Ramuan Air Kelapa, Jeruk Nipis, dan Garam Bisa Sembuhkan Covid-19? Dokter: Palsu!

Ramuan Air Kelapa, Jeruk Nipis, dan Garam Bisa Sembuhkan Covid-19? Dokter: Palsu!
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Banyak informasi tidak valid yang berhubungan dengan pandemi Covid-19 yang beredar melalui media sosial dan aplikasi perpesanan instan. Mulai dari kabar hoax bahwa Covid-19 adalah konspirasi hingga ramuan herbal yang bisa menyembuhkan pasien Covid-19. Teranyar adalah kabar bahwa ramuan air kelapa, jeruk nipis, dan garam bisa menyembuhkan penyakit Covid-19.

Informasi tidak valid itu beredar melalui WhatsApp. Disebutkan bahwa ramuan herbal itu bisa membasmi virus Corona hanya dalam waktu 1 jam. Dan banyak orang tergoda untuk melakukannya.

Ramuan Air Kelapa, Jeruk Nipis, dan Garam Bisa Sembuhkan Covid-19? Dokter: Palsu!
(Foto: Crello)

Menurut pakar, informasi ini sama sekali tidak benar. Alih-alih menyembuhkan, tambahan garam pada ramuan itu justru bisa menyebabkan efek yang buruk.

“Ini klaim palsu. Yang tidak palsu adalah memakai masker, menghindari kerumunan, dan divaksinasi. Kemudian sering minum air kelapa. Itu baru sehat dan bisa menurunkan tekanan darah,” tegas Ketua Satgas COVID-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof. Zubairi Djoerban, seperti dikutip dari akunTwitter-nya, Rabu (21/7).

Anak Muda Indonesia, Jangan Anggap Remeh Covid-19! Sudah Banyak yang Kritis!

Menurut spesialis gizi klinik, dr. Sheena RA, M.Gizi., SpGK, hingga kini belum ditemukan makanan atau minuman apa pun yang secara ilmiah bisa dibuktikan sebagai obat Covid-19.

“Sampai saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa ada jenis makanan atau minuman atau ramuan tertentu yang bisa menghilangkan Covid-19,” jelasnya seperti dikutip YUKK dari detikHealth.

Memang benar bahwa air kelapa mengandung banyak nutrisi. Namun, itu tidak berarti bahwa air kelapa adalah obat pembasmi virus. Justru jika dicampurkan dengan garam, ramuan ini berimbas buruk bagi tubuh.

Ilustrasi (Foto: Freepik)

“Air kelapa memang memiliki kandungan yang baik seperti karbohidrat, protein, dan beberapa vitamin serta mineral. Air kelapa juga merupakan sumber elektrolit yang baik, sehingga bagi pasien Covid-19 yang mengalami mual, muntah, ataupun diare, air kelapa dapat dijadikan sebagai pengganti air dan elektrolit,” terangnya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry