Mau Usaha yang Rame & Cashflow Lancar? Jasa Laundry Saja!

peluang bisnis jasa laundry

Anda memiliki peluang sukses dengan berbagai jenis usaha. Tidak hanya usaha yang berkaitan dengan kebutuhan pokok. Anda bisa pula mendapatkannya pada layanan usaha lain, termasuk di antaranya adalah peluang usaha jasa laundry. 

Baca juga: 20+ Ide Usaha yang Terbukti Laku dan Tidak Pernah Sepi Pelanggan

Tren Peluang Usaha Jasa Laundry

Usaha jasa laundry menjadi salah satu jenis jasa yang memiliki peluang besar dan banyak dicari pelanggan. Apalagi, tidak semua orang mempunyai waktu untuk mencuci tumpukan baju kotor di rumahnya. Alhasil, mereka mencari solusi praktis dengan memanfaatkan jasa laundry. 

Tingkat kebutuhan terhadap layanan jasa laundry akan semakin meningkat kalau Anda menempatkannya di lokasi yang strategis. Anda dapat memilih lokasi usaha yang berada dekat dengan pusat permukiman warga maupun tempat kost. Alhasil, jasa laundry Anda akan ramai didatangi para pelanggan. 

Selain mempunyai tren yang positif, peluang usaha jasa laundry juga mempunyai beberapa kelebihan, di antaranya adalah: 

Dapat Dijalankan dengan Mudah

Anda tak memerlukan keahlian khusus saat ingin memulai usaha jasa laundry. Berbagai keahlian yang dibutuhkan dalam usaha laundry merupakan aktivitas yang biasa dilakukan di dalam rumah. Mulai dari mencuci baju dengan mesin cuci, melipat baju, serta menyetrika. 

Modal Kecil

Selanjutnya, Anda dapat menjalankan usaha ini tanpa harus kebingungan menyiapkan modal. Saat pertama kali memulai usaha laundry, Anda tidak harus memiliki banyak mesin cuci. Cukup dengan satu mesin saja dan selanjutnya melakukan penambahan sesuai kebutuhan. 

Baca juga: Ingin Sukses Bisnis dengan Modal Kecil? Ini Tips Memulainya!

Tingkat Permintaan Tinggi

Kebutuhan terhadap jasa laundry sangat tinggi. Apalagi, kalau Anda berada di wilayah perkotaan. Segmen pelanggan yang potensial untuk peluang usaha jasa laundry adalah orang-orang yang bekerja kantoran serta mahasiswa. 

Estimasi Modal Usaha Jasa Laundry

Estimasi Modal Bisnis Jasa Laundry

Usaha laundry dapat Anda jalankan dengan modal yang cukup terbatas. Namun, seberapa besar modal yang perlu Anda siapkan ketika ingin memulai usaha ini? Berikut ini adalah gambarannya. 

Untuk kebutuhan modal awal, Anda perlu menyiapkan beberapa hal, termasuk di antaranya adalah: 

  • Mesin cuci 2 unit @Rp4.000.000: Rp8.000.000
  • Mesin pengering: Rp1.500.000
  • Setrika 3 unit @Rp150.000: Rp450.000
  • Timbangan digital: Rp250.000
  • Renovasi ruangan: Rp1.000.000
  • Meja dan kursi: Rp300.000
  • Promosi: Rp500.000
  • Total: Rp12.000.000

Selanjutnya, Anda perlu mempersiapkan biaya operasional yang meliputi: 

  • Pembayaran tagihan listrik dan air: Rp800.000
  • Deterjen: Rp500.000
  • Pewangi: Rp200.000
  • Gaji karyawan 1 orang: Rp1.000.000
  • Transportasi: Rp200.000
  • Biaya lain-lain: Rp200.000
  • Total: Rp2.900.000

Baca juga: Mau Dapat Bantuan Modal UMKM dari Pemerintah? Ini Syarat & Cara Daftarnya

Proyeksi Keuntungan Usaha Jasa Laundry

Dengan kebutuhan modal yang relatif tidak terlalu besar, seberapa besar keuntungan yang bisa Anda peroleh dari usaha laundry? Nilainya bisa cukup besar. Apalagi, kalau Anda berhasil menggaet banyak pelanggan setia setiap bulannya. 

Misalnya, Anda mematok tarif jasa laundry per kg sebesar Rp15.000, sudah termasuk setrika. Dalam waktu satu hari, rata-rata Anda menerima permintaan mencuci baju dengan berat mencapai lebih 25 kg. Maka, dalam omzet harian yang bisa Anda peroleh mencapai angka Rp375.000. 

Kalau angka permintaan cuci baju di usaha Anda berlangsung stabil, maka dalam sebulan Anda bisa memperoleh pemasukan sebesar Rp9.375.000 (25 hari kerja). Dari jumlah tersebut, Anda mendapatkan penghasilan bersih senilai Rp9.375.000 – Rp2.900.000 = Rp6.475.000. 

Risiko dan Tantangan Usaha Jasa Laundry

Risiko dan Tantangan Bisnis Jasa Laundry

Dari proyeksi keuntungan tersebut, Anda jadi tahu kalau peluang usaha jasa laundry sangatlah menguntungkan. Namun, jangan cuma memperhatikan kelebihannya saja. Pahami pula kalau usaha ini mempunyai beberapa risiko serta tantangan, termasuk di antaranya adalah: 

Tingkat Persaingan Tinggi

Faktor pertama yang perlu Anda perhatikan saat menjalankan peluang usaha jasa laundry adalah tingkat persaingan. Usaha seperti ini sudah sangat banyak dan bahkan menjamur. Apalagi, kalau lokasinya berada di dekat kampus atau area perkantoran. 

Dengan situasi seperti itu, mau tidak mau Anda perlu memiliki nilai tambah biar dapat bersaing dengan kompetitor. Nilai tambah tersebut bisa berupa jasa antar jemput, kualitas hasil cucian, cara pelayanan, dan lain sebagainya. 

Baca juga: 7 Tantangan Utama Pelaku UMKM dalam Mengembangkan Usaha di Era Digital

Rentan Mendapatkan Keluhan

Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan risiko serta tantangan berupa banyaknya keluhan dari para pelanggan. Jenis keluhan yang bisa muncul pada layanan jasa laundry cukup beragam, termasuk di antaranya adalah: 

  • Pakaian rusak
  • Baju yang tertukar
  • Pakaian hilang
  • Baju yang masih kotor

Kualitas Pelayanan

Selain itu, kemampuan Anda dalam menjaga konsistensi kualitas layanan jasa laundry juga kerap diuji. Apalagi, ketika memasuki musim penghujan. Anda memang sudah menyiapkan mesin pengering. Namun, kapasitas mesin pengering sangat terbatas. 

Sementara itu, keberadaan sinar matahari masih menjadi fasilitas utama dalam upaya mengeringkan baju para pelanggan. Saat memasuki musim penghujan, otomatis intensitas kemunculan sinar matahari sangat berkurang. Alhasil, proses pengeringan baju para pelanggan kerap mengalami keterlambatan. 

Baca juga: Ingin Performa Bisnis Lebih Optimal? Kenali dan Terapkan SOP Ya!

Cara Memulai Usaha Jasa Laundry

Dengan memperhatikan berbagai kelebihan dan kekurangannya, Anda sudah bisa mendapatkan gambaran tentang usaha ini. Lalu, bagaimana ketika ingin memulainya? Langkah-langkahnya relatif mudah. Anda dapat memulai usaha jasa laundry dengan menjalankan tahapan sebagai berikut: 

Siapkan Kebutuhan Modal

Anda sudah memiliki estimasi modal yang diperlukan untuk memulai usaha jasa laundry. Maka, siapkan keberadaan dana tersebut dan lakukan pembelian berbagai peralatan yang dibutuhkan. 

Baca juga: Ini 8 Trik Rahasia Biar Cepat Dapat Modal Bisnis dari Investor!

Pilih Lokasi

Kalau Anda memilih untuk menjalankan usaha laundry di rumah, tahapan ini bisa dilewatkan. Namun, lain halnya kalau Anda ingin membangun usaha jasa laundry di lokasi lain. Luangkan waktu untuk secara khusus menemukan lokasi strategis, dekat kampus dan banyak rumah kost di sekitarnya. 

Pahami Tahapan Proses Pencucian dengan Benar

Tahapan selanjutnya yang harus Anda ketahui dalam menjalankan peluang usaha jasa laundry adalah pengetahuan tentang teknik mencuci yang tepat. Pahami jenis-jenis kain beserta treatment yang tepat untuk mencucinya. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pencucian dengan bersih dan meminimalkan risiko kerusakan baju. 

Perhitungkan Biaya Operasional dan Tarif

Estimasi terkait biaya operasional sudah disebutkan dalam artikel ini. Namun, Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan serta situasi di lapangan. Selain itu, jangan lupa untuk menetapkan tarif jasa cuci dengan benar. 

Berkaitan dengan penetapan tarif jasa laundry, Anda bisa menyediakan beberapa skema tarif. Misalnya, tarif jasa laundry basah, jasa laundry kering, jasa laundry setrika, dan lain sebagainya. Selain itu, tetapkan pula jasa laundry untuk pakaian yang butuh perawatan khusus. 

Evaluasi Berkala

Terakhir, Anda perlu melakukan evaluasi yang sifatnya berkala. Evaluasi ini sangat penting demi kelangsungan usaha jasa laundry. Dari proses evaluasi, Anda bisa memahami aspek yang perlu ditingkatkan. Selain itu, pertimbangkan untuk selalu mendengarkan keluhan serta masukan dari para pelanggan.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai upaya dalam memanfaatkan peluang usaha jasa laundry yang bisa Anda praktikkan. Usaha ini memang terlihat sepele. Namun, kalau Anda mampu menjalankannya dengan benar, jasa laundry bisa menjadi fondasi yang kuat untuk kerajaan bisnis Anda. 

Sebagai pelengkap, jangan lupa untuk memanfaatkan layanan YUKK Payment Gateway sebagai sarana pembayaran. Layanan ini menyediakan metode pembayaran yang praktis dan modern untuk para UMKM di Indonesia. Yuk, majukan usaha Anda bersama dengan YUKK Payment Gateway

Baca juga: Gak Abal-Abal, Inilah Tips Memilih Perusahaan Payment Gateway

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry