Tips Mendesain Kemasan Produk Unik & Menarik, Biar Makin Laris

Tips membuat kemasan produk yang unik dan menarik untuk umkm

Apa jadinya kalau Anda menjual produk dengan kemasan yang asal-asalan? Kemungkinan besar, produk tersebut tak laku atau harganya murah. Lain halnya kalau Anda bisa menerapkan tips membuat kemasan produk yang unik dan menarik untuk UMKM. Tak cuma laku dijual, Anda juga bisa memasarkannya dengan harga lebih tinggi. 

Keberadaan desain kemasan yang menarik memang sangat penting bagi setiap pelaku usaha, termasuk UMKM. Apalagi, desain kemasan menjadi bagian dari upaya membangun branding bisnis. Oleh karena itu, Anda perlu cermat dan serius dalam merancang desain kemasan produk. 

Kriteria Desain Kemasan Produk yang Unik dan Menarik

Berkaitan dengan desain kemasan produk, Anda perlu memperhatikan kriteria yang membuat sebuah kemasan terlihat unik dan menarik, yakni: 

Protektif

Fungsi utama dari sebuah kemasan adalah untuk memastikan bahwa produk yang ada di dalamnya tetap aman dan tidak mengalami kerusakan. Oleh karena itu, dalam merancang desain sebuah kemasan, Anda perlu mengedepankan fungsi tersebut. 

Pertimbangkan untuk menggunakan material kemasan yang kuat dan tak mudah rusak. Dengan begitu, produk tidak akan mengalami kerusakan mulai dari perjalanan dari produsen hingga akhirnya sampai ke tangan konsumen. 

Memberi Kemudahan

Selanjutnya, Anda perlu pula mengedepankan aspek berkaitan dengan kemudahan yang bisa didapatkan dari kemasan. Kemudahan tersebut tidak cuma dari cara konsumen dalam menggunakan produk. Namun, pastikan pula kalau kemasan itu juga memberi kemudahan bagi produsen dan distributor. 

Contohnya adalah kemasan kopi. Konsumen bisa mendapatkan kemudahan berkat desain kemasan yang gampang dibuka. Sementara itu, distributor memperoleh kemudahan karena produk bisa disimpan dengan mudah dan tak gampang rusak. Selanjutnya, produsen mendapatkan kemudahan karena bisa mengemas produk dengan porsi yang pas.

Terlihat Menarik

Kriteria yang tak kalah penting dari sebuah desain kemasan yang unik dan menarik adalah kemampuannya dalam mempromosikan produk. Desain kemasan bisa memiliki fungsi sebagai sarana promosi kalau penampilannya terlihat menarik di mata pelanggan. 

Informatif

Aspek yang tidak kalah penting adalah kemampuan kemasan dalam memberikan informasi penting terkait produk kepada pelanggan. Informasi yang bisa Anda cantumkan di dalam kemasan cukup beragam, termasuk di antaranya adalah petunjuk penggunaan produk, cara penyimpanan, dan info penting lainnya.

Tips Membuat Kemasan Produk yang Unik dan Menarik untuk UMKM

Lalu, bagaimana cara agar bisa membuat desain produk yang unik dan menarik? Ada 8 tips yang bisa Anda praktekkan, yakni: 

Pahami Target Pasar

Tips pertama dalam merancang desain kemasan produk adalah dengan memahami target audiens dari bisnis Anda terlebih dulu. Apakah target pemasaran produk Anda adalah anak-anak, wanita, pria dewasa, atau kelompok audiens lain? Desain kemasan perlu Anda rancang agar sesuai dengan karakteristik dari target audiens. 

Misalnya, Anda menjual produk untuk lansia, maka usahakan untuk menggunakan teks dengan ukuran besar. Kalau Anda mempunyai menargetkan audiens dari segmen menengah ke atas, pertimbangkan untuk membuat kemasan yang terlihat mewah.

Perhatikan Fungsionalitas Kemasan

Anda sudah memiliki gambaran tentang bentuk kemasan yang diinginkan. Namun, apakah desain tersebut sudah memiliki fungsionalitas yang baik? Artinya, pihak-pihak yang terlibat dan menggunakan produk tersebut tidak mengalami kesulitan karena desain kemasan yang telah Anda buat. 

Pastikan setiap detail pada kemasan memiliki fungsi yang bisa memudahkan penggunanya. Misal, keberadaan tali membantu konsumen untuk bisa membawanya dengan mudah. Selain itu, opsi kemasan kecil memberi kesempatan bagi konsumen untuk membeli produk dengan harga lebih terjangkau. 

Identitas Brand yang Jelas

Dalam tips membuat kemasan produk yang unik dan menarik untuk UMKM, jangan lupa keberadaan identitas brand. Identitas brand tersebut memuat berbagai jenis aspek, termasuk di antaranya adalah logo brand, nama produk, maupun bentuk kemasan. Dengan begitu, pelanggan bisa mengenali produk Anda cukup dengan melihat kemasannya. 

Baca juga: Biar Langgeng, Ini Tips Rahasia Bangun Merek Bisnis yang Kuat

Gunakan Desain Gambar dan Warna yang Menarik

Tips membuat kemasan produk yang unik dan menarik untuk UMKM selanjutnya adalah memperhatikan penggunaan gambar dan warna. Pastikan Anda memilih kombinasi warna secara tepat. Selain itu, perhatikan pula psikologi warna yang Anda gunakan. Pastikan kalau warna tersebut dapat merefleksikan brand Anda. 

Misalnya, warna merah cocok untuk membuat produk terlihat menonjol. Pemakaiannya bisa menjadi simbol tindakan, kegembiraan, maupun energi. Sementara itu, warna hijau identik dengan kesan alami, sehat, serta kemurahan hati. 

Tonjolkan Unique Selling Point Produk

Bayangkan ketika produk Anda sudah mulai dijual di toko atau supermarket. Di situ, produk tersebut akan disandingkan dengan produk serupa milik kompetitor. Biar produk Anda terlihat menarik di mata pelanggan, Anda perlu memperlihatkan unique selling point (USP) dari produk. 

Tampilkan USP tersebut pada kemasan secara jelas. USP produk bisa beragam, termasuk di antaranya adalah pilihan rasa yang unik, garansi produk yang lama, layanan after sales yang terjamin, dan lain sebagainya.

Patuhi Standar dan Regulasi Terkait Kemasan Produk

Berkaitan dengan desain kemasan, Anda perlu pula memahami regulasi dari pemerintah. Jangan sampai desain yang telah Anda buat ternyata menyalahi aturan yang berlaku. Dampaknya bisa sangat merugikan, bukan? 

Di Indonesia, aturan terkait kemasan produk secara khusus ditujukan untuk produk makanan dan minuman. Dalam Peraturan BPOM Nomor 22 Tahun 2019, disebutkan terdapat beberapa informasi yang wajib dimasukkan dalam kemasan produk pangan, yaitu: 

  • Nama produk
  • Daftar bahan baku yang digunakan
  • Isi bersih produk
  • Identitas pihak produsen
  • Informasi terkait kehalalan produk
  • Tanggal serta kode produksi
  • Keterangan kadaluarsa
  • Izin edar
  • Asal usul penggunaan jenis bahan pangan tertentu

Perhatikan Biaya Kemasan

Aspek yang terakhir dalam tips membuat kemasan produk yang unik dan menarik untuk UMKM adalah dengan memperhatikan biayanya. Pastikan bahwa keberadaan kemasan tersebut tidak terlalu mahal. Sampai-sampai, produk tersebut jadi memiliki margin profit yang minimal. 

Oleh karena itu, saat merancang desain kemasan produk, ketahui jenis bahan-bahan yang biasa digunakan beserta harganya. Sebagai pertimbangan, beberapa jenis material yang paling sering dimanfaatkan untuk kemasan produk UMKM di antaranya adalah plastik, logam, kaca, kertas, dan kemasan tradisional.

Itulah info lengkap terkait tips membuat kemasan produk yang unik dan menarik untuk UMKM. Dengan penerapan yang tepat, desain kemasan yang menarik tersebut bisa meningkatkan angka penjualan produk Anda.

Sebagai tambahan, jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang bagus dan berkualitas kepada setiap pelanggan. Termasuk pelayanan saat mereka melakukan pembayaran. Biar efektif dan efisien, Anda bisa memberikan opsi cara pembayaran digital dengan memanfaatkan layanan YUKK Payment Gateway

YUKK Payment Gateway merupakan tool payment gateway yang secara khusus ditujukan bagi para pelaku UMKM di Indonesia. Dengan layanan dari YUKK Payment Gateway, Anda bisa menghadirkan berbagai metode pembayaran cukup dengan satu layanan. Praktis!

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry