Mau Peluang Usaha yang Autocuan? Cuci Mobil dan Motor Saja!

Peluang usaha dengan pangsa pasar yang sangat luas memberikan peluang autocuan tinggi. Kamu punya banyak pilihan usaha yang mempunyai karakteristik seperti itu. Salah satunya adalah dengan menjalankan peluang usaha cuci mobil dan motor. 

Usaha ini menjanjikan pangsa pasar yang sangat luas, seiring dengan jumlah pengguna kendaraan bermotor di Indonesia. Apalagi, secara rata-rata setiap rumah di Indonesia mempunyai beberapa kendaraan bermotor sekaligus. 

Baca juga: 20+ Ide Usaha yang Terbukti Laku dan Tidak Pernah Sepi Pelanggan

Tren Peluang Usaha Cuci Mobil dan Motor

Di Indonesia, usaha cuci mobil dan motor akan terus meningkat. Alasannya bukan hanya karena banyaknya pemilik kendaraan bermotor. Tingkat permintaan terhadap jasa ini akan meningkat karena beberapa faktor lain, yaitu mobilitas masyarakat yang sangat tinggi. 

Mobilitas tinggi tersebut secara khusus bakal meningkatkan intensitas kedatangan pelanggan ke tempat cuci mobil dan motor. Seiring dengan meningkatnya penggunaan, kendaraan bermotor jadi lebih cepat kotor dan perlu dicuci. 

Tidak hanya itu, kamu juga perlu tahu kalau ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan saat menjalankan usaha cuci mobil dan motor, di antaranya: 

Modal Usaha yang Kecil

Memulai usaha cuci mobil dan motor dapat kamu lakukan dengan modal terbatas. Pengeluaran terbesar yang perlu kamu alokasikan saat memulai usaha cuci mobil dan motor adalah alat cuci. Meski begitu, kamu bisa menggunakan alat tersebut dalam jangka panjang. 

Baca juga: Ingin Sukses Bisnis dengan Modal Kecil? Ini Tips Memulainya!

Tak Perlu Keahlian Khusus

Selanjutnya, peluang usaha cuci mobil dan motor menawarkan kelebihan karena dapat dilakukan oleh siapa saja. Kamu tidak perlu membekali diri dengan keahlian khusus dalam menjalankan usaha ini. Jadi, usaha ini sangat sesuai bagi pelaku usaha pemula. 

Margin Profit Tinggi

Kelebihan lain yang tidak kalah penting adalah margin profit tinggi dari usaha ini. Biaya operasional yang perlu kamu keluarkan untuk menjalankan usaha cuci mobil dan motor sangat kecil. Di sisi lain, kamu bisa menawarkan jasa cuci dengan biaya yang cukup bagus.  

Estimasi Modal Usaha Cuci Mobil dan Motor

modal yang harus di keluarkan untuk bisnis cuci motor dan mobil

Untuk membantu kamu dalam menjalankan peluang usaha cuci mobil dan motor, berikut ini adalah estimasi perhitungan modal awalnya: 

  • Sewa tempat: Rp10.000.000 per tahun
  • 1 unit tangki snow wash atau tangki salju: Rp1.000.000
  • 1 unit kompresor angin 3 PK: Rp6.000.000
  • Alat penyemprot dan pembersih air: Rp1.500.000
  • 1 unit Vacuum cleaner: Rp1.000.000
  • 1 unit hidrolik mobil: Rp30.000.000
  • Total: Rp50.000.000

Selain mempersiapkan biaya untuk modal awal, kamu juga perlu memperhitungkan biaya operasional setiap bulan yang terdiri dari: 

  • Shampo wax untuk campuran salju: Rp500.000
  • Biaya listrik: Rp1.000.000
  • Maintenance peralatan: Rp300.000
  • Biaya lain-lain: Rp400.000
  • Gaji karyawan: Rp5.000.000
  • Total: Rp7.200.000

Jadi, secara keseluruhan, kamu perlu menyiapkan modal awal serta biaya operasional, sebesar Rp55.200.000. Angka ini dapat bertambah dan berkurang kalau kamu memutuskan untuk merekrut karyawan atau menggunakan tempat usaha milik sendiri. 

Proyeksi Keuntungan Usaha Cuci Mobil dan Motor

Lalu, seberapa besar peluang untung yang bisa kamu dapatkan dari usaha cuci mobil dan motor? Misalkan, kamu menetapkan tarif biaya cuci mobil Rp50.000 dan cuci motor Rp20.000. 

Dalam sehari, kamu bisa memperoleh sebanyak 10 pelanggan cuci mobil dan 20 pelanggan cuci motor. Maka, total pemasukan kamu dalam waktu sehari adalah sebanyak Rp900.00. Dalam satu bulan, kamu bisa memperoleh omzet sebanyak Rp27.000.000. 

Dari jumlah omzet tersebut, kamu mendapatkan penghasilan bersih sebanyak Rp27.000.000 – Rp7.200.000 = Rp19.800.000. 

Perhitungan tersebut dibuat dengan beberapa asumsi sebagai berikut: 

  • Waktu cuci motor sekitar 20 menit
  • Waktu cuci mobil sekitar 30 menit
  • Jam operasional cuci usaha mobil dan motor selama 10 jam per hari

Risiko dan Tantangan Usaha Cuci Mobil dan Motor

Risiko dan Tantangan Bisnis Cuci Mobil dan Motor

Dari perhitungan modal serta proyeksi keuntungannya, kamu jadi tahu betapa besarnya peluang usaha cuci mobil dan motor, kan? Namun, jangan hanya memperhitungkan nilai keuntungannya saja. Kamu juga perlu mengetahui risiko serta tantangan saat menjalankan usaha ini, di antaranya: 

Terpengaruh Musim

Tingkat permintaan terhadap jasa cuci mobil dan motor di Indonesia sangat terpengaruh oleh kondisi musim. Jumlah pelanggan akan mengalami peningkatan secara drastis saat memasuki musim hujan. Sebaliknya, situasinya akan berbeda dan usaha akan terlihat sepi pelanggan ketika musim kemarau. 

Tingkat Persaingan Tinggi

Tantangan selanjutnya adalah begitu banyaknya tempat usaha yang menawarkan jasa cuci mobil dan motor. Oleh karena itu, mau tak mau kamu perlu memiliki strategi pemasaran yang tepat biar mampu memenangkan persaingan. 

Baca juga: Ini 8 Rahasia Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM, Mau Tau?

Cara Memulai Usaha Cuci Mobil dan Motor

Dengan peluang keuntungan yang sangat besar tersebut, tak heran kalau kamu tertarik untuk memulai usaha cuci motor dan mobil kan? Ada beberapa tahapan yang dapat kamu lakukan untuk mulai menjalankan usaha ini, yaitu: 

  • Riset pasar. Kamu harus melakukan riset pasar sebelum memulai usaha cuci mobil dan motor. Tujuannya adalah untuk memastikan potensinya. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui seberapa besar tingkat kompetisi usaha ini. 
  • Menyiapkan modal. Langkah berikutnya, kamu dapat mempersiapkan kebutuhan modal. Estimasi kebutuhannya bisa kamu lihat dalam perhitungan yang telah dibuat. 
  • Memilih Lokasi. Untuk memulai usaha cuci mobil dan motor, kamu harus cermat dalam menentukan lokasi usaha. Tidak hanya perlu tempat yang luas, tetapi juga strategis. Tujuannya, biar para pelanggna dapat dengan mudah menemukan tempat usaha kamu. 
  • Tentukan jenis layanan. Dalam menjalankan usaha cuci mobil dan motor, kamu dapat menawarkan beberapa jenis layanan kepada pelanggan. Misalnya, kamu bisa saja menyediakan layanan cuci manual, cuci salju, cuci hidrolik, dan lain sebagainya. 
  • Siapkan kebutuhan karyawan. Kalau mau menjalankan usaha cuci mobil dan motor, mau tak mau kamu perlu merekrut karyawan. Keberadaan karyawan dapat membantu kamu memberikan pelayanan secara lebih cepat kepada setiap pelanggan. 
  • Menyiapkan peralatan usaha. Modal usaha sudah kamu siapkan. Kamu pun perlu segera menggunakan modal tersebut untuk pembelian berbagai peralatan yang dibutuhkan. 
  • Promosi usaha. Langkah penting yang tak boleh kamu lewatkan adalah mulai melaksanakan promosi usaha. Tujuannya, biar para pelanggan datang ke tempat usaha kamu. 

Itulah informasi lengkap yang bisa kamu ketahui terkait peluang usaha cuci mobil dan motor. Selanjutnya, kamu pun dapat memutuskan untuk mengambil keputusan untuk memulai usaha ini atau yang lain. 

Terlepas apapun keputusannya, kamu perlu memiliki komitmen yang kuat dalam menjalankan usaha. Jangan mudah menyerah. Selain itu, terapkan pola pikir kreatif untuk menunjang aktivitas pemasaran usaha kamu. 

Sebagai tambahan, berikan kualitas pelayanan yang prima. Salah satu wujud pelayanan prima itu bisa kamu lakukan dengan menggunakan YUKK Payment Gateway. YUKK Payment Gateway membantu kamu dalam menyediakan sarana pembayaran digital yang nyaman dan praktis kepada pelanggan. 

Hanya dengan satu layanan YUKK Payment Gateway, pelanggan dapat memilih beberapa opsi cara pembayaran online. Mulai dari kartu kredit, QRIS, e-wallet, hingga virtual account. Semuanya bisa kamu sediakan dengan YUKK Payment Gateway.

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry