Mau Usaha Jual Paket Pulsa & Internet, Emang Masih Cuan?

Peluang usaha paketan pulsa dan internet di era digital seperti sekarang sangatlah menguntungkan. Alasannya, karena pulsa dan paket kuota internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya sebagai sarana berkomunikasi, tetapi juga berlangganan berbagai aplikasi di smartphone. 

Tren Usaha Paketan Pulsa dan Internet

Besaran pengeluaran untuk pembelian pulsa masyarakat Indonesia bervariasi. Survei Populix tahun 2022 mengungkapkan, biaya pulsa dan paket internet mayoritas masyarakat sekitar Rp50 ribu sampai Rp100 ribu per bulan. Namun, banyak pula yang rela mengalokasikan pengeluaran berkisar antara Rp100 ribu hingga Rp500 ribu setiap bulan.

Tak hanya itu, aktivitas masyarakat selama berinternet juga sangat bervariasi. Mereka tidak hanya menghabiskan waktu untuk berselancar dan mencari informasi terbaru. Sebagian besar pengguna internet menggunakan perangkatnya untuk berbelanja online, streaming video, serta bermain game online yang cukup menghabiskan banyak paket data.

Selain memiliki tren yang positif, peluang usaha paketan pulsa dan internet juga menawarkan banyak kelebihan yang bisa Anda peroleh, di antaranya: 

Kemudahan dalam Cara Menjalankannya

Anda tidak akan mengalami banyak kesulitan ketika membangun usaha jualan pulsa dan paket internet. Kalau mau, Anda dapat menjalankan usaha ini sebagai bisnis sampingan, bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. 

Modal Kecil

Ketika ingin menjalankan usaha jualan pulsa dan paket internet, Anda tidak harus memiliki modal besar. Cukup dengan modal ratusan ribu rupiah, Anda sudah bisa memulai usaha ini. 

Baca juga: Ingin Sukses Bisnis dengan Modal Kecil? Ini Tips Memulainya!

Segmen Pasar yang Sangat Luas

Pulsa dan paket internet adalah kebutuhan primer. Oleh karenanya, hampir setiap orang memerlukannya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Jadi, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari pelanggan. 

Harga Terjangkau

Selanjutnya, peluang usaha paketan pulsa dan internet juga menawarkan kelebihan karena variasi harganya. Anda punya keleluasaan dalam menjual produk. Biar untungnya maksimal, Anda dapat menawarkan paket internet dan pulsa dengan nominal kecil, seperti Rp5.000, Rp10.000, ataupun Rp15.000. 

Dapat Dipadukan dengan Produk Digital Lain

Keuntungan yang tak kalah menarik adalah fleksibilitas dalam memadukan produk lain. Anda punya pertimbangan untuk menawarkan beberapa produk digital yang tidak kalah potensial. Sebagai contoh, Anda bisa membuka layanan pengisian token PLN, pembayaran tagihan air, voucher game, dan lain-lain.

Proyeksi Keuntungan Usaha Paketan Pulsa dan Internet

Faktor utama yang membuat bisnis jualan pulsa beserta paket internet memiliki prospek menjanjikan adalah pangsa pasarnya yang luas. Hanya saja, Anda perlu tahu kalau margin profit untuk penjualan pulsa dan paket internet tidak terlalu besar. Rata-rata berada di kisaran Rp1.000 per transaksi. 

Dengan margin profit tersebut, Anda bisa memperoleh keuntungan cukup besar ketika memperoleh banyak transaksi. Misalnya, dalam satu hari Anda bisa mendapatkan sebanyak 25 transaksi. Maka, penghasilan yang Anda peroleh adalah sebesar Rp25.000. Dalam satu bulan, Anda bisa memperoleh keuntungan Rp750.000. 

Estimasi Modal Usaha Paketan Pulsa dan Internet

Estimasi Modal Peluang Usaha Paketan Pulsa dan Internet

Kebutuhan modal untuk menjalankan usaha jualan pulsa dan paket internet sangatlah fleksibel. Anda dapat menyesuaikannya dengan kondisi keuangan. Kalau Anda ingin memulai usaha ini secara kecil-kecilan, perhitungan modalnya bisa sangat minimal, yakni: 

  • Modal untuk pembelian pulsa elektrik: Rp2.000.000
  • Modal untuk pembelian paket data internet: Rp3.000.000
  • Total: Rp5.000.000

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan smartphone yang dimiliki untuk keperluan transaksi. Tak perlu sewa tempat, karena Anda dapat menjalankan usaha ini secara mobile, dari mana saja dan kapan saja. 

Baca juga: M Banking Terblokir? Jangan Panik, Cek Solusinya Disini!

Namun, kalau Anda ingin memanfaatkan peluang usaha paketan pulsa dan internet dengan modal lebih besar. Ada beberapa tambahan modal yang perlu Anda sediakan, termasuk di antaranya adalah: 

  • Sewa kios: Rp5.000.000 per tahun
  • Kursi plastik: Rp150.000
  • Smartphone untuk pengisian pulsa dan paket internet: Rp1.000.000
  • Rak aksesoris smartphone: Rp300.000
  • Etalase konter HP: Rp1.500.000

Jadi, total keseluruhan adalah Rp11.950.000. Dengan modal tersebut, Anda sudah bisa mulai menjalankan peluang usaha paketan pulsa dan internet di sebuah kios kecil. 

Risiko serta Tantangan Menjalankan Usaha Paketan Pulsa dan Internet

Meski termasuk sebagai salah satu peluang usaha yang menjanjikan, bukan berarti Anda dapat menjalankan bisnis jualan pulsa dan paket internet dengan mudah. Dalam proses menjalankan usaha ini, Anda bakal berhadapan dengan beberapa risiko serta tantangan yang harus diatasi, antara lain adalah: 

Tingkat Persaingan Tinggi

Tantangan pertama yang perlu Anda perhatikan dalam usaha pulsa dan paket internet adalah kompetisi bisnis yang tinggi. Tak jarang, para pelaku usaha akan bersaing dengan menawarkan harga pulsa dan paket internet semurah-murahnya. 

Baca juga: Ini 8 Rahasia Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM, Mau Tau?

Gangguan dalam Proses Pengiriman Pulsa dan Paket Internet

Faktor yang harus Anda pertimbangkan selanjutnya adalah terkait pengiriman paket internet serta pulsa ke nomor pelanggan. Tak jarang, Anda akan berhadapan pada risiko proses pengiriman yang butuh waktu lama. Kondisi ini dapat terjadi ketika terdapat gangguan pada server. 

Margin Profit Rendah

Terakhir, Anda harus tahu kalau bisnis jualan pulsa dan paket internet memiliki margin profit yang rendah. Sebagai gantinya, Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih distributor yang tepat. 

Pemilihan distributor pulsa dan paket internet yang tepat memungkinkan Anda untuk memperoleh harga yang rendah. Dengan begitu, Anda pun bisa mematok harga jual pulsa dan paket internet dengan margin profit yang cukup tinggi. 

Cara Menjalankan Usaha Paketan Pulsa dan Internet

Cara Menjalankan Usaha Paketan Pulsa dan Internet

Selanjutnya, bagi yang tertarik untuk memulai usaha jualan pulsa dan paket internet, Anda dapat mewujudkannya dengan langkah-langkah sebagai berikut: 

Siapkan Peralatan untuk Keperluan Jualan Pulsa dan Paket Internet

Ada beberapa peralatan pendukung yang perlu Anda miliki. Pastikan ada smartphone yang siap untuk dipakai. Smartphone tersebut harus memiliki kondisi yang cukup bagus sehingga bisa dioperasikan dengan lancar. 

Sediakan Modal Awal

Selanjutnya, Anda dapat membelanjakan modal awal sesuai dengan konsep bisnis yang ingin dijalankan. Kalau berjualan pulsa dan paket internet sebagai bisnis sampingan, Anda hanya perlu membeli modal untuk stok pulsa dan paket data. 

Namun, kalau ingin menjalankan usaha ini dengan disertai tempat khusus, maka pastikan Anda sudah menemukan lokasi yang tepat. Tak perlu ruangan yang besar. Namun, pastikan kalau lokasi tersebut strategis sehingga mudah ditemukan pelanggan. 

Pilih Agen Pulsa dan Paket internet

Ada banyak opsi yang bisa Anda pilih ketika melakukan kerjasama dengan agen pulsa dan paket internet. Sebelum mengambil keputusan, ada baiknya Anda melakukan riset dan membandingkan harga dari masing-masing agen terlebih dulu. 

Sudah. Anda sudah bisa menjalankan peluang usaha paketan pulsa dan internet dengan 3 tahapan tersebut. Selanjutnya, Anda dapat melakukan promosi agar pelanggan bisa berdatangan. 

Selain itu, pertimbangkan pula menyediakan cara pembayaran yang mudah dan praktis. Solusi metode pembayaran online seperti ini bisa Anda peroleh dengan menggunakan layanan YUKK Payment Gateway. 

YUKK Payment Gateway merupakan layanan payment gateway terbaik untuk para pelaku UMKM di Indonesia. Keberadaannya membantu Anda dalam melayani pembayaran dengan lebih praktis dan modern. 

Yuk, segera gunakan YUKK Payment Gateway untuk kemajuan usaha Anda. 

Baca juga: Gak Abal-Abal, Inilah Tips Memilih Perusahaan Payment Gateway

0
like
1
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry