Bingung Pilih Platform e-Commerce untuk Jualan? Simak Tips Berikut, Yuk!

Tips memilih platform e-commerce untuk umkm

Platform e-commerce memberikan peluang besar dalam mendorong perkembangan bisnis UMKM. Apalagi, nilai transaksi UMKM di Indonesia sepanjang tahun 2022 sampai awal tahun 2023 mencapai Rp849 triliun. Untuk bisa memanfaatkannya secara maksimal, Anda perlu menerapkan tips memilih platform e-commerce untuk UMKM dengan cerdas. 

Pilihan platform e-commerce yang bisa Anda manfaatkan untuk pemasaran produk secara digital memang sangat banyak. Anda dapat mempertimbangkan beberapa platform yang populer seperti Shopee, Tokopedia, maupun Lazada. Namun, bisa pula memilih untuk membangun website toko online sendiri. 

Lalu, dari sekian banyak platform marketplace tersebut, mana yang paling sesuai untuk usaha Anda? Untuk dapat menentukan pilihan yang terbaik, ada 9 tips memilih platform e-commerce untuk UMKM sebagai berikut: 

1. Jumlah Pengguna

Aspek pertama yang menjadi pertimbangan dalam menentukan platform e-commerce tentu saja adalah popularitas penggunaannya. Platform e-commerce yang populer menjanjikan potensi transaksi lebih besar. Apalagi, kalau platform tersebut mempunyai pengguna dengan tingkat loyalitas yang tinggi. 

Selain itu, perhatikan pula karakteristik pengguna dari masing-masing platform. Pastikan bahwa karakteristik pengguna dari platform e-commerce yang Anda gunakan sesuai dengan target pemasaran dari produk yang dimiliki. Dengan begitu, peluang untuk memperoleh transaksi pun jadi lebih besar. 

2. Aksesibilitas

Faktor selanjutnya dalam tips memilih platform e-commerce untuk UMKM adalah aksesibilitasnya. Utamakan platform yang menawarkan kemudahan untuk mengaksesnya. Tidak cuma bisa diakses dengan perangkat desktop, melainkan juga memungkinkan Anda untuk menggunakannya dengan nyaman lewat perangkat mobile. 

Fakta penting yang perlu Anda ketahui, tingkat penggunaan internet melalui perangkat mobile saat ini sangatlah dominan. Tren peningkatannya berlangsung sejak tahun 2013. Dari yang semula hanya berada di kisaran 27,3%, meningkat menjadi 53,5% pada 2021 dan bakal terus bertambah. 

3. Tingkat Keamanan

Selanjutnya, Anda perlu pula memperhatikan aspek terkait keamanan data saat memilih platform e-commerce. Tingkat keamanan data memiliki peran penting dalam mendorong tingkat kepercayaan pelanggan. 

Apalagi, ada banyak data berharga yang kerap menjadi sasaran para penjahat. Beberapa data tersebut di antaranya adalah info pribadi, data terkait nomor rekening, kartu kredit, dan banyak lagi yang lain.

4. Skalabilitas

Tips memilih platform e-commerce untuk UMKM yang selanjutnya berkaitan dengan rencana Anda dalam mengembangkan bisnis. Anda tentu ingin mengembangkan usaha dan naik kelas menjadi bisnis lebih besar. 

Berkaitan dengan rencana tersebut, Anda perlu memperhatikan aspek skalabilitas yang ditawarkan oleh penyedia platform. Anda tak ingin usaha mengalami gangguan hanya karena sistem yang menyediakan dukungan saat terjadi lonjakan traffic pada toko online. 

5. Integrasi

Aspek selanjutnya yang menjadi perhatian dalam tips memilih platform e-commerce untuk UMKM adalah integrasi aplikasi pihak ketiga. Anda perlu menghindari penggunaan layanan e-commerce yang memberi batasan penggunaan layanan pihak ketiga. 

Kemudahan dalam integrasi aplikasi pihak ketiga dalam sistem e-commerce sangat penting. Apalagi, penggunaan layanan pihak ketiga dapat membantu Anda dalam mengelola bisnis online jadi lebih praktis dan mudah. 

6. Biaya

Anda perlu pula memperhatikan faktor yang berkaitan dengan biaya. Platform e-commerce populer seperti Shopee dan Tokopedia memang memungkinkan Anda untuk menggunakan layanan mereka secara gratis. 

Meski begitu, terdapat porsi biaya tertentu yang perlu Anda bayarkan kepada pihak penyedia layanan. Biaya tersebut berupa biaya administrasi, biaya pelayanan, serta biaya lain yang berkaitan dengan penggunaan fitur-fitur tertentu.

7. Kemudahan dalam Penggunaan

Tips memilih platform e-commerce untuk UMKM berikutnya adalah ease of use atau kemudahan dalam penggunaan. Pilih platform yang mempunyai desain tampilan UI UX yang bagus. 

Kemudahan penggunaan tersebut tidak hanya berlaku saat Anda ingin melakukan pengelolaan toko online. Namun, perhatikan pula UI dan UX yang memberikan kenyamanan bagi para pelanggan saat melakukan transaksi. 

8. Dukungan Sistem Pembayaran

Faktor berikutnya adalah variasi sistem pembayaran yang disediakan oleh penyedia platform e-commerce. Usahakan untuk memilih platform yang mampu menghadirkan berbagai cara pembayaran. Dengan begitu, pelanggan bisa menentukan sistem pembayaran yang sesuai. 

Baca juga: 11 Metode Pembayaran Online Legal, Nomor 7 Paling Praktis!

Tak hanya itu, Anda perlu pula memperhatikan kebijakan berkaitan dengan penarikan dana dari platform e-commerce ke rekening. Pastikan bahwa pihak penyedia layanan tidak menerapkan kebijakan yang rumit bagi para pemilik toko online saat melakukan penarikan dana. 

9. Layanan Support

Terakhir adalah tips memilih platform e-commerce untuk UMKM yang berkaitan dengan layanan dukungan. Pastikan bahwa penyedia layanan e-commerce mempunyai layanan support yang bisa membantu Anda maupun para konsumen ketika memiliki berbagai permasalahan. 

Platform e-commerce yang bagus bakal menyediakan pusat informasi dengan format mirip FAQ yang bisa diakses dengan mudah. Selain itu, mereka juga menghadirkan fasilitas customer service yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi secara langsung dengan petugas. 

Dengan memperhatikan berbagai aspek tersebut, Anda bisa menentukan pilihan platform e-commerce secara tepat sesuai kebutuhan. Selanjutnya, Anda pun dapat menjalankan bisnis online dengan lancar dan mengembangkannya jadi lebih besar. 

Selanjutnya, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan YUKK Payment Gateway untuk pemenuhan kebutuhan sistem pembayaran yang praktis dan modern. YUKK Payment Gateway merupakan layanan payment gateway terbaik untuk UMKM yang ada di Indonesia

YUKK Payment Gateway membantu Anda dalam menghadirkan beberapa metode cara pembayaran sekaligus dengan mudah. Cukup dengan satu layanan, Anda bisa menyediakan cara pembayaran dengan virtual account, QRIS, e-wallet, maupun kartu kredit. Lengkap!

Yuk, manfaatkan YUKK Payment Gateway untuk kemudahan cara bertransaksi para pelanggan. 

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry