Pertama di Dunia: Bayi di Irak Lahir dengan Tiga Penis

News | 6 April 2021
Pertama di Dunia: Bayi di Irak Lahir dengan Tiga Penis
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Seorang bayi di Duhok, bagian utara Irak, menjadi buah bibir. Dia lahir dengan sebuah keadaan yang sangat langka, yaitu triphallia. Dia tercatat sebagai bayi pertama di dunia yang lahir dengan 3 penis.

Dikutip YUKK dari The Indian Express, kasus ini telah diteliti oleh tim ilmuwan yang dipimpin oleh Dr. Shakir Saleem Jabali. Hasilnya telah dipublikasikan dalam International Journal of Surgery Case Reports(IJSCR).

Thriphallia (3 penis) adalah sebuah kondisi yang belum pernah dilaporkan hingga saat ini. Penelitian lebih lanjut yang melibatkan tim dari multidisiplin sangat dibutuhkan.” Demikian bunyi laporan penelitian ini.

Pertama di Dunia: Bayi di Irak Lahir dengan Tiga Penis
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Kasus ini mulai diketahui ketika orang tua sang bayi menyadari adanya pembengkakan di area skrotum atau kantung yang berada di sekitar penis. Mereka langsung membawa sang bayi ke rumah sakit. Baru di rumah sakit, setelah melakukan pemeriksaan, dokter sadar bahwa di area reproduksi bayi itu ada 3 penis.

Para dokter segera melakukan operasi pengangkatan penis. Mereka juga sempat memeriksa apakah bayi itu terpapar obat-obatan tertentu selama masa kehamilan sang ibu. Juga dicari tahu riwayat gentik keluarganya. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa semuanya normal. Dengan demikian, hingga saat ini, dokter belum mengetahui secara pasti penyebab triphallia ini.

Pertama di Dunia: Bayi di Irak Lahir dengan Tiga Penis
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Sebelum kasus ini, seperti dikutip dari Science Direct, belum ada laporan medis apa pun tentang triphallia. Itu berarti bahwa bahwa bayi asal Irak ini menjadi yang pertama yang punya tiga kemaluan. Meskipun demikian, dia bukanlah bayi pertama yang lahir dengan lebih dari 1 penis. Dunia medis mencatat bahwa ada 100 bayi yang lahir dengan kondisi diphallia atau punya 2 penis.

Diphallia adalah sebuah kondisi genetik dimana seseorang lahir dengan 2 penis. Kondisi ini pertama kali dilaporkan oleh Johannes Jacob Wecker, seorang dokter asal Swiss, pada 1609 silam. Orang dengan kondisi diphallia ini, seperti dilansir Healthline, kerap mengalami cacat bawaan lainnya, termasuk masalah pencernaan dan saluran kemih.

Pertama di Dunia: Bayi di Irak Lahir dengan Tiga Penis
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Pada umumnya, bayi dengan kondisi diphallia memiliki kelainan pada penis, skrotum, atau testis. Sebanyak 80—99% bayi dengan diphallia akan memperlihatkan kondisi penis yang terbagi menjadi dua bagian (penile duplication). Atau juga skrotum yang terbagi menjadi dua bagian (cleft scrotum).

Hingga saat ini, para ilmuwan tidak punya gambaran yang jelas tentang apa penyebab kondisi triphallia ini. Tidak cukup banyak kasus yang bisa dijadikan rujukan. Dengan demikian, tidak ada tindakan pencegahan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry