Setelah Matahari Terbenam, Jangan Coba-Coba Masuk Benteng Ini!

Setelah Matahari Terbenam, Jangan Coba-Coba Masuk Benteng Ini!
Benteng Bhangarh (Foto: The Hindu)

Mengunjungi tempat bersejarah atau tempat yang menantang adrenalin memang menyenangkan. Misalnya, benteng. Selain bisa berekreasi, orang bisa mengenang apa yang pernah terjadi pada masa lalu. Namun, jangan pernah menantang adrenalinmu di Benteng Bhangarh.

Benteng Bhangarh terletak di Distrik Alwar, Rajasthan, India. Benteng ini disebut-sebut sebagai salah satu tempat paling angker di India. Memasuki benteng ini setelah matahari terbenam sama halnya dengan mencari malapetaka. Begitu cerita yang berkembang di tengah masyarakat.

Benteng ini dibangun pada abad ke-16 dalam masa pemerintahan Raja Bhagwant Das. Dia membangun benteng ini, seperti dikutip YUKK dari The Culture Trip, untuk Madho Singh, putranya. Benteng ini punya banyak gerbang dan tempat pemujaan dewa.

Setelah Matahari Terbenam, Jangan Coba-Coba Masuk Benteng Ini!
(Foto: Wikipedia)

Dari jauh, benteng ini tampak seperti sebuah peninggalan sejarah yang eksotis. Namun, seperti dikutip dari Times of India, benteng ini menyimpan misteri. Di sini terjadi banyak peristiwa aneh yang tidak dapat dijelaskan sepenuhnya. Setiap kali melewati benteng ini, mereka diliputi kecemasan dan kegelisahan. Seolah-olah ada yang mengikuti mereka. Padahal tidak ada orang di sekitar tempat itu.

Konon, masyarakat sekitar sering mendengar jeritan dan tangisan perempuan pada malam hari. Mereka juga mendengar gemerincing gelang dan musik. Sering sekali mereka mencium aroma yang aneh di sekitar benteng ini. Bahkan tidak sedikit yang melihat lampu yang berkedip-kedip. Padahal tidak ada orang di situ setelah pemerintah memutuskan untuk melarang siapa saja untuk memasuki benteng ini setelah matahari terbenam.

Setelah Matahari Terbenam, Jangan Coba-Coba Masuk Benteng Ini!
(Foto: Wikipedia)

Pernah pula, seperti dilansir Mirror, ada tiga orang yang memutuskan untuk tinggal di benteng itu setelah matahari terbenam. Mereka hanya ingin tahu apakah benar benteng itu angker dan berhantu seperti yang diceritakan masyarakat sekitar. Sebagai penerang, mereka membawa obor. Malam itu, salah satu dari antara mereka jatuh ke dalam sumur dan berhasil diselamatkan. Namun, ketiganya justru mengalami kecelakaan dan meninggal dunia dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Ada dua versi cerita tentang mengapa benteng itu menjadi objek yang angker dan berhantu. Versi pertama berhubungan dengan pembangunan benteng itu. Sebelum membangun benteng, raja mengunjungi seorang sadhu (orang suci) bernama Baba Balak Nath untuk meminta izin. Balak Nath memberikan izin dengan syarat benteng tidak dibangun terlalu tinggi, agar bayangannya tidak menutupi rumahnya. Raja setuju dan mulai membangun Benteng Bhangarh.

Setelah Matahari Terbenam, Jangan Coba-Coba Masuk Benteng Ini!
(Foto: Shahnawas Sid/Tripoto)

Pada awalnya, semuanya berjalan baik saja. Sampai akhirnya sang penerus membuat benteng itu menjadi lebih tinggi daripada rumah Balak Nath. Orang suci itu marah dan mengutuk benteng itu: setiap orang yang tinggal di dalam benteng akan tetap hidup tanpa dilahirkan kembali. Artinya adalah arwah mereka akan terjebak bersama reruntuhan benteng itu untuk selamanya.

Versi kedua berhubungan dengan seorang pendeta yang tertarik pada seorang putri Bhangarh. Putri itu sangat cantik. Dan kecantikannya tersohor hingga ke luar India.

Setelah Matahari Terbenam, Jangan Coba-Coba Masuk Benteng Ini!
(Foto: Swati Jain/Tripoto)

Pendeta yang menguasai ilmu hitam ini tahu bahwa sangat tidak mungkin sang putri menyukainya karena ia jelek. Oleh karena itulah, ia membuat sebuah ramuan yang disebutnya ramuan cinta. Lalu, pada suatu hari, ia mengikuti sang putri ke pasar dan menawarinya ramuan itu. Namun, putri menolak ramuan itu setelah diberi tahu bahwa pendeta itu punya niat jahat terhadapnya.

Penolakan itu membuat sang pendeta marah dan melemparkan ramuan itu pada batu. Namun, ramuan itu justru mengenainya dan membuatnya meninggal dunia. Sebelum meninggal dunia, dia mengutuk desa dan benteng itu. Setahun setelah pendeta itu meninggal dunia, seluruh penduduk desa itu dibantai dalam sebuah pertempuran yang besar.

Setelah Matahari Terbenam, Jangan Coba-Coba Masuk Benteng Ini!
(Foto: Saad Akhtar/Tripoto)

Berbagai cerita yang beredar membuat pemerintah setempat melarang siapa saja untuk masuk ke dalam benteng itu sebelum matahari terbit. Bahkan memasang sebuah tanda peringatan di pintu gerbang. Semua akses ke benteng dikunci sampai matahari terbit.

“Jika seseorang memasuki benteng setelah matahari terbenam, mereka tidak akan pernah keluar lagi,” kata penduduk setempat.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry