Prospek Bisnis Jualan Sayur dan Buah, Bisa Untung Besar Nih!

Peluang bisnis jualan sayuran dan buah

Bisnis seperti apa yang menjanjikan cash flow yang cepat dan menguntungkan? Salah satu pertimbangannya, Anda dapat memilih peluang bisnis jualan sayuran dan buah. Kalau mampu menjalankan usaha ini dengan benar, Anda berpeluang memperoleh keuntungan dengan porsi cukup tinggi untuk setiap buah yang berhasil terjual.

Baca juga: 20+ Ide Usaha yang Terbukti Laku dan Tidak Pernah Sepi Pelanggan

Tren Peluang Bisnis Jualan Sayuran dan Buah

Memiliki usaha berupa toko sayuran dan buah termasuk salah satu peluang bisnis menjanjikan. Ada beberapa alasan yang membuat usaha ini memiliki prospek yang positif di antaranya: 

  • Tingkat konsumsi yang cukup tinggi. Survei Jakpat pada 2023 memperlihatkan, lebih dari 50% generasi muda di Indonesia memiliki kebiasaan makan buah dan sayur setiap hari.
  • Indonesia terkenal dengan tanah yang subur menjadi surga bagi para pencinta buah dan sayur. Anda pun punya banyak pilihan ketika ingin menjual produk buah serta sayur segar kepada para pelanggan. 
  • Tren gaya hidup sehat yang berkembang begitu pesat di Indonesia. Penerapan gaya hidup sehat akan mendorong masyarakat untuk banyak mengonsumsi buah serta sayur segar. 

Estimasi Modal dan Proyeksi Keuntungan Bisnis Jualan Sayur dan Buah

estimasi modal untuk membuka usaha toko sayuran dan buah

Buat Anda yang memiliki ketertarikan dalam menjalankan peluang bisnis jualan sayuran dan buah, pastikan untuk memahami kebutuhan modal dan proyeksi keuntungannya dulu. Tujuannya jelas. Biar Anda bisa melakukan penilaian secara objektif, apakah jualan sayur dan buah menawarkan untung yang menjanjikan atau tidak. 

Estimasi Modal Bisnis Jualan Sayur dan Buah

Untuk kebutuhan usaha toko sayur dan buah, Anda perlu mempersiapkan modal awal sebagai berikut: 

  • Sewa toko: Rp15.000.000 per tahun
  • Stok awal sayur dan buah: Rp25.000.000
  • 2 unit lemari es @Rp2,5 juta: Rp5.000.000
  • Rak buah dan sayur: Rp4.000.000
  • Timbangan dan peralatan lain: Rp1.000.000
  • Papan reklame: Rp400.000
  • Total: Rp50.400.000

Dari angka tersebut, Anda dapat meminimalkan penggunaan dana untuk sewa toko dengan memanfaatkan ruang yang ada di rumah. Hanya saja, Anda tetap perlu mengalokasikan dana untuk renovasi sehingga ruang tersebut bisa digunakan sebagai lokasi usaha. 

Alternatif lain, Anda tidak perlu mengalokasikan dana untuk sewa tempat. Sebagai gantinya, Anda hanya melayani pemesanan buah secara online. Jadi, Anda hanya perlu menggunakan ruang yang ada di rumah untuk sarana penyimpanan stok. 

Baca juga: Ingin Sukses Bisnis dengan Modal Kecil? Ini Tips Memulainya!

Proyeksi Keuntungan Bisnis Jualan Sayur dan Buah

Misalnya,dalam satu hari Anda berhasil menjual buah dengan nilai mencapai Rp500.000 dan sayur di kisaran Rp300.000. Jadi, dalam satu hari Anda memperoleh penghasilan kotor senilai Rp800.000. Maka, dalam jangka sebulan Anda bisa mendapatkan omzet mencapai Rp24 juta. 

Kalau dari jumlah tersebut Anda mengambil profit sebesar 20%, maka nilai keuntungan yang bisa didapatkan cukup besar. Setiap bulannya, Anda membawa pulang profit dengan nilai mencapai Rp4,8 juta. 

Peluang bisni jualan sayuran dan buah yang Anda jalankan pun bisa semakin meningkat seiring dengan produk tambahan yang ditawarkan. Sebagai contoh, Anda dapat menyediakan menu sup buah, jus buah, jus buah dan sayur, dan lain sebagainya. 

Risiko dan Tantangan Bisnis Jualan Sayuran dan Buah

resiko dan tantangan usaha toko buah dan sayuran

Bisnis jualan sayuran dan buah memang menawarkan peluang keuntungan menjanjikan. Hanya saja, Anda tetap perlu hati-hati ketika menjalankannya. Apalagi, ada beberapa risiko serta tantangan yang perlu Anda hadapi saat memiliki bisnis jualan sayuran dan buah, di antaranya adalah: 

Cara Penyimpanan

Pelaku usaha toko buah dan sayuran harus memiliki pengetahuan yang mencukupi terkait cara penyimpanan barang yang baik. Salah-salah, stok barang dagangan yang Anda simpan di gudang cepat membusuk sehingga tak laku dijual. Selain itu, perhatikan pula aspek kebersihan. Jangan sampai ada tikus berkeliaran di tempat penyimpanan buah dan sayur. 

Pengecekan Rutin

Anda memang telah menjalin kerjasama dengan penyuplai buah dan sayur segar dalam waktu yang lama. Meski begitu, Anda tetap perlu melaksanakan pengecekan barang secara berkala. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa pihak penyuplai memiliki itikad baik dalam menjaga kualitas barang yang mereka kirim. 

Tak Semua Buah Tersedia Sepanjang Tahun

Ketika menjalani profesi sebagai penjual buah dan sayur, Anda harus paham kalau tak semua buah bakal tersedia di sepanjang tahun. Ada kalanya buah yang hanya bisa ditemukan di pasaran pada musim-musim tertentu. 

Fluktuasi Harga yang Cukup Tinggi

Permasalahan yang kerap menimbulkan gangguan bagi para pelaku usaha toko buah dan sayur adalah fluktuasi harga di pasaran. Buah-buahan dan sayur dapat dengan cepat mengalami perubahan harga. Oleh karenanya, Anda tidak bisa melakukan penyimpanan barang dalam jangka panjang. 

Cara Memulai Bisnis Jualan Sayuran dan Buah

Untuk membantu Anda dalam memanfaatkan peluang usaha toko sayuran dan buah, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan: 

Riset Pasar

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan melaksanakan riset pasar. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa besar peluang yang bisa Anda manfaatkan. Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu jenis buah dan sayuran yang memiliki potensi penjualan tinggi. 

Lokasi Bisnis

Selanjutnya, Anda perlu menetapkan lokasi usaha. Apakah Anda ingin menyewa toko atau menggunakan rumah? Selain itu, pertimbangkan pula skema toko buah dan sayur yang menerima pemesanan hanya secara online. 

Namun, kalau Anda punya modal cukup besar, keberadaan tempat usaha yang strategis sangatlah penting. Usahakan untuk memilih tempat yang berada tidak jauh dari rumah sakit, sekolah, atau pusat keramaian lain. 

Tentukan Penyuplai Buah dan Sayur Berkualitas

Langkah berikutnya adalah memilih penyuplai buah dan sayur dengan tepat. Jangan sembarangan memilih. Pastikan Anda tahu sumber dari buah serta sayuran tersebut.

Anda bisa melakukan pembelian secara grosir dari berbagai sumber. Sebagai contoh, Anda dapat menghubungi pihak petani secara langsung. Ada pula pilihan untuk memperoleh suplai dari perkebunan buah serta pedagang grosir. 

Pengecekan Rutin

Kualitas harus Anda jaga dengan benar. Oleh karenanya, Anda perlu memastikan kualitas dari setiap pengiriman barang dari penyuplai. Caranya sederhana. Anda dapat meluangkan sedikit waktu dan memeriksa setiap pengiriman buah. Tujuannya untuk memastikan bahwa setiap buah dan sayur yang dikirim dalam kondisi segar dan tidak busuk

Strategi Pemasaran

Upaya pemasaran jangan sampai Anda lupakan. Cara pemasaran yang efektif tidak hanya dengan membuka toko di pinggir jalan dan memasang reklame. Ada pula pertimbangan untuk memasarkan produk secara digital, dengan memanfaatkan website serta media sosial

Baca juga: Ini 8 Rahasia Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM, Mau Tau?

Pertimbangkan untuk Menyediakan Fasilitas Ekstra

Salah satu contoh fasilitas ekstra dalam memanfaatkan peluang usaha toko sayuran dan buah adalah layanan antar. Dengan layanan ini, pelanggan cukup melakukan pemesanan secara online dan menunggu kedatangan barang belanjaannya di rumah. 

Dengan berbagai penjelasan lengkap tersebut, Anda jadi tahu kalau usaha toko buah dan sayur sangat menguntungkan, bukan? Selanjutnya, pertimbangkan untuk memakai layanan pendukung seperti YUKK Payment Gateway untuk membantu kelancaran operasional usaha. 

YUKK Payment Gateway menyediakan sarana pembayaran yang praktis dan modern kepada para pelanggan. Dengan YUKK Payment Gateway, konsumen bisa melakukan pembayaran dari mana saja dan kapan saja. 

Permudah Proses Transaksi dengan YUKK Payment Gateway

Dalam menghadapi tuntutan transaksi keuangan yang lebih cepat dan efisien, kehadiran YUKK Payment Gateway menjadi solusi yang sangat tepat untuk para pengusaha sayur dan buah. YUKK Payment Gateway memberikan kemudahan bagi pembeli untuk melakukan pembayaran secara online dengan cepat dan aman. Dengan menggunakan YUKK Payment Gateway, pelaku usaha dapat mempermudah transaksi pembeli karena dapat membayar pesanan sayur dan buah secara online, tanpa harus repot-repot membawa uang tunai.

Menggunakan layanan pembayaran dari YUKK Payment Gateway bukan hanya inovasi transaksi keuangan, melainkan juga merupakan strategi untuk meningkatkan daya saing bisnis. YUKK Payment Gateway tidak hanya memberikan kemudahan untuk para pelanggan, tetapi juga membuka peluang ekspansi pasar melalui platform online. Dengan berfokus pada pembayaran yang efisien, pengusaha sayur dan buah dapat memberikan nilai tambah kepada pelanggan, menciptakan hubungan yang kuat, dan bersaing secara lebih efektif di pasar yang terus berubah dan kompetitif.

Dengan berbagai penjelasan lengkap tersebut, Anda jadi tahu bahwa usaha toko buah dan sayur sangat menguntungkan. Maka, pertimbangkanlah untuk memakai layanan pendukung seperti YUKK Payment Gateway untuk membantu kelancaran operasional usaha. YUKK Payment Gateway menyediakan sarana pembayaran yang praktis dan modern kepada para pelanggan. Dengan YUKK Payment Gateway, konsumen bisa melakukan pembayaran dari mana saja dan kapan saja.

0
like
1
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry