Tips Jualan Lebih Atraktif & Menarik Pakai Instagram Live!

Penggunaan fitur instagram live untuk pemasaran

Ada banyak fasilitas yang dapat Anda manfaatkan ketika menggunakan Instagram untuk pemasaran produk. Instagram Live menjadi salah satu di antaranya. Namun, bagaimana Instagram Live dapat digunakan untuk pemasaran produk? 

Instagram Live merupakan fitur yang memungkinkan Anda untuk melakukan siaran live yang bersifat publik. Penggunaannya membantu Anda dalam menjangkau audiens lebih luas. Tidak hanya terbatas para follower, tetapi juga pengguna Instagram secara menyeluruh.

Alasan Harus Memanfaatkan Instagram Live untuk Pemasaran Produk

Ada 3 alasan utama yang membuat Anda perlu mempertimbangkan pemanfaatan Instagram Live sebagai sarana pemasaran produk secara digital, yakni: 

Instagram Live Lebih Interaktif dan Menarik

Konten dalam bentuk siaran langsung seperti Instagram Live saat ini tengah populer. Hubspot mengungkapkan, pengguna internet menonton lebih dari 1,1 juta miliar jam video live pada 2019. Selain itu, 82% audiens lebih suka menyaksikan konten berupa siaran langsung di media sosial. 

Konten Live Streaming Efektif dalam Mendorong Engagement

Instagram Live membantu Anda untuk dapat melakukan interaksi lebih dekat dengan para follower. Alasan inilah yang membuat para brand besar seperti Nike, Unilever, maupun Disney memanfaatkan Instagram Live sebagai sarana pemasaran. 

Meningkatkan Tingkat Kepercayaan Terhadap Brand

Pemasaran produk menggunakan siaran langsung efektif dalam meningkatkan kepercayaan para pelanggan. Lewat Instagram Live, para follower berkesempatan untuk menyaksikan konten video yang autentik. Oleh karenanya, pengguna media sosial lebih suka konten video live dibandingkan konten foto di feeds.

Tips Menggunakan Instagram untuk Pemasaran Produk yang Efektif

Tips menggunakan Instagram Live sebagai sarana pemasaran

Dengan memperhatikan manfaatnya yang begitu besar, Anda dapat menyadari pentingnya penggunaan Instagram Live dalam strategi pemasaran produk, kan? Lalu, bagaimana Anda bisa menerapkan penggunaan Instagram Live dalam memasarkan produk?

Ada berbagai cara dan tips yang bisa Anda lakukan ketika ingin menggunakan Instagram Live sebagai sarana pemasaran, yakni: 

Pilih Waktu yang Tepat

Tujuan utama melakukan siaran langsung adalah agar para follower Anda bisa menyaksikan acara tersebut dan berpartisipasi di dalamnya. Oleh karena itu, Anda perlu menentukan waktu pelaksanaan siaran live yang tepat biar bisa diikuti oleh banyak orang. 

Lalu,  kapan momen yang bisa Anda pilih untuk melakukan siaran Live di Instagram?  

Untuk aktivitas live shopping, momen yang terbaik adalah dengan mengadakannya petang hari, setelah pukul 6. Selain itu, Anda perlu tahu kalau live pada tengah pekan, seperti hari Rabu atau Kamis, cenderung memperoleh viewership rates lebih tinggi dibandingkan akhir pekan. 

Lakukan Siaran Live Secara Autentik

Kelebihan utama dari Instagram Live adalah membuat para follower untuk melihat penampilan Anda secara autentik. Oleh karena itu, Anda perlu mengedepankan sikap yang terbuka dan jujur saat tampil di depan kamera. Bukan sikap yang dibuat-buat. 

Selain itu, usahakan untuk mengajak follower untuk berinteraksi. Caranya, Anda perlu menghadap secara langsung ke kamera. Bukan dengan membaca catatan yang ada di tangan. 

Ajak Audiens untuk Berinteraksi

Instagram Live menjadi sarana untuk Anda dapat mengajak para audiens melakukan interaksi. Cara yang dapat Anda lakukan untuk mendorong audiens agar mau berinteraksi sangat beragam.

Anda bisa saja memberikan pertanyaan atau menyapa para audiens yang tengah menonton. Selain itu, ada pula pertimbangan lainnya dengan menggunakan polling dan mendorong audiens untuk terlibat di dalamnya. 

Ide Konten yang Menarik

Terakhir, Anda perlu menentukan ide konten yang dapat menarik perhatian audiens. Anda bisa memilih ide konten tersebut dengan menempatkan diri sebagai seorang follower. Pada situasi tersebut, Anda pun bisa mengetahui alasan kenapa follower perlu menonton acara live yang Anda adakan. 

Contoh Strategi Pemasaran Lewat Instagram Live

Ada beberapa contoh strategi pemanfaatan Instagram Live untuk pemasaran produk yang dilakukan oleh brand ternama dunia. Di antaranya adalah: 

Tur Virtual oleh Disney

Pertama, Anda dapat meniru strategi live streaming Disney yang mengajak para pengguna Instagram untuk melakukan tur virtual ke taman hiburan mereka. Lewat strategi ini, para pengguna Instagram dapat mengetahui situasi taman hiburan milik Disney tanpa perlu secara langsung mengunjunginya. 

Peluncuran Produk Baru oleh Nike

Ada pula contoh strategi peluncuran produk terbaru secara live di Instagram ini bisa Anda lihat pada strategi brand sepatu dunia, Nike. Nike memperkenalkan produk terbarunya seperti Air Jordan 11 Retro Low “Cool Grey” dan Air Jordan 36 lewat Instagram Live. Strategi ini efektif dalam membangun hype produk tersebut. 

Sesi Q&A oleh Unilever

Anda bisa pula melihat bagaimana penyelenggaraan Q&A session oleh Unilever. Unilever memanfaatkan Instagram Live sebagai sarana untuk menyiarkan acara-acara khusus, termasuk di antaranya adalah tanya jawab dengan pakar.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bagaimana Instagram Live dapat digunakan untuk pemasaran produk, kan? Lewat pemanfaatan yang tepat, Instagram Live bisa mendongkrak angka penjualan produk bisnis Anda secara efektif dan efisien. 

Demi kelancaran strategi pemasaran lewat Instagram Live, Anda perlu melakukan persiapan secara matang. Anda tidak cuma perlu mempersiapkan koneksi internet yang andal. Namun, perhatikan pula kemudahan dalam hal pembayaran. Dengan begitu, Anda tak mengalami kerepotan ketika ada lonjakan transaksi secara tiba-tiba. 

Salah satu tool yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu proses pembayaran adalah YUKK Payment Gateway. Dengan YUKK Payment Gateway, Anda bisa menyediakan beberapa metode cara pembayaran sekaligus yang praktis dan modern

Yuk, manfaatkan YUKK Payment Gateway untuk kemudahan cara pembayaran!

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry