Jalanin Usaha Salon & Barbershop, Peluangnya Gimana Ya?

peluang usaha salon dan barbershop

Banyak opsi yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih untuk menjadi seorang pengusaha. Buat Anda yang ingin berkecimpung dalam usaha jasa, ada peluang usaha salon dan barbershop yang saat ini menawarkan prospek cukup menjanjikan. Apalagi, bisnis salon dan barbershop khusus untuk pria saat ini tengah naik daun. 

Baca juga: 20+ Ide Usaha yang Terbukti Laku dan Tidak Pernah Sepi Pelanggan

Tren dan Kelebihan Usaha Salon dan Barbershop

Barbershop memiliki perbedaan jika Anda bandingkan dengan tukang cukur tradisional maupun salon biasa. Salon konvensional umumnya menawarkan layanannya bagi para wanita. Sementara itu, jasa tukang cukur tradisional memiliki layanan yang terbatas hanya pada cukur rambut, tanpa layanan lain seperti creambath maupun keramas. 

Tren bisnis salon dan barbershop khusus untuk pria pun terus memperlihatkan hal yang positif. Barbershop banyak tumbuh  di kawasan perkotaan dan menggeser keberadaan salon maupun tukang cukur tradisional. Keberadaannya pun mendapat sambutan baik dari para pelanggan karena mampu memberi kenyamanan lebih baik. 

Selain itu, Anda bisa memperoleh beberapa kelebihan ketika menjalankan peluang usaha salon dan barbershop, yakni: 

Pangsa Pasar yang Luas dan Terus Mengalir

Kelebihan pertama dari usaha salon dan barbershop adalah tingkat kebutuhannya yang tinggi. Apalagi, target pemasaran usaha Anda tidak hanya bisa menyasar pada kelompok orang dewasa pria, tetapi juga anak-anak. Tak hanya mencukur rambut, Anda dapat pula menyediakan jasa lain seperti perawatan kulit, cukur jenggot, creambath, dan lain-lain. 

Peluang Keuntungan Cukup Besar

Anda bisa mendapatkan untung besar saat menjalankan usaha salon dan barbershop. Apalagi, peluang usaha ini menjanjikan margin profit yang tinggi karena berbasis sebagai layanan jasa. Tingkat penghasilannya pun bisa meningkat drastis kalau Anda berhasil mendapatkan pelanggan loyal. 

Estimasi Modal Peluang Usaha Salon dan Barbershop

Estimasi Modal Peluang Usaha Salon dan Barbershop

Bagi Anda yang mempunyai ketertarikan tinggi dalam menjalankan usaha barbershop, pastikan untuk mengetahui perhitungan modalnya. Sebagai informasi, berikut ini adalah estimasi perhitungan kebutuhan modalnya:

  • Sewa tempat: Rp10.000.000 per tahun
  • Renovasi tempat: Rp10.000.000
  • Kursi barber 3 unit @3.000.000: Rp9.000.000
  • Set meja dengan cermin besar 3 unit @1.500.000: Rp4.500.000
  • Cermin lipat 3 buah @Rp150.000: Rp450.000
  • AC 1,5 PK: Rp5.000.000
  • Mesin cukur 3 buah @Rp400.000: Rp1.200.000
  • Sisir rambut 3 buah @Rp20.000: Rp60.000
  • Gunting sasak 3 buah @Rp80.000: RpRp240.000
  • Gunting potong rambut 3 buah @Rp50.000: Rp150.000
  • Pisau cukur 3 buah @Rp15.000: Rp45.000
  • Handuk kecil satu set: Rp200.000
  • Apron untuk penutup badan pelanggan 6 buah @Rp50.000: Rp300.000
  • Botol semprot 3 buah @Rp20.000: Rp60.000
  • Jepit buaya kecil satu pack: Rp10.000
  • Jepit buaya berukuran besar satu pack: Rp20.000
  • Mangkok sabun: Rp20.000
  • Sikat bulu: Rp100.000
  • Sapu dan pengki: Rp50.000
  • Total: Rp41.405.000

Selain biaya modal awal tersebut, Anda juga harus mempersiapkan kebutuhan biaya operasional bulanan sebagai berikut: 

  • Gaji karyawan 1 orang: Rp3.000.000
  • Listrik: Rp500.000
  • Total: Rp3.500.000

Proyeksi Keuntungan Usaha Salon dan Barbershop

Dengan modal yang cukup besar, peluang usaha salon dan barbershop juga cukup besar. Apalagi, kalau Anda mampu menjaring pelanggan setia dalam jumlah banyak. 

Misalnya, Anda mematok tarif cukur di barbershop sebesar Rp40.000 per orang. Dalam satu hari, Anda berhasil melayani setidaknya 10 orang. Jadi, total penghasilan yang Anda dapatkan setiap harinya mencapai Rp400.000. 

Dalam jangka satu bulan, Anda bisa memperoleh pemasukan kotor mencapai Rp12.000.000. Nilainya pun bisa meningkat seiring dengan adanya layanan tambahan yang Anda tawarkan kepada pelanggan. 

Anda pun memiliki peluang besar untuk mendapatkan penghasilan dari sektor lain. Misalnya, dengan menawarkan produk grooming seperti pomade. Kalau brand barbershop Anda sudah mulai terkenal, ada pula kesempatan untuk membuka kursus secara terbatas. 

Risiko dan Tantangan Usaha Salon dan Barbershop

Anda sudah bisa memahami betapa besarnya peluang keuntungan dari usaha salon dan barbershop. Namun, perhatikan pula kalau ada beberapa tantangan serta risiko yang akan Anda hadapi saat menjalankan usaha ini, yaitu: 

Tingkat Persaingan Tinggi

Tantangan pertama yang perlu Anda hadapi saat membangun usaha barbershop dan salon adalah tingkat persaingannya. Sektor bisnis ini punya tingkat persaingan tinggi. Oleh karena itu, Anda harus pintar dalam mengatur strategi usaha dapat berjalan lancar. 

Selain itu, pertimbangkan untuk memberikan layanan ekstra dan berkualitas sebagai nilai tambah. Misalnya, Anda dapat memberikan fasilitas pijat gratis kepada para pelanggan. Selain itu, pastikan pula untuk bersikap friendly kepada setiap pelanggan. 

Baca juga: Ini 8 Rahasia Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM, Mau Tau?

Modal Besar

Selanjutnya, Anda juga harus memperhitungkan kebutuhan modal yang sangat besar ketika memanfaatkan peluang usaha salon dan barbershop. Dalam sekali waktu, Anda perlu mengeluarkan modal puluhan juta rupiah untuk bisa menjalankan usaha ini. 

Baca juga: Ingin Sukses Bisnis dengan Modal Kecil? Ini Tips Memulainya!

Cara Memulai Usaha Salon dan Barbershop

Cara Memulai Usaha Salon dan Barbershop

Untuk membantu Anda yang memang memiliki ketertarikan tinggi dalam memanfaatkan peluang usaha salon dan barbershop, berikut ini adalah langkah-langkah memulainya: 

Bekali Diri dengan Keahlian sebagai Penata Rambut

Saat menjalankan usaha barbershop, Anda tidak hanya cukup memiliki kemampuan dalam mencukur rambut. Namun, Anda harus punya keahlian sebagai seorang penata rambut. Kalau perlu, Anda bisa mengajukan sertifikat penata rambut untuk membangun kredibilitas usaha di mata pelanggan. 

Baca juga: Biar Langgeng, Ini Tips Rahasia Bangun Merek Bisnis yang Kuat

Urus Perizinan Usaha

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pengurusan izin usaha. Anda dapat melakukannya dengan datang secara langsung ke kantor pemerintah daerah setempat. 

Baca juga: Ingin Bikin UMKM? Inilah Daftar Izin yang Wajib Kamu Siapkan!

Sewa Tempat

Berikutnya, Anda perlu mencari tempat yang strategis untuk lokasi barbershop. Usahakan untuk mencari tempat yang mempunyai keterkaitan dengan aktivitas hobi laki-laki. Misalnya, Anda bisa mencari lokasi yang ada di sekitar bengkel, toko olahraga, ataupun toko hardware. 

Cek Kompetitor

Anda harus mengetahui kondisi persaingan pasar saat mulai memanfaatkan peluang usaha salon dan barbershop. Ketahui jenis layanan, kelebihan, serta kekurangan dari masing-masing kompetitor. Selanjutnya, gunakan data tersebut untuk menyediakan layanan yang lebih baik dibanding mereka. 

Siapkan Segala Kebutuhan Usaha Salon dan Barbershop

Tahap berikutnya adalah mempersiapkan berbagai kebutuhan terkait usaha. Anda perlu membelanjakan modal untuk pembelian peralatan. Selain itu, jangan lupa untuk merekrut karyawan. 

Promosi Usaha

Terakhir, mulai promosikan usaha Anda. Sebagai langkah awal, Anda bisa saja memberikan layanan cukur dengan potongan harga tertentu untuk menarik perhatian konsumen. Selain itu, jangan lupa untuk membuat akun di media sosial untuk mempromosikannya dan menjalin hubungan yang lebih dekat dengan mereka. 

Nah, itulah pengetahuan penting yang perlu Anda ketahui ketika ingin memulai peluang usaha salon dan barbershop. Usaha ini memiliki peluang yang sangat menjanjikan, bukan? Anda bisa jadi salah satu pelaku usaha yang meraih kesuksesan dalam bidang ini. 

Sebagai pelengkap, jangan lupa untuk memanfaatkan layanan YUKK Payment Gateway untuk kelancaran usaha Anda. YUKK Payment Gateway merupakan solusi cara pembayaran yang praktis dan modern untuk mempermudah proses transaksi. 

Dengan YUKK Payment Gateway sebagai metode pembayaran online, Anda bisa menyediakan berbagai opsi cara pembayaran. Pelanggan pun bisa memilih jenis cara pembayaran yang nyaman bagi mereka.

Baca juga: Gak Abal-Abal, Inilah Tips Memilih Perusahaan Payment Gateway

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry