Jualan Galon Air dan Gas Elpiji, Apakah Masih Menjanjikan?

Mau tahu jenis usaha yang mempunyai tingkat kerugian minim dan bahkan selalu dicari pelanggan? Anda bisa mendapatkan jawabannya dengan memanfaatkan peluang usaha agen galon air dan gas elpiji. Usaha ini yang tidak pernah sepi karena memiliki prospek tinggi dan menguntungkan karena produk yang Anda tawarkan termasuk barang kebutuhan pokok. 

Peluang Usaha Agen Galon Air dan Gas Elpiji yang Selalu Dicari

Air mineral dan gas elpiji termasuk kebutuhan pokok yang digunakan oleh masyarakat sehari-hari. Oleh karenanya, keberadaan agen galon air dan gas elpiji akan terus dicari oleh masyarakat. Dengan pengelolaan usaha yang baik, Anda pun bisa mendapatkan untung besar dari peluang usaha ini. 

Baca juga: Rahasia Sukses Jalanin Usaha Toko Sembako, Dijamin Untung Deh!

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memperoleh beberapa kelebihan ketika memilih untuk menjalankan usaha sebagai agen galon air dan elpiji, termasuk di antaranya: 

Operasional Usaha yang Mudah

Peluang usaha agen galon air dan gas elpiji sangat sesuai bagi Anda yang baru pertama kali memulai usaha. Dibandingkan dengan usaha lain, Anda bisa menjalankan bisnis jualan galon air dan gas elpiji dengan mudah. 

Proses pemasaran dapat Anda lakukan dengan sederhana. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir dengan stok barang, karena produk yang dijual tidak mudah expired. Jadi, risiko kerugian sangat kecil. 

Segmen Pasar Sangat Luas

Selanjutnya, ada keuntungan dari usaha galon air dan gas elpiji mempunyai segmen pemasaran yang sangat luas. Bahkan, hampir setiap elemen masyarakat bisa menjadi target pemasaran Anda. 

Kemudahan dalam Menyesuaikan Modal

Tidak hanya dapat dijalankan dengan mudah, usaha agen galon air dan elpiji memberikan kemudahan bagi Anda dalam menyesuaikan kebutuhan modal. Anda dapat memulai usaha ini dengan modal kecil dan mengembangkannya secara perlahan. 

Ditambah lagi, Anda bisa menjual produk air minum dengan berbagai pilihan. Tidak hanya air minum galon. Ada opsi untuk menawarkan produk air minum dalam kemasan gelas dan botol. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan beberapa merek produk air mineral sekaligus. 

Estimasi Modal dan Proyeksi Keuntungan Usaha Agen Galon Air dan Gas Elpiji

modal yang harus di kleuarkan untuk usaha galon air dan  gas elpiji serta proyeksi keuntungannya

Bagi Anda yang mempunyai ketertarikan untuk menjalankan usaha agen galon air dan gas elpiji, informasi terkait kebutuhan modal dan proyeksi keuntungan sangat penting. Informasi ini membantu Anda dalam membantu menyiapkan modal dan memperhitungkan break even point atau BEP

Estimasi Modal Usaha Agen Galon Air dan Gas Elpiji

Kalau Anda ingin menjadi agen resmi gas elpiji Pertamina, maka modalnya bisa cukup besar. Nominalnya bisa mencapai Rp100 juta. Namun, lain halnya kalau Anda ingin membuka usaha sub agen galon air dan gas elpiji. Anda dapat melakukan kerjasama dengan agen elpiji resmi di masing-masing wilayah. 

Selanjutnya, perhitungan modal yang perlu Anda persiapkan adalah sebagai berikut: 

  • Motor roda tiga: Rp20.000.000
  • 100 tabung gas 3kg @Rp125 ribu: Rp12.500.000
  • Sewa tempat: Rp5 juta per tahun
  • 30 galon air @50.000: Rp1.500.000
  • Biaya lain-lain: Rp1.000.000
  • Total: Rp40.000.000

Proyeksi Keuntungan Usaha Galon Air dan Gas Elpiji

Dengan modal yang cukup besar, bagaimana perhitungan keuntungan usaha galon air dan gas elpiji? Berikut ini adalah gambarannya. Seorang pelaku usaha yang memanfaatkan peluang usaha agen galon air dan gas elpiji biasanya memperoleh margin profit tidak terlalu tinggi. 

Untuk setiap tabung elpiji dan galon air, margin profit dari seorang pelaku usaha biasanya adalah sekitar Rp2.000 sampai Rp3.000. Kalau dalam satu hari Anda berhasil menjual sekitar 40 item gas elpiji dan galon air, maka dalam satu bulan Anda bisa memperoleh keuntungan sebesar Rp3.600.000. 

Nilai keuntungan tersebut bisa meningkat kalau Anda memberikan layanan ekstra. Misalnya, Anda menyediakan fasilitas pengiriman berbayar ke rumah pelanggan. Proyeksi keuntungannya pun dapat meningkat secara drastis kalau Anda menjalankan usaha ini di wilayah yang ramai penduduk. 

Cara Memulai Usaha Agen Galon Air dan Gas Elpiji

Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha ini, langkah-langkahnya relatif mudah. Anda dapat mengikuti tahapan langkahnya sebagai berikut: 

  • Mengajukan permohonan kerjasama dengan agen gas elpiji dan galon air minum resmi
  • Menyiapkan modal usaha sesuai dana yang telah Anda miliki
  • Mempersiapkan lokasi yang digunakan untuk usaha
  • Survei oleh pihak agen
  • Setelah proses survei, Anda perlu menunggu persetujuan dan baru bisa mulai menjalankan usaha berjualan gas elpiji serta galon air

Risiko dan Tantangan Usaha Agen Galon Air dan Gas Elpiji

Risiko dan Tantangan Usaha Agen Galon Air dan Gas Elpiji

Hanya saja, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan ketika menjalankan peluang usaha agen galon air dan gas elpiji, yakni: 

Modal Besar

Margin profit dari bisnis galon air dan gas elpiji relatif kecil. Oleh karena itu, nilai keuntungan yang Anda peroleh kalau menjalankan usaha ini dengan modal terbatas bakal sangat kecil. Kalau ingin memperoleh untung besar, Anda perlu menyiapkan modal dengan jumlah lebih besar. 

Baca juga: Ingin Sukses Bisnis dengan Modal Kecil? Ini Tips Memulainya!

Galon Air dan Tabung Gas Berisiko Rusak

Aspek selanjutnya yang harus Anda perhatikan dari usaha berjualan galon air minum dan gas elpiji adalah risiko kerusakan yang bisa terjadi. Galon air rentan mengalami keretakan dan bahkan pecah. Sementara itu, tabung gas cenderung mengalami kerusakan kalau digunakan dalam jangka panjang. 

Gangguan dalam Proses Distribusi

Faktor yang menjadi risiko bisnis dalam usaha agen galon air dan gas elpiji adalah suplai barang. Pada kondisi tertentu, para agen mengalami kesulitan dalam mengirimkan barang, khususnya untuk produk gas elpiji. Alhasil, stok yang ada di dalam gudang terbatas dan Anda tidak mampu memenuhi permintaan tinggi di pasaran. 

Tingkat Persaingan Tinggi

Terakhir, Anda harus tahu kalau pelaku usaha agen galon air mineral dan gas elpiji sangat banyak. Bahkan, hampir di setiap gang ada pelaku usaha yang menawarkan kedua produk ini. Jadi, mau tak mau Anda bakal memiliki persaingan ketat dengan usaha yang sudah ada lebih dulu. 

Baca juga: 7 Tantangan Utama Pelaku UMKM dalam Mengembangkan Usaha di Era Digital

Dalam praktiknya, persaingan tinggi di kalangan para pelaku usaha galon air dan gas elpiji adalah perang harga. Mau tak mau, konsumen pun bakal mencari agen yang mampu menyediakan produk, baik gas elpiji maupun galon air mineral, dengan harga yang relatif terjangkau. 

Baca juga: Ini 8 Rahasia Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM, Mau Tau?

Nah, itulah pertimbangan lengkap yang perlu Anda perhatikan ketika ingin memanfaatkan peluang usaha agen galon air dan gas elpiji. Dengan komitmen tinggi dalam menjalankan usaha, Anda pun bisa memperoleh kesuksesan besar dari bisnis galon air dan gas elpiji. 

Sebagai pelengkap, pertimbangkan untuk menyediakan berbagai kemudahan bagi pelanggan. Salah satu bentuk kemudahan tersebut adalah dari segi cara pembayaran. Alih-alih hanya menyediakan cara bayar secara tunai, pertimbangkan untuk menggunakan layanan YUKK Payment Gateway

YUKK Payment Gateway merupakan platform payment gateway terbaik untuk pelaku UMKM di Indonesia. Dengan YUKK Payment Gateway, Anda bisa menyediakan berbagai cara pembayaran digital secara praktis dan mudah kepada para pelanggan.

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry