Suka Makan Lele? Ini 5 Manfaatnya yang Harus Kamu Ketahui

Suka Makan Lele? Ini 5 Manfaatnya yang Harus Kamu Ketahui
Ikan Lele (Foto: Freepik)

Lihatlah warung-warung makan di pinggir jalan, baik warung tenda maupun warung permanen. Banyak dari antara warung-warung itu menyajikan pecel lele sebagai menu unggulan. Dan selalu saja ada orang yang keluar-masuk warung itu.

Mengapa pecel lele menjadi menu favorit? Jawabannya bisa beragam. Namun, pada umumnya, orang memilih pecel lele selain karena harga per porsinya tidak terlalu mahal, juga karena rasanya gurih.

Sebenarnya tidak hanya karena rasanya yang gurih dan harganya yang tidak mahal. Orang memilih lele karena ikan itu punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Tinggi protein

Suka Makan Lele? Ini 5 Manfaatnya yang Harus Kamu Ketahui
(Foto: Freepik)

Food and Nutrition Board mencatat bahwa ikan lele seberat 100 g mengandung 32—39% kebutuhan harian tubuh akan protein. Sementara kandungan kalorinya hanya 105 kal. Ini mengejutkan karena ikan salmon dalam porsi yang sama hanya menyediakan sekitar setengah dari kebutuhan protein harian dan lebih dari 230 kalori.

Tingginya kandungan protein membuat ikan lele menjadi pilihan yang tepat untuk membantu menurunkan berat badan tanpa menimbulkan perasaan kenyang berlebihan. Ikan ini juga cocok untuk mereka yang sedang berusaha membatasi asupan kalori, tetapi tetap ingin mencukupi kebutuhan nutrisi lainnya.

Sumber vitamin D

Suka Makan Lele? Ini 5 Manfaatnya yang Harus Kamu Ketahui
(Foto: Freepik)

Tubuh membutuhkan vitamin D. Dalam masa pandemi ini, vitamin D sangat diperlukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Aging and Disease menunjukkan bahwa menjaga kadar vitamin D dalam darah dapat mengurangi risiko beberapa penyakit kronis.

Kabar gembiranya adalah ikan lele merupakan salah satu sumber vitamin D. Dalam 143 g ikan ini terdapat 180% asupan harian yang direkomendasikan.

Hanya mengandung sedikit merkuri

Suka Makan Lele? Ini 5 Manfaatnya yang Harus Kamu Ketahui
(Foto: Freepik)

Banyak ikan terkontaminasi logam berat, terutama merkuri. Jenis-jenis ikan yang terkontaminasi merkuri dalam kadar yang tinggi, antara lain, ikan hiu, beberapa spesies tuna, king mackerel, dan barramundi. Jika dikonsumsi, kandungan merkuri yang berlebihan itu bisa mengganggu kesehatan dengan cara menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan, sistem saraf, dan sistem urologi.

Lalu ikan lele? Ikan lele hanya mengandung merkuri dalam konsentrasi yang sangat kecil, sehingga sangat aman untuk dimakan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh FDA, ikan lele hanya mengandung merkuri rata-rata sebesar 0,024 PPM. Jumlah ini tergolong sangat sedikit dibandingkan dengan kadar merkuri dalam beberapa jenis ikan lainnya.

Sumber vitamin B12

Suka Makan Lele? Ini 5 Manfaatnya yang Harus Kamu Ketahui
(Foto: Freepik)

Dalam 100 g ikan lele, seperti dicatat FoodData Central, tedapat hingga 121% kebutuhan harian tubuh akan vitamin B12. Vitamin ini punya banyak manfaat untuk tubuh, antara lain, menjaga kesehatan mental, melindungi jantung, dan mencegah anemia.

Sumber asam lemak omega-3

Suka Makan Lele? Ini 5 Manfaatnya yang Harus Kamu Ketahui
(Foto: Freepik)

Dibandingkan dengan makanan lainnya, ikan lele dan beberapa makanan laut mengandung lebih banyak asam lemak omega-3. National Institute of Health mencatat bahwa dalam 100 g ikan lele terdapat 237 mg asam lemak omega-3 atau 15—20% dari kebutuhan harian orang dewasa. Asam lemak omega-3 ini punya banyak manfaat. Mulai dari menjaga kesehatan otak hingga meningkatkan kekuatan otot rangka, kesehatan jantung, dan mikrobioma usus.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry