yang memiliki kondisi penyerta seperti gangguan ginjal atau gangguan jantung, yang mengalami obesitas, ibu hamil, dan yang berusia di atas 60 tahun.

“Jadi, kalau kita melihat, ada beberapa kelompok rentan. Kalau dari segi usia, mereka yang terinfeksi Covid berusia di atas 60 tahun memiliki fatalitas tertinggi. Ini artinya (Covid-19) bisa menyerang siapa pun, termasuk ayah ibu kita, kakek-nenek kita, yang mungkin punya kondisi penyerta atau usianya memang sudah lanjut,” katanya seperti disiarkan melalui saluran YouTube BNPB.

Waspada, 5 Kelompok Ini Berisiko Tinggi Kena Corona!
Ibu hamil juga masuk dalam kelompok yang sangat rentan mengalami risiko fatal jika terpapar virus Corona (Foto: Freepik)

Jika dilihat dari usia, sebanyak 1.969 pasien positif Covid-19 yang berusia di atas 60 tahun meninggal dunia. Tertinggi di Indonesia atau sekitar 16% dari total kematian. Sementara itu, kelompok usia yang paling banyak menyebarkan Covid-19 adalah yang berada pada rentang usia 20—30 tahun.

“Lagi-lagi usia produktif ini yang memang bisa menularkan walaupun mereka jika tertular tidak bergejala. Kalau menularkan ke yang lebih tua, bisa berakibat fatal,” katanya.

 

 

 

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry