Pakai TikTok untuk Pemasaran Bisnis? Pahami 11 Tips Ini Dulu, Ya!

Tips pemasaran tiktok untuk bisnis UMKM

Video berdurasi singkat saat ini menjadi konten yang banyak disukai oleh para pengguna internet. Oleh karena itu, platform video sharing seperti TikTok begitu populer dan banyak dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran bisnis. Biar berjalan optimal, Anda perlu menerapkan tips pemasaran TikTok untuk bisnis UMKM secara efektif. 

Ada 11 tips penting yang perlu Anda terapkan agar strategi pemasaran di TikTok dapat berjalan dengan baik, yakni:

1. Gunakan Akun Bisnis

Hal pertama yang wajib Anda lakukan dalam tips pemasaran TikTok untuk bisnis UMKM adalah menggunakan akun yang tepat. Alih-alih memakai akun personal, Anda perlu memanfaatkan akun bisnis. Dengan menggunakan akun bisnis, Anda bisa memperoleh beberapa manfaat, seperti: 

  • Akses TikTok Analytics dan Insight
  • Penambahan link di bio
  • Akses pilihan lagu dan sound effect yang lebih banyak

2. Buat Konten yang Bagus dan Berkualitas

Kunci utama dalam penggunaan TikTok untuk aktivitas pemasaran adalah konten. Oleh karenanya, Anda perlu memperhatikan pembuatan konten dengan cermat. Jangan membuat konten yang ala kadarnya. Namun, pastikan bahwa konten yang diunggah ke akun TikTok mempunyai kualitas dan bermanfaat bagi para audiens. 

3. Maksimalkan Pemakaian Hashtag

Setelah membuat konten yang bagus dan bermanfaat, ada tips pemasaran TikTok untuk bisnis UMKM yang wajib Anda lakukan. Caranya adalah dengan menggunakan hashtag atau tagar dengan maksimal. 

Penggunaan tagar atau hashtag berguna untuk membantu memudahkan para pengguna TikTok menemukan konten Anda. Oleh karenanya, jangan sembarangan dalam menggunakan hashtag. Lakukan riset secara mendalam sehingga penggunaannya sesuai dengan target audiens untuk bisnis Anda. 

Ada beberapa hashtag yang secara khusus banyak digunakan di TikTok pada tahun 2023, yaitu: 

  • #fyp 
  • #foryou
  • #foryoupage
  • #viral
  • #tiktok
  • #trending

4. Manfaatkan Iklan

Tips pemasaran TikTok untuk bisnis UMKM berikutnya adalah penggunaan iklan. Tujuannya, biar Anda dapat menjangkau audiens TikTok yang jauh lebih besar. Apalagi, hampir 20,83 persen pengguna internet di seluruh dunia saat ini aktif menggunakan TikTok

Tak hanya memperoleh ekspose brand lebih besar, Anda juga bisa mendapatkan efektivitas pemasaran lebih baik. Apalagi, hampir 40% pengguna TikTok mengaku tak terganggu dengan keberadaan iklan. Oleh karena itu, tidak heran kalau return on investment (ROI) TikTok ads cukup efektif. 

5. Gunakan Jasa Influencer

Cara selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk menunjang aktivitas pemasaran bisnis UMKM di TikTok adalah menggunakan jasa influencer. Pemanfaatan jasa influencer memberikan banyak manfaat untuk bisnis Anda, antara lain: 

6. Ketahui Performa Pemasaran dengan TikTok Analytics

Ketika melakukan aktivitas pemasaran dalam platform apapun, Anda perlu mengetahui tingkat keberhasilannya. Di TikTok, Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan TikTok Analytics yang tersedia untuk para pengguna akun bisnis. 

Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dengan menggunakan TikTok Analytics, termasuk di antaranya adalah: 

  • Menyusun strategi konten yang berdasarkan data. Anda bisa mengetahui jenis konten yang menarik dan mendapatkan banyak interaksi. 
  • Menjalin hubungan dengan target audiens. TikTok Analytics memberikan insight yang selanjutnya bisa Anda manfaatkan untuk bisa melakukan interaksi lebih intes dengan target audiens yang tepat. 
  • Bukti ROI. Anda bisa mengetahui seberapa besar ROI didapatkan dari berbagai strategi pemasaran yang diselenggarakan di TikTok

7. Ikuti Tren yang Ada

Selanjutnya, Anda perlu menerapkan tips pemasaran TikTok untuk bisnis UMKM dengan mendompleng tren yang ada. Anda bisa mengetahui topik yang tengah menjadi tren di TikTok dengan 2 cara, yaitu: 

  • Menggunakan halaman Explore
  • Memanfaatkan fitur trend discovery di TikTok’s Creative Center

8. Jangan Lupa Pakai Filter di TikTok

Tips pemasaran TikTok untuk bisnis UMKM berikutnya adalah memaksimalkan penggunaan filter. Filter memberikan berbagai jenis efek yang bisa membuat konten video Anda jadi lebih menarik. Anda pun bisa bereksperimen untuk bisa menemukan filter yang cocok. 

9. Gunakan Fasilitas TikTok Live

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan fitur TikTok Live. Fitur ini membantu Anda untuk dapat melaksanakan siaran langsung dan menyapa para audiens dengan lebih dekat. Apalagi, Anda bisa berinteraksi secara langsung dengan mereka. 

10. Utamakan Konten Video dengan Durasi yang Singkat

Anda mempunyai keleluasaan dalam membuat berbagai jenis konten video di TikTok. Bahkan, TikTok memperbolehkan para penggunanya untuk mengunggah video dengan durasi mencapai 60 detik. Namun, kalau Anda ingin memperoleh efek yang optimal, pertimbangkan untuk memakai konten video dengan durasi singkat. 

Menurut data terbaru, TikTok lebih menyarankan penggunaan konten dengan durasi antara 21 sampai 34 detik. Dengan durasi yang tak terlalu lama, audiens tidak akan terlalu jenuh dan tetap bisa menikmati sajian konten yang Anda miliki.

11. Posting Konten Secara Rutin

Terakhir, Anda perlu mengunggah konten secara rutin. Kalau perlu, Anda dapat menyusun jadwal khusus untuk menampilkan video terbaru. Dengan begitu, audiens bisa secara terus-menerus menikmati konten yang Anda unggah. 

Itulah 11 tips pemasaran TikTok untuk bisnis UMKM yang penting untuk Anda terapkan. Dengan penerapan ini, Anda dapat mendapatkan jangkauan audiens yang lebih besar, terutama pada kalangan anak muda. 

Sebagai pelengkap, pertimbangkan pula untuk menggunakan layanan pembayaran yang praktis dan modern. Anda bisa mendapatkannya dengan memanfaatkan layanan YUKK Payment Gateway

YUKK Payment Gateway merupakan platform payment gateway terbaik yang secara khusus ditujukan untuk UMKM di Indonesia. Anda pun bisa memanfaatkan layanan ini untuk bisa memajukan bisnis dan menjangkau pasar lebih luas. 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry