Perempuan, Begini Cara Sederhana Meredakan Nyeri Haid

Cara meredakan nyeri haid
Ilustrasi (Foto: Freepik.com)

Setiap kali haid, ada beberapa perempuan yang mengalami rasa nyeri yang hebat; rasa nyeri yang benar-benar mengganggu. Namun, mereka tidak tahu bagaimana meredakan rasa nyeri itu. Tidak sedikit dari mereka yang mengabaikannya.

Rasa nyeri muncul karena terjadi kontraksi di rahim. Kontraksi itu, dilansir Mayo Clinic, sebuah organisasi medis nonprofit, berfungsi membuang dinding rahim yang menebal selama menstruasi. Adalah prostaglandin, zat mirip hormon, yang memicu kontraksi tersebut.

Lalu bagaimana meredakan rasa nyeri itu? Dirangkum dari beberapa sumber, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan:

Olahraga

Cara meredakan nyeri haid
(Foto: Freepik.com)

Siapa bilang saat haid kamu tidak boleh olahraga? Situs Everyday Health mencatat bahwa ketika kamu melakukan berbagai jenis latihan aerobik, tubuh memompa lebih banyak darah dan membantu melepaskan endorfin untuk “melawan” prostaglandin. Dengan demikian, rasa nyeri haid bisa berkurang.

Kompres dengan air hangat

Cara meredakan nyeri haid
(Foto: Istimewa)

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah mengompres perut dengan air hangat untuk merilekskan otot yang berkontraksi di rahim, yang menjadi penyebab nyeri haid kamu. Jika tidak, kamu bisa mengisi botol dengan air hangat dan menempelkannya pada perut hingga nyeri haid reda.

Minum teh herbal

Cara meredakan nyeri haid
(Foto: Freepik.com)

Ketika nyeri haid muncul, minumlah teh herbal. Hasil sebuah penelitian yang telah dipublikasikan melalui Journal of Agriculture and Chemistry menunjukkan bahwa teh herbal, terutama teh kamomil, mengandung pereda nyeri.

“Ini adalah salah satu dari semakin banyak penelitian yang memberikan bukti bahwa produk alami yang umum digunakan benar-benar mengandung bahan kimia yang mungkin memiliki manfaat medis,” kata Elaine Holmes, PhD, seorang ahli kimia dari Imperial College of London.

Cukup vitamin D

Cara meredakan nyeri haid
Ikan adalah salah satu sumber vitamin D (Foto: Freepik.com)

Kamu harus tahu bahwa vitamin D punya banyak manfaat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin D dalam dosis tinggi dapat menurunkan rasa nyeri haid. Dalam penelitian itu, seperti dilansir health.com, 40 wanita dibagi ke dalam 2 kelompok: kelompok pertama menerima obat oral dengan dosis 300 ribu IUs vitamin D3 dan yang lain meminum obat tiruan lima hari sebelum jadwal haid mereka tiba. Hasilnya? Kadar rasa nyeri mereka yang meminum vitamin D3 turun 41 persen. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan tubuhmu akan vitamin D.

Pijat

Cara meredakan nyeri haid
(Foto: Freepik.com)

Dilansir dari Health Line, memijat bagian-bagian tertentu di abdomen, samping dan punggung, bisa mengurangi nyeri haid. Memijat dengan minyak esensial, misalnya, dengan wewangian seperti lavender juga bisa membantu meredakan rasa nyeri.

Akupunktur

Cara meredakan nyeri haid
(Foto: Shutterstock)

Apakah akupunktur dapat mengurangi rasa nyeri? Para peneliti dari Oriental Hospital di Korea Selatan sudah melakukan penelitan sebanyak 10 kali pada 944 perempuan. Dari penelitian itu mereka menemukan bahwa akupunktur memiliki efek positif untuk nyeri haid.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry