Tak Pernah Sepi! Yuk, Intip Peluang Usaha Perlengkapan Bayi

peluang bisnis perlengkapan bayi

Ada berbagai pilihan yang bisa Anda jalankan ketika ingin memulai usaha dengan potensi tidak pernah sepi dan banjir pelanggan. Salah satu opsinya adalah dengan memanfaatkan peluang usaha perlengkapan bayi. Saat menjalankan usaha ini, Anda bakal berhadapan dengan kedatangan pelanggan yang seolah tanpa henti, lho!

Tren Peluang Usaha Perlengkapan Bayi

Membangun toko perlengkapan bayi termasuk salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan. Apalagi, tingkat kelahiran di Indonesia sangat tinggi. Dalam jangka satu tahun, angka kelahiran di Indonesia bisa mencapai 4,8 juta anak. Angka tersebut pun bakal cenderung meningkat karena kuatnya keinginan memiliki anak oleh para orang tua. 

Dengan tingkat kelahiran bayi yang cukup tinggi, maka angka permintaan terhadap perlengkapan bayi bakal mengalami peningkatan. Sebagai buktinya, Tokopedia mengungkapkan kalau produk dengan kategori untuk kebutuhan ibu dan anak jadi yang terlaris di platform marketplace tersebut. 

Selain itu, ada beberapa alasan lain yang membuat peluang usaha perlengkapan bayi begitu menarik, antara lain adalah: 

Keinginan Orang Tua untuk Memberikan yang Terbaik untuk Si Kecil

Setiap orang tua selalu mempunyai keinginan untuk memberikan hal yang terbaik bagi anak. Apalagi, kalau bayi yang hadir di tengah-tengah keluarga adalah anak pertama. Orang tua akan melakukan berbagai upaya dalam melengkapi berbagai kebutuhan si kecil. 

Tingkat Permintaan Tinggi

Faktor selanjutnya yang membuat usaha perlengkapan bayi begitu menarik adalah karena tingkat permintaan tinggi. Angka permintaan tersebut tidak hanya datang dari para orang tua. Namun, ada pula permintaan barang dari orang-orang yang ingin memberikan kado untuk bayi. 

Dapat Dikembangkan dengan Mudah

Saat menjalankan usaha perlengkapan bayi, Anda dapat mengembangkannya jadi bisnis yang lebih luas. Misalnya, Anda bisa membuka layanan sewa perlengkapan bayi. Keberadaan layanan ini secara khusus bisa Anda tujukan untuk peralatan atau kebutuhan bayi yang digunakan dalam jangka panjang dan harganya mahal. 

Estimasi Kebutuhan Modal Usaha Perlengkapan Bayi

Estimasi  Modal Bisnis Perlengkapan Bayi

Bagi Anda yang mempunyai ketertarikan tinggi dalam menjalankan usaha perlengkapan bayi, berikut ini estimasi kebutuhan modal yang perlu disiapkan: 

  • Biaya untuk sewa tempat: Rp15.000.000 per tahun
  • Renovasi tempat usaha: Rp5.000.000
  • Etalase kaca 2 buah: Rp2.000.000
  • Stok awal berbagai perlengkapan bayi: Rp25.000.000
  • Komputer admin: Rp3.000.000
  • Rak 1 buah: Rp500.000
  • Meja dan kursi 2 set: Rp1.000.000
  • Total: Rp51.500.000

Selain itu, sediakan pula biaya operasional untuk usaha perlengkapan toko. Kebutuhan dana untuk biaya operasional meliputi: 

  • Gaji karyawan 3 orang: Rp6.000.000
  • Biaya listrik dan air: Rp1.000.000
  • Biaya promosi rutin: Rp300.000
  • Total: Rp7.300.000

Proyeksi Keuntungan Usaha Perlengkapan Bayi

Dalam menjalankan usaha apapun, Anda harus memahami perhitungannya secara lengkap dan detail. Termasuk perhitungan terkait keuntungannya. Untuk peluang usaha perlengkapan bayi, secara umum margin profit yang biasa didapatkan adalah sekitar 20% dari harga penjualan. 

Perhitungan margin profit tersebut sudah mencakup berbagai pengeluaran yang dibutuhkan untuk keperluan penjualan barang. Jadi, angka tersebut muncul dengan mempertimbangkan besaran biaya operasional yang perlu Anda keluarkan setiap bulannya. 

Misalkan, dalam satu hari Anda bisa memperoleh omzet harian sekitar Rp5.000.000. Dalam jangka satu bulan, omzet tersebut bisa mencapai angka sekitar Rp75.000.000 (25 hari kerja). Dengan margin profit sebesar 20%, maka profit kotor yang bisa Anda dapatkan adalah sebanyak Rp15.000.000. 

Risiko dan Tantangan Usaha Perlengkapan Bayi

Risiko dan Tantangan Bisnis Perlengkapan Bayi

Terkait rencana membangun usaha perlengkapan bayi, Anda jangan hanya memperhatikan kelebihannya saja. Di waktu yang sama, cermati pula risiko serta tantangan yang dapat muncul, termasuk di antaranya adalah: 

Kualitas Produk

Risiko dan tantangan pertama dalam peluang usaha perlengkapan bayi adalah banyaknya produk berkualitas rendah yang beredar di pasaran. Produk-produk semacam ini mempunyai kualitas yang rendah dan dijual dengan harga sangat murah. 

Di sisi lain, para pelanggan tidak terlalu aware dengan kualitas barang maupun brand. Alhasil, banyak orang cenderung memilih barang murahan dengan kualitas yang juga sangat rendah. Alhasil, Anda sebagai pelaku usaha perlengkapan bayi perlu melakukan edukasi kepada para pelanggan. 

Kebutuhan Modal yang Relatif Tinggi

Selanjutnya, Anda perlu menyediakan modal yang relatif cukup tinggi ketika ingin memulai usaha perlengkapan bayi. Dengan kebutuhan modal yang sangat besar, Anda pun bakal mengalami kesulitan ketika ingin melakukan ekspansi bisnis. 

Baca juga: Mau Dapat Bantuan Modal UMKM dari Pemerintah? Ini Syarat & Cara Daftarnya

Butuh Ruangan yang Ekstra Besar

Dibandingkan dengan jenis usaha lain, peluang usaha perlengkapan bayi membutuhkan ruang penyimpanan yang ekstra besar. Jadi, Anda perlu mengalokasikan biaya yang cukup tinggi untuk penyewaan tempat. 

Anda memang bisa memilih untuk menyewa tempat dengan ukuran yang biasa-biasa saja. Namun, dampaknya bisa sangat signifikan. Perkembangan usaha bakal terhambat karena Anda tidak bisa menjual produk yang terlalu banyak. 

Angka Persaingan yang Tinggi

Terakhir, Anda harus berhadapan pada tingkat persaingan bisnis yang sangat tinggi. Bukan hanya toko perlengkapan bayi kecil-kecilan, tetapi juga baby shop yang telah mempunyai jaringan waralaba luas. Jadi, Anda perlu mempersiapkan strategi khusus untuk menghadapi persaingan ini. 

Baca juga: 7 Tantangan Utama Pelaku UMKM dalam Mengembangkan Usaha di Era Digital

Cara Memulai Usaha Perlengkapan Bayi

Dengan memperhatikan berbagai aspek terkait peluang usaha perlengkapan bayi, Anda sudah bisa melakukan penilaian yang objektif terhadap usaha ini. Selanjutnya, Anda dapat memulai usaha ini dengan mengikuti tahapan sebagai berikut: 

Survei Pasar

Tahap pertama Anda dapat melakukan survei pasar terhadap permintaan produk perlengkapan bayi. Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui tingkat permintaan serta jenis barang yang banyak dicari oleh para pelanggan. 

Siapkan Modal

Langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan kebutuhan modal usaha. Kalau Anda punya modal besar, dapat mempertimbangkan kerjasama dengan waralaba. Namun, kalau Anda memiliki modal yang relatif terbatas, dapat memilih untuk menjalankan usaha ini secara mandiri. 

Baca juga: Ini 8 Trik Rahasia Biar Cepat Dapat Modal Bisnis dari Investor!

Tetapkan Lokasi

Lokasi menjadi aspek penting dalam menjalankan usaha perlengkapan bayi. Jangan sekadar memilih tempat usaha yang luas. Namun, perhatikan pula lokasinya. Pertimbangkan untuk memilih tempat dengan lokasi yang strategis, mudah dijangkau, dan bisa ditemukan dengan mudah. 

Strategi Pemasaran

Terakhir, Anda dapat menerapkan strategi pemasaran secara tepat. Anda dapat menggunakan fasilitas pemasaran online melalui berbagai kanal penjualan, termasuk di antaranya adalah marketplace, media sosial, ataupun website ecommerce sendiri. 

Sekarang, Anda jadi tahu betapa besarnya peluang usaha perlengkapan bayi, kan? Biar bisa memaksimalkan peluang tersebut dengan memberikan pelayanan berkualitas. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan layanan dari YUKK Payment Gateway. 

YUKK Payment Gateway Terbaik merupakan solusi cara pembayaran yang praktis dan modern bagi para pelaku UMKM di Indonesia. Cukup dengan layanan dari YUKK Payment Gateway, Anda sudah bisa menyediakan beberapa opsi cara pembayaran online kepada para pelanggan. 

Yuk, segera manfaatkan YUKK Payment Gateway untuk kemajuan usaha Anda!

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry