Perhatikan Ini: Jangan Langsung Makan Berat Ketika Berbuka Puasa!

Jangan makan berat saat berbuka puasa
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Tidaklah mudah untuk menahan lapar dan haus selama 12—13 jam. Ada banyak tantangan dan godaan. Baik dari lingkungan, maupun dari dalam diri sendiri. Oleh karena itu, dibutuhkan niat dan komitmen yang tinggi untuk menjalankan puasa secara penuh.

Ada yang berhasil berpuasa seharian. Tidak makan dan minum lagi sejak sahur hingga waktu berbuka puasa tiba. Namun, tidak sedikit juga yang gagal pada hari pertama puasa.

Jangan makan berat saat berbuka puasa
(Foto: Istimewa)

Lepas dari persoalan bahwa ada yang tidak menjalankan puasa secara penuh, yang menarik untuk diperhatikan adalah apa yang dimakan dan diminum pada waktu berbuka puasa. Ada yang berbuka puasa dengan minuman manis dan kudapan manis. Namun, ada banyak orang yang langsung “makan berat” ketika berbuka puasa karena tidak lagi sanggup menahan rasa lapar.

Para ahli kesehatan tidak menyarankan orang untuk langsung makan berat ketika berbuka puasa. Mengapa? Karena perut harus beradaptasi dengan makanan setelah kosong selama lebih dari 12 jam.

“Menu berbuka puasa yang baik awalnya harus ringan terlebih dahulu. Usus dan lambung kita sudah istirahat selama 14 jam. Bila lansung makan atau minum banyak, besar kemungkinan terjadi mual,” kata dr. David Fadjar Putra, MS., SpGK dari Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan, seperti dilansir detikHealth.

Jangan makan berat saat berbuka puasa
Kurma (Foto: Istimewa)

Ketika berbuka puasa, sangat disarankan untuk mengonsumsi minuman manis dan makanan kecil seperti kurma dan buah-buahan. Minuman manis seperti teh manis hangat akan meningkatkan kadar gula darah yang sempat rendah karena tidak adanya asupan makanan seharian. Sebaiknya diminum secara perlahan dan sedikit demi sedikit.

Kalau begitu, kapan orang bisa makan berat? Menurut dr. Eni Gustina, MPH, Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan (Kemenkes), seperti disampaikan dalam akun Twitter resmi Kemenkes, sebaiknya makan besar dilakukan setelah salat tarawih.

Jangan makan berat saat berbuka puasa
Menu makan malam (Foto: Istimewa)

“Makam malam setelah salat tarawih sangat boleh. Kita seharian sudah puasa. Kadang remaja putri yang sering berpikir habis salat tarawih tidak usah makan malam karena takut gemuk. Itu tidak benar. Kita bisa kekurangan energi. Menu makannya pun harus bergizi seimbang. Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah,” tulis dr. Eni.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry