Mau Pakai Jasa Influencer untuk UMKM? Pahami Tips Ini Dulu, Ya!

Tips menggunakan influencer untuk pemasaran umkm

Strategi pemasaran online saat ini menjadi kunci dalam meningkatkan omzet bisnis. Ada banyak metode yang bisa Anda manfaatkan, termasuk di antaranya adalah menggunakan jasa endorse influencer. Hanya saja, untuk memperoleh manfaatnya secara optimal, ada beberapa tips menggunakan influencer untuk pemasaran bisnis UMKM yang perlu Anda ketahui.

Penggunaan jasa endorse dari para influencer di kalangan para pelaku bisnis, termasuk UMKM, saat ini memang tengah meningkat. Apalagi, survei Rakuten Insight pada Mei 2023 menunjukkan, 68% responden mengaku kalau mereka terpengaruh oleh influencer saat melakukan pembelian produk. Bahkan, survei yang sama juga mengungkapkan kalau mayoritas orang Indonesia menjadi pengikut setidaknya satu influencer.

Dengan tingkat pengaruh yang begitu besar tersebut, tak heran kalau para pelaku usaha ramai-ramai menggunakan jasa influencer. Apalagi, influencer marketing memerlukan biaya yang relatif cukup terjangkau dan bisa Anda sesuaikan dengan tingkat kebutuhan. Termasuk bagi para pelaku bisnis UMKM. 

Manfaat Jasa Influencer untuk Pemasaran Bisnis UMKM

Penggunaan jasa endorsement untuk pelaku bisnis memberikan banyak manfaat, termasuk di antaranya adalah: 

Mendorong Peningkatan Brand Awareness

Manfaat utama yang bisa Anda peroleh dari influencer marketing adalah peningkatan brand awareness. Brand awareness yang meningkat mendorong semakin banyaknya orang yang mengenal brand serta produk Anda. 

Baca juga: Biar Langgeng, Ini Tips Rahasia Bangun Merek Bisnis yang Kuat

Meningkatkan Omzet

Lewat penerapan tips menggunakan influencer untuk pemasaran bisnis UMKM secara tepat, Anda bisa memperoleh manfaat berupa peningkatan omzet yang signifikan. Apalagi, berbagai studi memperlihatkan kalau influencer memiliki pengaruh secara nyata pada keputusan konsumen dalam melakukan transaksi. 

Menjangkau Audiens Secara Lebih Luas

UMKM dapat pula memperoleh manfaat dari strategi pemasaran menggunakan influencer berupa jangkauan audiens yang lebih luas. Secara khusus, influencer marketing menjadi kunci utama dalam mengakses niche market yang memiliki karakteristik khusus. 

Meningkatkan Eksistensi Bisnis di Media Sosial

Alasan selanjutnya yang membuat Anda perlu menggunakan jasa endorsement dari influencer adalah manfaatnya dalam meningkatkan eksistensi bisnis di media sosial. Tak hanya lebih dikenal, Anda juga bisa mendapatkan manfaat berupa peningkatan engagement rate dengan para audiens. 

Baca juga: Biar Ga Tekor, Ini 5 Tips Efektif Promosi Bisnis di Medsos

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Manfaat yang tak kalah penting dari penggunaan jasa influencer adalah meningkatkan kredibilitas bisnis dan tingkat kepercayaan para pelanggan. Kredibilitas dan rasa kepercayaan tersebut berdampak secara langsung pada keputusan pelanggan saat melakukan transaksi. 

Pelanggan mempunyai kecenderungan untuk belanja di tempat atau brand yang sudah dikenal dan bisa dipercaya. Tingkat kepercayaan tersebut pun bakal meningkat kalau produk dari brand tersebut digunakan oleh sosok influencer yang mereka percayai. 

Biaya Jasa Influencer di Indonesia

Berkaitan dengan penggunaan jasa influencer, Anda perlu memperhatikan aspek biaya. Seberapa besar biaya yang perlu Anda bayar untuk menggunakan jasa influencer di Indonesia? 

Biaya jasa influencer di Indonesia cukup variatif, berkisar antara ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Terdapat beberapa faktor yang kerap menjadi pertimbangan berkaitan dengan biaya tersebut, di antaranya adalah: 

  • Jumlah follower. Terdapat beberapa kategori influencer berdasarkan jumlah followernya, mulai dari nano influencer, micro influencer, macro influencer, hingga mega influencer. Semakin banyak jumlah follower, maka biaya jasanya akan semakin meningkat.
  • Engagement rate. Influencer dengan engagement rate tinggi umumnya mematok tarif lebih mahal. Apalagi, algoritma media sosial mengedepankan engagement rate yang kemudian berdampak pada jangkauan konten. 
  • Jenis konten. Konten statis berupa gambar memiliki tarif yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan konten video seperti di TikTok ataupun Reels Instagram
  • Durasi campaign. Hal ini berkaitan dengan intensitas postingan yang diunggah oleh influencer. 

Tips Menggunakan Jasa Influencer untuk Pemasaran Bisnis UMKM

Sekarang, Anda jadi tahu betapa besarnya manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan jasa influencer untuk bisnis, kan? Hanya saja, ada beberapa hal penting yang perlu menjadi perhatian serius biar bisa memperoleh manfaat influencer untuk bisnis secara optimal, yakni: 

Miliki Tujuan Pemasaran yang Jelas

Hal pertama yang perlu menjadi pertimbangan saat menggunakan jasa endorse influencer adalah dengan menetapkan tujuan pemasaran yang jelas. Dalam praktiknya, ada berbagai jenis tujuan yang bisa Anda tetapkan dalam strategi pemasaran influencer, di antaranya adalah: 

  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan angka penjualan
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan
  • Membangun kredibilitas brand
  • Mengumpulkan leads

Kedepankan Pilihan Pada Influencer dengan Engagement Tinggi

Sebagai pelaku UMKM, Anda bakal mengalami kesulitan kalau ingin menggunakan jasa mega influencer dengan follower mencapai angka jutaan. Idealnya, Anda bisa mengedepankan pilihan pada nano influencer dengan pengikut berkisar di angka puluhan ribu maupun micro influencer dengan pengikut ratusan ribu. 

Kedua kelompok influencer ini memang memiliki pengikut tidak terlalu banyak. Hanya saja, mereka memiliki kelebihan dari sisi engagement rate. Hanya saja, Anda perlu cermat untuk mengetahui influencer yang memang benar-benar melakukan interaksi dan diskusi secara intens dengan para follower. 

Jangan Mudah Tergoda dengan Jumlah Follower

Tips menggunakan jasa influencer untuk bisnis UMKM yang berikutnya adalah jangan mudah percaya dengan metrik. Apalagi, metrik berupa follower. Anda perlu waspada kalau menjumpai influencer dengan banyak pengikut, tetapi engagement rate-nya sangat rendah. 

Dalam praktiknya, ada influencer yang berupaya mendongkrak jumlah pengikut dengan menggunakan bot. Dampaknya, mereka tidak memiliki interaksi yang autentik dengan para follower bahkan engagement rate-nya cenderung rendah.

Pilih Influencer yang Memiliki Kesesuaian dengan Bisnis Anda

Selanjutnya, Anda perlu pula memperhatikan kesesuaian target audiens bisnis dengan karakteristik dari karakteristik influencer. Usahakan untuk memilih influencer yang relate dengan bisnis Anda. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan reputasi mereka.

Baca juga: Ingin Sukses Bisnis dengan Modal Kecil? Ini Tips Memulainya!

Analisis Performa Influencer Terdahulu

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan riset kecil-kecilan dengan memperhatikan kolaborasi terdahulu yang dilakukan oleh influencer. Tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat profesionalitas dari jasa influencer yang ingin Anda gunakan. 

Periksa apakah mereka pernah berkolaborasi dengan brand yang mirip dengan bisnis Anda. Lalu, cek tingkat keberhasilan dari campaign tersebut. Tak kalah penting, Anda perlu pula memperhatikan respon dari para audiens dari kolaborasi itu.

Nah, itulah tips menggunakan jasa influencer untuk pemasaran bisnis UMKM yang penting untuk Anda pahami. Lewat penerapan secara tepat, influencer bisa memberikan dampak positif dalam meningkatkan angka penjualan produk dan branding bisnis Anda.

Selanjutnya, Anda perlu memperhatikan kualitas pelayanan agar strategi pemasaran menggunakan jasa influencer tidak sia-sia. Layani setiap pelanggan dengan ramah dan profesional. Selain itu, siapkan tool pendukung untuk kemudahan dalam pelayanan. 

Salah satu tool pendukung untuk bisnis UMKM adalah YUKK Payment Gateway. Penggunaan YUKK Payment Gateway dapat menjadi solusi untuk memudahkan proses pembayaran pelanggan. 

YUKK Payment Gateway hadir dengan menyediakan beberapa opsi cara pembayaran sekaligus cukup dalam satu layanan. Dengan begitu, Anda bisa menyediakan metode cara pembayaran yang praktis dan nyaman untuk setiap pelanggan. 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry