Prospek Besar, Bikin Usaha Kursus Keterampilan & Bahasa, Yuk!

peluang usaha kursus keterampilan dan bahasa

Usaha menjanjikan prospek untung besar memiliki karakteristik dalam menyediakan solusi untuk sebuah permasalahan. Karakteristik ini bisa Anda temukan dalam peluang usaha kursus keterampilan dan bahasa. Usaha ini menawarkan solusi bagi mereka yang ingin mencari kerja dan mendapatkan karier lebih baik. 

Prospek Usaha Kursus Keterampilan dan Bahasa

Usaha kursus keterampilan dan bahasa akan terus memiliki prospek tinggi. Alasannya, karena usaha ini memiliki kaitan secara langsung dengan perkembangan dunia kerja. Banyak orang ingin mencari keterampilan baru yang selanjutnya mereka gunakan sebagai modal untuk mencari kerja. 

Baca juga: 20+ Ide Usaha yang Terbukti Laku dan Tidak Pernah Sepi Pelanggan

Dibandingkan dengan peluang usaha lain, bisnis kursus keterampilan dan bahasa menawarkan beberapa kelebihan, di antaranya: 

Segmen Pasar yang Luas

Kursus keterampilan dan bahasa dapat Anda tawarkan kepada siapa saja. Anda bisa saja menyediakan layanan jasa ini kepada mereka yang siap terjun ke dunia kerja. Selain itu, ada pula opsi untuk menyediakan layanan kursus bagi yang saat ini sudah bekerja dan ingin menambah skill

Produk yang Bervariasi

Kelebihan berikutnya adalah dari segi produk. Anda punya keleluasaan dalam memilih produk kursus keterampilan dan bahasa yang ditawarkan. Hanya saja, pastikan kalau Anda benar-benar memiliki keahlian yang mencukupi untuk menjalankan layanan kursus tersebut. Dengan begitu, para peserta kursus bisa mendapatkan manfaatnya. 

Modal Awal yang Kecil

Tak kalah penting, peluang usaha kursus keterampilan dan bahasa bisa Anda jalankan dengan modal terbatas. Modal utama yang perlu Anda miliki saat menjalankan usaha ini adalah keterampilan yang diajarkan. Selebihnya, Anda tinggal menyediakan fasilitas penunjang untuk kenyamanan para peserta kursus. 

Baca juga: Ingin Sukses Bisnis dengan Modal Kecil? Ini Tips Memulainya!

Margin Profit Tinggi

Sebagai salah satu jenis usaha berbasis jasa, Anda bisa memperoleh margin profit tinggi dengan menjalankan peluang usaha keterampilan dan bahasa. Apalagi, kalau Anda mampu menyediakan materi kursus yang berkualitas. Para peserta kursus akan rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk menggunakan layanan Anda. 

Estimasi Modal Usaha Kursus Keterampilan dan Bahasa

Ketika menjalankan usaha kursus keterampilan dan bahasa, perhitungan modalnya dapat bervariasi. Kebutuhan modal tersebut bergantung dengan peralatan yang Anda butuhkan untuk usaha tersebut. Misalnya, untuk usaha kursus bahasa Inggris, perhitungan modalnya adalah sebagai berikut: 

  • Kursi lipat 10 unit @Rp400.000: Rp4.000.000
  • Whiteboard dan peralatan menulis: Rp200.000
  • Meja: Rp400.000
  • Total: Rp4.600.000

Selain itu, Anda juga harus memperhitungkan pengeluaran untuk biaya operasional yang meliputi: 

  • Biaya cetak modul kursus: Rp200.000
  • Alat tulis: Rp50.000
  • Listrik: Rp200.000
  • Promosi: Rp300.000
  • Total: Rp750.000

Proyeksi Keuntungan Peluang Usaha Keterampilan dan Bahasa

Proyeksi Keuntungan Peluang Usaha Keterampilan dan Bahasa

Lalu, dengan modal yang cukup kecil tersebut, seberapa besar nilai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari usaha kursus keterampilan dan bahasa? Sebagai gambaran, berikut ini adalah perhitungannya. 

Anda menjalankan layanan kursus bahasa Inggris dengan sistem paket. Setiap paket memiliki durasi selama 1 bulan dengan biaya Rp250.000. Dalam satu hari, Anda membuka sebanyak 2 sesi kelas, dan masing-masing kelas memiliki kapasitas untuk 10 orang. 

Kalau Anda mampu mendapatkan sebanyak 10 orang untuk masing-masing sesi kelas, maka omzetnya bisa cukup tinggi. Setiap bulan, Anda bisa memperoleh penghasilan rutin sebanyak Rp5.000.000. 

Dari biaya tersebut, Anda hanya perlu menyisihkan sebagian kecil untuk biaya operasional. Jadi, keuntungan bersih yang bisa Anda peroleh mencapai Rp4.250.000.  

Sebagai pelengkap, Anda dapat pula menyediakan fasilitas berbayar kepada para peserta kursus. Misalnya, menyediakan makanan dan minuman. Dengan begitu, Anda akan memperoleh pemasukan ekstra dari para peserta kursus. 

Risiko dan Tantangan Usaha Kursus Keterampilan dan Bahasa

Peluang usaha kursus keterampilan dan bahasa memang menawarkan peluang yang sangat menjanjikan. Anda bisa memperoleh margin profit tinggi dari usaha ini. Meski begitu, ada beberapa risiko serta tantangan yang perlu Anda hadapi saat menjalankan usaha ini, di antaranya: 

Tingkat Persaingan Tinggi

Faktor pertama yang dapat menghambat perkembangan bisnis kursus keterampilan dan bahasa adalah persaingan. Sektor usaha ini mempunyai tingkat persaingan yang sangat tinggi. Tidak hanya persaingan secara offline, tetapi juga munculnya para kompetitor di ranah online. 

Untuk mengatasi tantangan ini, solusi terbaiknya adalah dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Jangan hanya mengandalkan sarana pemasaran konvensional. Jangan lupa pula untuk mengimplementasikan strategi pemasaran secara digital seperti membuat website dan memanfaat berbagai media sosial. Dengan begitu, layanan kursus Anda bisa lebih dikenal luas. 

Baca juga: 7 Tantangan Utama Pelaku UMKM dalam Mengembangkan Usaha di Era Digital

Kualitas Materi

Seseorang akan melakukan riset sederhana ketika ingin mengikuti sebuah kursus keterampilan dan bahasa. Mereka akan berusaha untuk mencari layanan kursus yang mampu memberikan materi ajar sesuai kebutuhan. 

Oleh karenanya, Anda perlu cermat ketika menyusun modul ajar untuk para peserta kursus. Pastikan bahwa materi yang Anda berikan memiliki kualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja. 

Kualitas Pengajar

Anda harus pula memperhatikan keberadaan seorang pengajar yang berkualitas. Mereka adalah sosok yang melakukan interaksi secara langsung dengan para peserta kursus. 

Kedepankan pilihan pada pengajar kursus yang memiliki kemampuan mencukupi. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan kemampuan komunikasi mereka. Dengan begitu, mereka bisa menyampaikan materi dengan menyenangkan dan jelas. 

Cara Memulai Usaha Kursus Keterampilan dan Bahasa

Cara Memulai Usaha Kursus Keterampilan dan Bahasa

Untuk membantu Anda dalam memulai langkah dalam menjalankan usaha kursus keterampilan dan bahasa, berikut ini upaya yang dapat Anda lakukan: 

Bekali Diri dengan Keahlian dan Sertifikasi Terkait 

Bekal keahlian saja tidak cukup ketika Anda ingin memulai usaha kursus. Sebagai tambahan, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memperoleh sertifikasi keahlian dari lembaga yang memiliki kredibilitas tinggi. Keberadaannya bisa menjadi nilai lebih dibandingkan layanan kursus lain. 

Urus Perizinan Usaha

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pengurusan izin usaha. Pahami dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan. Selanjutnya, sediakan waktu untuk mengurus perizinan dengan mendatangi kantor pemerintah daerah. 

Baca juga: Tips Biar Dapat Izin Usaha dengan Cepat Tanpa Perlu Nyogok!

Riset Pasar

Tahapan penting yang tak boleh Anda lewatkan adalah adanya riset pasar. Laksanakan riset pasar secara mendalam. Tujuannya, untuk mengetahui tingkat kompetisi, materi yang diajarkan di tempat kursus lain, materi yang dibutuhkan para peserta kursus, dan lain sebagainya. 

Siapkan Segala Kebutuhan Terkait Usaha Kursus

Berikutnya, Anda dapat mempersiapkan berbagai peralatan serta perlengkapan terkait usaha kursus. Untuk menghemat modal, Anda bisa menggunakan tempat di rumah sendiri, tanpa perlu sewa. Kalau usaha sudah berkembang, Anda dapat mencari tempat lebih baik. 

Baca juga: Punya Modal Mepet untuk Usaha? Pilih 22 Ide Bisnis Rumahan Ini Saja!

Promosi Usaha Kursus

Promosi menjadi hal yang tak boleh dilewatkan. Tujuannya adalah biar Anda bisa memaksimalkan peluang usaha kursus keterampilan dan bahasa. Tak cukup dengan memasang plang di depan tempat usaha. Anda bisa pula mempertimbangkan untuk membuat akun media sosial, website, atau memasang iklan google

Evaluasi Berkala

Terakhir, Anda perlu melakukan evaluasi secara berkala. Proses evaluasi sangat penting untuk melakukan perbaikan terhadap hal-hal yang dirasa kurang. 

Itulah panduan lengkap yang bisa Anda manfaatkan ketika ingin memanfaatkan peluang usaha kursus keterampilan dan bahasa. Untuk bisa meraih kesuksesan dalam menjalankannya, Anda perlu memiliki komitmen tinggi dan berupaya memberikan pelayanan terbaik. 

Salah satu wujud pelayanan terbaik bisa Anda berikan dengan memanfaatkan layanan YUKK Payment Gateway. Layanan ini membantu Anda dalam menerima pembayaran secara lebih praktis dan efisien. Dengan YUKK Payment Gateway, para peserta kursus bisa melaksanakan pembayaran dengan berbagai opsi cara pembayaran digital.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry