Tips Pemasaran SEO untuk UMKM, Bisa Kuasai Search Engine Google!

Tips pemasaran seo untuk bisnis UMKM

Pemasaran digital merupakan peluang besar bagi pelaku UMKM untuk bisa bersaing dengan pebisnis besar. Salah satunya adalah dengan menggunakan strategi Search Engine Optimization (SEO). Dengan tips pemasaran SEO untuk bisnis UMKM secara tepat, Anda bisa menjangkau pangsa pasar yang sangat luas. 

Pemanfaatan SEO untuk sarana pemasaran bisnis UMKM di Indonesia sangatlah krusial. Apalagi, Anda perlu tahu kalau 41% pengguna internet di Indonesia memilih search engine ketika ingin mencari brand, produk, maupun jasa. Dengan penerapan strategi SEO yang tepat, Anda pun bisa search engine Google. 

Sebagai upaya dalam menguasai search engine Google, ada 11 tips pemasaran SEO untuk bisnis UMKM yang perlu Anda terapkan, yakni:

1. Gunakan Google Search Console

Kalau ingin menggunakan strategi SEO, maka langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan Google Search Console. Tool yang satu ini merupakan fasilitas yang dapat membantu Anda dalam memonitor performa SEO website. 

Anda bisa tahu seberapa besar traffic yang didapatkan dari search engine Google. Selain itu, Google Search Console juga bisa membantu Anda dalam melakukan troubleshooting serta upaya agar website memperoleh traffic secara konstan dari Google.  

2. Lakukan Riset Kata Kunci dengan Benar

Melakukan riset kata kunci seo

Tips pemasaran SEO untuk bisnis UMKM yang berikutnya adalah dengan menerapkan riset kata kunci dengan benar. Anda punya keleluasaan dalam menggunakan tool untuk riset tersebut, mulai dari Google Keyword Planner, Ubersuggest, Ahrefs, Keywordtool.io, dan lain sebagainya. 

Saat melakukan riset kata kunci, jangan hanya memilih keyword dengan tingkat pencarian tinggi dan kompetisi yang rendah. Namun, perhatikan pula kesesuaian topik dengan niche bisnis serta search intent. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh traffic yang benar-benar bisa mendorong terjadinya transaksi. 

3. Buat Konten yang Berkualitas dan Informatif

Konten adalah modal penting untuk menarik audiens sehingga mau berkunjung ke website Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda membangun konten yang berkualitas serta memberikan informasi bermanfaat bagi para audiens. 

Bagaimana cara membuat sebuah konten yang berkualitas dan informatif? Lakukan riset secara mendalam. Selain itu, pastikan bahwa konten tersebut benar-benar orisinal. Google lebih menyukai konten yang dibuat dengan berdasarkan pengalaman. 

4. Promosikan Konten

Tips pemasaran SEO untuk bisnis UMKM berikutnya adalah perlunya aktivitas promosi konten. Anda dapat mempromosikan konten dengan berbagai cara, termasuk di antaranya forum diskusi, media sosial, grup, maupun channel Telegram maupun WhatsApp. 

5. Kuasai SEO On-Page

SEO On-Page

Anda sudah memahami pentingnya konten berkualitas untuk keperluan SEO. Sebagai pelengkap, Anda juga perlu menguasai SEO on page yang merupakan upaya untuk melakukan optimasi pada konten yang dibuat. 

SEO on page merupakan aspek optimasi yang berkaitan dengan cara penulisan konten di website. Untuk memudahkan penerapan SEO on page, Anda bisa menggunakan berbagai tool SEO yang bisa digunakan dengan gratis, seperti Yoast maupun Rankmath. 

6. Pahami Aspek Teknis Terkait SEO

Selain SEO on page, Anda perlu pula memahami aspek teknis website. Apalagi, hal-hal teknis pada sebuah website merupakan bagian dari technical SEO. Beberapa hal yang berkaitan dengan technical SEO di antaranya adalah: 

  • Tingkat kecepatan website
  • Struktur website
  • Desain website yang mobile friendly
  • Tingkat keamanan website
  • User experience
  • Core web vitals
  • Dan lain sebagainya

Technical SEO memiliki peran penting dalam mendongkrak ranking website di mata Google. Apalagi, aspek ini berkaitan dengan kemudahan Googlebot dalam menjelajahi atau melakukan crawling di website Anda. 

7. Manfaatkan Local SEO

Local SEO

Selanjutnya, Anda perlu pula memahami local SEO. Local SEO merupakan upaya optimasi yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pencarian lokal. Strategi local SEO sangat penting ketika Anda ingin meningkatkan kunjungan dari daerah tertentu. 

Misalnya, Anda mempunyai toko di Surabaya. Selain melayani pembelian secara online, Anda juga berupaya untuk mengajak pembeli untuk melakukan transaksi secara langsung di toko. Anda bisa melakukan hal ini dengan memanfaatkan local SEO.

8. Cari Peluang Guest Post

Guest post juga menjadi bagian penting dalam strategi SEO. Ada banyak website yang bisa Anda manfaatkan untuk menjadi seorang penulis tamu, baik yang gratis maupun berbayar. Dari situ, Anda bisa mendapatkan backlink yang merupakan sarana promosi website di mata Google.

9. Perbarui Konten Lama Biar Update

Strategi dan tips pemasaran SEO untuk bisnis UMKM yang selanjutnya adalah melakukan pembaruan pada konten lama. Tujuannya, biar konten-konten tersebut masih relevan dengan situasi terkini. Dengan begitu, konten tersebut memiliki peluang lebih besar untuk bisa memperoleh rank tinggi di mata Google. 

10. Optimasi Konten untuk Kesempatan Masuk Discovery

Anda perlu pula melakukan optimasi konten biar dapat muncul di Discovery Google. Untuk bisa masuk Discovery, Anda tak cukup hanya dengan melakukan optimasi SEO on page. Ada pula beberapa pertimbangan lain yang harus diperhatikan, termasuk di antaranya adalah: 

  • Penggunaan judul yang menarik
  • Pemakaian gambar dengan resolusi tinggi, minimum dengan lebar 1200 piksel
  • Teroptimasi untuk perangkat mobile

11. Update Konten Secara Berkala

Tips terakhir yang tak boleh Anda lewatkan dalam strategi SEO adalah melakukan update konten secara rutin. Tak harus setiap hari. Anda bisa pula mengatur jadwal penerbitan konten baru secara mingguan. 

Nah, itulah 11 tips pemasaran SEO untuk bisnis UMKM yang penting untuk Anda terapkan. Dengan strategi dan cara penerapan yang tepat, bisnis Anda bisa mendapatkan peringkat tinggi di halaman pencarian Google. 

Selanjutnya, Anda juga harus mempunyai kesiapan tinggi dalam melayani para pelanggan yang berdatangan. Salah satu bentuk kesiapan tersebut adalah dari segi kemudahan cara pembayaran. Kabar baiknya, YUKK Payment Gatewway menjadi solusi tepat untuk memudahkan cara pembayaran para pelanggan. Dengan YUKK, Anda dapat menghadirkan berbagai metode cara pembayaran yang praktis dan modern kepada para pelanggan.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry