Biar Bisnis Lancar & Untung, Cermati 7 Tips Memilih Supplier Ini!

tips memilih supplier yang tepat untuk perkembangan bisnis

Peran supplier dalam bisnis sangatlah penting. Keberadaan mereka dapat mempengaruhi tingkat kelancaran maupun profit yang Anda peroleh. Tanpa adanya tips memilih supplier yang tepat untuk perkembangan bisnis, usaha Anda bakal mengalami gangguan. Bahkan, bisa pula mandek dan kolaps!

Alasan Kenapa Anda Tak Boleh Memilih Supplier Bisnis Sembarangan

Anda mungkin berpikir kenapa pemilihan supplier sangat penting? Bahkan dapat berpengaruh pada tingkat keuntungan serta kelancaran bisnis. Ada beberapa alasan yang menjadi landasannya, yaitu: 

  • Supplier membantu pelaku usaha dalam memperoleh suplai bahan baku untuk keperluan produksi. Anda pun bisa melakukan permintaan bahan baku dengan kriteria tertentu sesuai dengan kebutuhan bisnis. 
  • Supplier membantu Anda dalam mendapatkan barang dengan harga terjangkau. Di waktu yang sama, mereka juga memastikan kalau kualitas barang memenuhi standar yang telah ditetapkan. 
  • Membantu proses kelancaran produksi. Manfaat ini bisa Anda peroleh berkat suplai bahan baku produksi yang lancar. Dengan begitu, Anda bisa terus menjalankan aktivitas produksi dan memenuhi permintaan pasar. 
  • Menghemat biaya operasional. Supplier yang terpercaya dapat memberikan suplai barang dengan harga 80% lebih terjangkau dibandingkan dengan perusahaan yang tidak jelas. Alasannya, karena mereka bisa menyediakan barang dengan cepat dan kualitas terjaga. 

Kriteria Memilih Supplier yang Tepat untuk Bisnis

Berkaitan dengan tips memilih supplier yang tepat untuk perkembangan bisnis, Anda perlu terlebih dulu memahami kriterianya. Ada empat kriteria penting yang perlu diperhatikan berkaitan dengan pemilihan supplier bisnis, yakni: 

Biaya

Kriteria utama dalam pemilihan supplier bisnis adalah biaya. Anda perlu menemukan supplier yang mampu memberikan penawaran harga terbaik untuk produk yang dibutuhkan. Oleh karena itu, Anda perlu membandingkan harga dari berbagai supplier dan bahkan meminta diskon kalau harganya terlalu tinggi.

Kualitas

Selanjutnya adalah kualitas. Pastikan bahwa Anda bisa memperoleh jaminan kualitas bahan yang bagus dengan harga yang telah ditetapkan. Selain itu, pastikan pula bahwa spesifikasi produk yang mereka jual sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Tak ada salahnya Anda melakukan peninjauan secara langsung untuk memastikan kualitas produk dari supplier. Dengan begitu, Anda bisa memastikan kalau mereka mampu memberikan suplai bahan yang bagus dan berkualitas untuk bisnis Anda.

Timeline

Aspek selanjutnya adalah timeline. Supplier yang baik akan berusaha untuk mengirimkan suplai barang sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami gangguan operasional bisnis hanya karena keterlambatan pengiriman dari pihak supplier.

Pelayanan

Kriteria terakhir dan penting adalah kualitas layanan yang mereka berikan kepada para klien. Aspek ini sangat penting untuk memastikan bahwa setiap permintaan yang Anda ajukan bisa mereka proses dengan baik. Selain itu, hal ini juga berkaitan dengan cara mereka dalam menangani komplain atau keluhan dari para klien.

Tips Memilih Supplier yang Tepat untuk Perkembangan Bisnis

Dengan memperhatikan berbagai kriteria tersebut, ada 7 tips penting yang perlu Anda perhatikan dalam memilih supplier bisnis yang tepat, yaitu:

Akuntabilitas

Dalam menentukan pilihan supplier, Anda perlu memperhatikan aspek akuntabilitas sebagai pertimbangan utama. Supplier yang akuntabel akan bersikap transparan kepada setiap klien. Kalaupun terjadi kesalahan, mereka dapat dengan mudah mengakuinya. 

Dalam praktiknya, akuntabilitas menjadi hal yang sangat penting. Apalagi, ada saja supplier yang enggan menjadi pihak yang bertanggung jawab saat terjadi kesalahan. Alih-alih mengakui, mereka malah menyalahkan pihak lain, product inspector misalnya.

Reliabilitas

Aspek reliabilitas berkaitan erat dengan kemampuan supplier dalam memenuhi suplai barang yang Anda butuhkan. Kemampuan tersebut mencakup banyak aspek. Mulai dari kapasitas produksi, tenaga kerja, peralatan, hingga kedisiplinan mereka dalam melakukan pengiriman barang tepat waktu. 

Untuk mengetahui reliabilitas supplier, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan inspeksi secara langsung. Kalaupun mengalami kesulitan, Anda bisa pula memanfaatkan layanan inspeksi dari pihak ketiga yang dapat dipercaya. 

Tingkat Keahlian

Selanjutnya, Anda perlu memperhatikan tingkat expertise dari pihak supplier. Pilih perusahaan yang sudah mempunyai pengalaman dalam industri manufaktur bahan yang Anda butuhkan. Selain itu, Anda bisa pula melakukan penilaian tingkat expertise supplier dengan memperhatikan beberapa hal seperti: 

  • Sertifikasi yang dimiliki
  • Sumber bahan mentah yang mereka gunakan
  • Tingkat pengetahuan terhadap regulasi yang berlaku
  • Pengalaman dalam proses suplai untuk produk yang sama

Komitmen

Supplier yang baik bakal memiliki komitmen tinggi dalam memenuhi permintaan dari setiap klien. Mereka akan memprioritaskan permintaan barang yang sudah diterima, terlepas jumlahnya apakah banyak maupun sedikit. 

Pemilihan supplier berdasarkan komitmen sangat penting. Apalagi, dalam praktiknya banyak supplier hanya mengedepankan permintaan barang dalam jumlah besar. Alhasil, mereka lebih mengutamakan order barang dari perusahaan besar dibandingkan Anda. 

Lokasi

Tips memilih supplier yang tepat untuk perkembangan bisnis yang berikutnya adalah dengan mempertimbangkan lokasi. Pilih supplier yang mempunyai kedekatan lokasi dengan usaha Anda. 

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh berkat kedekatan lokasi dengan supplier, di antaranya adalah: 

  • Hemat biaya. Biaya pengiriman barang bisa diminimalkan. 
  • Risiko gangguan pengiriman bisa diminimalkan. Kalaupun terjadi gangguan, Anda bisa secara langsung melakukan inspeksi ke lokasi supplier. 
  • Risiko inventory bisa diminimalkan. Anda tak perlu melakukan penyimpanan stok barang dalam jumlah banyak. Dengan begitu, risiko penyimpanan barang seperti barang rusak, expired, dan lain sebagainya bisa ditekan.

Baca juga: 11 Tips Memilih Lokasi Bisnis UMKM, Biar Ramai & Untung Besar!

Kemampuan Finansial

Kalau Anda ingin menjalin hubungan bisnis jangka panjang dengan supplier, maka pertimbangkan perusahaan yang memiliki kemampuan finansial bagus. Pilih supplier yang punya kondisi keuangan stabil. Dengan begitu, risiko terjadinya penipuan atau wanprestasi bisa diminimalkan. 

Selain itu, Anda perlu waspada kalau supplier mempunyai kebijakan pembayaran DP dalam jumlah besar. Selain itu, Anda juga harus cermat dalam memperhatikan kebijakan terkait polisi serta aturan terkait finansial lain.

Cara Pembayaran

Tips memilih supplier yang tepat untuk perkembangan bisnis yang terakhir adalah dengan memperhatikan cara pembayaran. Hal ini sangat penting karena mempunyai keterkaitan dengan cash flow bisnis Anda. Oleh karena itu, pertimbangkan cara pembayaran yang menguntungkan. 

Anda bisa melakukan negosiasi untuk bisa melakukan pembayaran bertahap. Proses negosiasi perlu Anda lakukan sebelum deal pertama. Selanjutnya, Anda perlu memenuhi janji pembayaran sesuai kesepakatan.

Itulah tips yang perlu menjadi pertimbangan ketika ingin menemukan supplier yang tepat untuk bisnis Anda. Lewat proses pemilihan yang tepat, supplier bisa membantu Anda dalam menjalankan bisnis secara lancar dan berkembang. 

Sebagai tambahan, Anda juga perlu melakukan upaya peningkatan kualitas dalam aspek pelayanan kepada pelanggan. Salah satu upaya peningkatan kualitas pelayanan bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan YUKK Payment Gateway.

YUKK Payment Gateway adalah solusi cara pembayaran yang praktis dan modern untuk UMKM. Dengan tool ini, Anda bisa menyediakan berbagai cara pembayaran digital kepada pelanggan. Selanjutnya, mereka pun bisa memilih metode cara bayar yang paling nyaman. 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry