Takoyaki vs Okonomiyaki: Mana yang Kamu Pilih?

Takoyaki vs Okonomiyaki: Mana yang Kamu Pilih?
Takoyaki dan okonomiyaki (Foto: Instagram/@osuki_okonomiyaki)

Jepang punya banyak kudapan khas. Sebut saja takoyaki, okonomiyaki, taiyaki, shioyaki, yakisoba, yakitori, dango, dan beberapa lagi yang lain. Dari beberapa nama itu, ada yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Banyak restoran Jepang di kota-kota besar seperti Jakarta menyajikan jajanan khas itu.

Dua dari beberapa jajanan khas Jepang yang sangat disukai para pencinta makanan Jepang di tanah air adalah takoyaki dan okonomiyaki. Seperti apa takoyaki dan okonomiyaki? Mengapa keduanya begitu populer?

Takoyaki vs Okonomiyaki: Mana yang Kamu Pilih?
Takoyaki (Foto: Instagram/@osuki_okonomiyaki)

Takoyaki adalah kudapan khas daerah Osaka berupa bola-bola kecil berdiameter 3—5 cm. Bola-bola kecil itu adalah potongan daging gurita yang dibungkus dengan tepung terigu. Di Jepang, kudapan ini dijual dipinggir jalan dengan harga yang sangat murah. Biasanya 1 porsi berisi 5—10 butir takoyaki. Disajikan dalam wadah berbentuk sampan.

Di atas bola-bola kecil itu ada taburan saos khas takoyaki dan katsuobushi (serutan ikan cakalang kering). Dalam perkembangannya, ada banyak varian isi dari takoyaki ini. Tidak hanya gurita, tapi juga cumi, udang, keju, sosis, dan ikan.

Takoyaki vs Okonomiyaki: Mana yang Kamu Pilih?
(Foto: Instagram/@osuki_okonomiyaki)

Ada beberapa jenis takoyaki dalam penyajiannya. Ada takoyaki polos, takoyaki dengan saus, takoyaki dengan kecap asin, dan akashiyaki (tamagoyaki). Yang disebut terakhir itu agak sedikit berbeda dengan takoyaki secara umum. Teksturnya lebih lunak dan lebih banyak kandungan telur. Takoyaki versi ini biasanya dihidangkan dengan kuah (dashi).

Sementara itu, okonomiyaki sekilas mirip pizza. Kudapan ini terbuat dari adonan tepung terigu yang sudah dicampur dengan sayuran, daging, ikan, dan lain-lain. Adonan itu kemudian dipanggang di atas plat besi dan diolesi dengan saus dan ditaburi dengan katsuobushi. Bahkan tidak jarang juga ditemukan okonomiyaki yang ditaburi dengan keju mozzarella.

Takoyaki vs Okonomiyaki: Mana yang Kamu Pilih?
(Foto: Instagram/@osuki_okonomiyaki)

Mirip pizza? Yups! Konon, penganan ini dibuat oleh pelaut Jepang. Dia mengaduk-aduk tepung terigu karena ingin makan pizza seperti yang dia makan ketika berada di Italia.

Ada dua varian okonomiyaki, yaitu ala Kansai dan ala Hiroshima. Okonomiyaki ala Kansai diolah dengan cara bahan-bahan seperti telur, kubis, udang, dan cumi-cumi dicampur ke dalam adonan yang terbuat dari tepung dan air. Adonan itu lalu dituangkan ke atas wajan berbentuk bulat dan digoreng dengan irisan daging di atasnya.

Takoyaki vs Okonomiyaki: Mana yang Kamu Pilih?
(Foto: Instagram/@osuki_okonomiyaki)

Berbeda dengan okonomiyaki ala Kansai, pada okonomiyaki ala Hiroshima, bahan-bahannya tidak dicampur menjadi satu. Adonan tepung dan air terlebih dahulu dituangkan ke atas wajan tipis berbentuk bulat seperti alat memasak crepe. Setelah itu, bahan-bahan lain seperti kubis, tauge, makanan laut, dan irisan daging diletakkan di atasnya secara berurutan.

Yang mana yang kamu suka? Yang mana yang kamu pilih? Apakah takoyaki? Ataukah okonomiyaki yang sekilas mirip pizza itu?

Takoyaki vs Okonomiyaki: Mana yang Kamu Pilih?
Osuki di Cityplaza, Jatinegara (Foto: Instagram/@osuki_okonomiyaki)

Jika kamu ingin mencicipi kedua kudapan khas Jepang itu, kamu bisa datang ke gerai Osuki yang terletak di beberapa pusat perbelanjaan berikut ini:

  • Lippo Kramat Jati, Kramat Jati, Jakarta Timur
  • Kalibata City, Jl. Raya Kalibata No. 1, Pancoran, Jakarta Selatan
  • Pesona Square, Jl. Ir. H. Juanda No. 99, Bakti Jaya, Depok, Jawa Barat
  • Cityplaza Jatinegara, Jl. Matraman Raya No. 173-175, Jatinegara, Jakarta Timur
  • Depok Town Square, Jl. Margonda Raya No. 1, Beji, Depok, Jawa Barat
  • DMall, Jl. Margonda Raya Kav. 88, Depok, Jawa Barat
  • ITC Depok, Jl. Margonda Raya No. 56, Depok, Jawa Barat
  • Boxies 123 Mall, Jl. Raya Tajur No. 123, Bogor, Jawa Barat
Takoyaki vs Okonomiyaki: Mana yang Kamu Pilih?
Kamu bisa memesan takoyaki dan okonomiyako lewat aplikasi YUKK (Foto: tangkapan layar)

Di situ, kamu bisa menikmati aneka kreasi takoyaki dan okonomiyaki. Ada takoyaki dengan varian isi gurita, daging sapi, daging ayam, keju, sosis, dan lainnya. Ada juga okonomiyaki dengan isi daging ayam asap, daging sapi asap, keju, gurita, dan lainnya.

Takoyaki vs Okonomiyaki: Mana yang Kamu Pilih?
Beberapa lokasi Osuki (Foto: tangkapan layar)

Selain itu, ada juga aneka kreasi minuman yang menyegarkan. Ada Infused Tea, Ice Cokelat, Ice Matcha, Ice Taro, dan Ice Teh Tarik. Ada yang disajikan dalam ukuran biasa (reguler) dan ada yang dalam ukuran jumbo.

Bagaimana jika kamu tidak sempat pergi ke outlet-nya? Kamu bisa memesan menunya melalui aplikasi YUKK. Caranya sangat mudah: buka aplikasi YUKK, klik fitur “YUKK Makan”, cari merchant Osuki, pilih lokasi outlet yang dekat dengan tempatmu, dan klik menu favoritmu.

Takoyaki vs Okonomiyaki: Mana yang Kamu Pilih?
Beberapa menu Osuki (Foto: tangkapan layar)

Kabar gembiranya adalah kamu yang menggunakan aplikasi YUKK akan mendapatkan cashback 15%. Cashback diberikan dalam bentuk YUKK Point dengan jumlah maksimal mencapai 30.000 poin. Poin yang gede, bukan?

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry