Suka Makan Buah Naga? Ini Kandungan Gizi dan Manfaatnya

Suka Makan Buah Naga? Ini Kandungan Gizi dan Manfaatnya
Buah naga (Foto: Crello)

Tidak sulit menemukan buah naga di Indonesia. Buah yang berasal dari Meksiko dan beberapa negara di Amerika Selatan ini sudah dibudidayakan di Indonesia dan beberapa negara di Asia. Buah yang disebut pitaya ini merupakan buah dari beberapa jenis kaktus marga Hylocereus dan Selenicereus.

Buah naga diketahui mengandung banyak nutrisi. Dalam 100 g buah naga terkandung:

  • Vitamin C: 9 mg
  • Vitamin B3: 0,43 mg
  • Vitamin B2: 0,045 mg
  • Vitamin B1: 0,043 mg
  • Niasin: 1,3 mg
  • Riboflavin: 0,044 mg
  • Besi: 0,65 mg
  • Fosfor: 36,1 mg
  • Serat kasar: 0,9 g
  • Kalsium: 8.8 mg
  • Karoten: 0,012 mg
  • Lemak: 0,61 g
  • Protein: 0,229 g
Suka Makan Buah Naga? Ini Kandungan Gizi dan Manfaatnya
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Melihat banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, tidaklah heran bahwa buah tropis ini mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Mulai dari meredakan flu hingga mencegah penyakit kronis seperti kanker. Dan buah ini diketahui sangat penting untuk ibu hamil. Berikut ini ada beberapa manfaat buah naga bagi tubuh:

Menyehatkan organ pencernaan

Suka Makan Buah Naga? Ini Kandungan Gizi dan Manfaatnya
Ilustrasi (Foto: Crello)

Buah naga adalah sumber serat yang sangat baik. Rekomendasi harian untuk konsumsi serat bagi orang dewasa minimal 25 g. Dalam satu cangkir buah naga terkandung sekitar 7 g serat.

“Serat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan kardiovaskular. Mengonsumsi makanan kaya serat membantu mempertahankan berat badan ideal,” kata Mira Ilic, ahli diet bersertifikat, seperti dikutip YUKK dari Cleaveland Clinic.

Mengurangi risiko kanker usus besar

Suka Makan Buah Naga? Ini Kandungan Gizi dan Manfaatnya
Ilustrasi (Foto: Crello)

Perlu diketahui bahwa bakteri sehat yang ada di usus dapat membantu proses pencernaan dan bahkan mengurangi risiko kanker usus besar.

“Beberapa penelitian tampaknya menunjukkan bahwa buah naga mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat,” kata Ilic.

Mencegah bayi lahir cacat

Suka Makan Buah Naga? Ini Kandungan Gizi dan Manfaatnya
Ilustrasi (Foto: Crello)

Salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah naga. Pasalnya kelompok vitamin B kompleks yang terkandung di dalam buah naga, jika dikombinasikan dengan folat, memainkan peran penting dalam proses perkembangan sistem saraf anak.

Mencegah keguguran

Suka Makan Buah Naga? Ini Kandungan Gizi dan Manfaatnya
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Tidak hanya mencegah bayi lahir cacat, folat yang terdapat di dalam buah naga juga dapat meningkatkan kekuatan janin, sehingga mencegah terjadinya keguguran. Khususnya pada kehamilan trimester pertama ketika janin belum cukup kuat.

Melindungi tubuh dari radikal bebas

Suka Makan Buah Naga? Ini Kandungan Gizi dan Manfaatnya
Ilustrasi (Foto: Pexels)

Hasil penelitian yang sudah dipublikasikan dalam jurnal JOJ Nursing and Health Care menunjukan bahwa antioksidan yang ada di dalam buah naga merah dapat mencegah risiko penyakit akibat paparan asap rokok pada ibu hamil. Selain itu, antioksidan ini juga membantu mengatur sintesis kolagen dan mencegah berbagai masalah persendian dan gusi.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry