Cegah Sakit Hati! 8 Cara Halus Nolak Teman yang Mau Ngutang

Anda tentu sering berhadapan dengan teman yang tiba-tiba datang dan ingin pinjam uang. Sejatinya, Anda ingin menolak, tetapi kesulitan dalam melakukannya. Anda tidak sendiri, ada banyak orang lain yang mengalami masalah serupa. Lalu, bagaimana solusi cara menolak orang yang ingin ngutang dengan bijaksana?

Penolakan terhadap permintaan utang dari seorang teman atau saudara memang tak bisa Anda lakukan secara serampangan. Salah-salah, hubungan pertemanan dan persaudaraan mengalami gangguan. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan, yakni: 

Mulailah dengan Kata-Kata Positif

Langkah awal yang bisa Anda lakukan ketika ingin menolak teman atau saudara yang ingin ngutang adalah dengan menggunakan kata-kata positif. Penggunaan kata-kata positif tersebut bertujuan untuk menciptakan suasana perbincangan yang santai dan positif. 

Salah satu contohnya adalah dengan mendengarkan keluh-kesah yang ingin mereka sampaikan terlebih dulu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui secara jelas tujuan teman atau saudara yang ingin ngutang tersebut. Informasi ini jadi pertimbangan ketika ingin memutuskan untuk menolak atau menerima permintaan utang itu. 

Berikan Alasan Penolakan yang Logis dan Jujur

Berikan alasan penolakan secara jujur

Selanjutnya, Anda perlu memberikan alasan yang jujur serta logis saat menyampaikan penolakan. Anda dapat menyampaikan berbagai beban pengeluaran yang perlu dikeluarkan secara rutin setiap bulannya, mulai dari biaya pendidikan anak, berbagai jenis cicilan seperti kartu kredit, pengeluaran belanja, hingga investasi saham, emas dan reksadana

Anda perlu menyampaikan informasi tersebut secara gamblang dan tanpa dibuat-buat. Dengan begitu, teman atau saudara yang ingin ngutang tersebut bisa memiliki gambaran yang jelas tentang kondisi keuangan Anda. 

Gunakan Bahasa yang Tegas namun Ramah

Dalam cara menolak orang yang ingin ngutang dengan bijaksana, Anda perlu memperhatikan aspek komunikasi. Anda perlu menyampaikan penolakan dengan bahasa yang ramah. Meski begitu, pastikan bahwa Anda melakukan penolakan secara tegas. 

Kendalikan Nada Bicara

Kendalikan nada bicara agar tidak menyakiti

Tak kalah penting, Anda perlu menata nada bicara sehingga tetap tenang dan kata-kata yang terucap dari bibir terdengar dengan jelas. Hal itu menunjukkan kalau Anda tidak memiliki keragu-raguan dalam melakukan penolakan. 

Bersikap Empati

Anda memang menolak permintaan teman atau saudara yang ingin ngutang tersebut. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa bersikap acuh tak acuh. Anda tetap perlu menunjukkan sikap sebagai teman atau saudara yang baik. 

Caranya sederhana. Anda hanya perlu menjadi seorang pendengar yang baik. Dengarkan setiap perkataan yang mereka sampaikan dengan seksama. Hal ini menjadi wujud dari empati Anda terhadap permasalahan ekonomi yang tengah mereka hadapi. 

Sekilas, pilihan untuk mendengarkan permasalahan memang tidak menyelesaikan problem keuangan yang dihadapi. Namun, sikap tersebut dapat membantu meminimalkan potensi rasa sakit atau frustrasi yang mereka rasakan. 

Tawarkan Dukungan Lain

Tawarkan Solusi Lain Kepada Orang yang Ingin Berhutang

Tak cukup dengan mendengarkan segala keluh kesah. Ada pula solusi cara menolak orang yang ingin ngutang dengan bijaksana lewat tawaran dukungan dalam bentuk lain. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan masukan untuk bisa menyelesaikan solusi keuangan tanpa menimbulkan permasalahan. 

Sebagai contoh, Anda dapat membantu mereka untuk mencari layanan konseling keuangan. Upaya ini cukup efektif dalam mengatasi masalah yang muncul akibat ketidakmampuan seseorang dalam mengelola keuangan. Selain itu, ada pula cara lain dengan memberikan saran terkait lembaga keuangan yang bisa mereka manfaatkan. 

Selain itu, Anda dapat memberikan masukan terkait kehati-hatian dalam memilih lembaga keuangan ketika ingin meminjam uang. Apalagi, kalau memperoleh iming-iming dana pinjaman cepat cair tanpa menggunakan jaminan apapun. Jangan sampai, situasi sulit yang mereka hadapi membuatnya harus berhadapan dengan pinjaman online termasuk pinjol ilegal yang meresahkan.

Jangan Beri Harapan Palsu

Kesalahan yang kerap dilakukan banyak orang ketika ingin menolak teman atau saudara yang ngutang adalah dengan memberikan harapan palsu. Misalnya, Anda berkata kalau saat ini masih belum ada. Namun, beda lagi kalau besok atau lusa. 

Di sisi lain, Anda menggunakan alasan tersebut untuk menolak mereka. Ini bulankah cara menolak orang ingin ingin ngutang dengan bijaksana, melainkan Anda sudah memberikan harapan palsu. Alhasil, orang tersebut akan datang kembali dengan maksud menagih janji Anda dalam memberikan pinjaman uang. 

Akhiri dengan Penegasan Hubungan

Terakhir, Anda perlu memberikan penegasan bahwa penolakan yang dilakukan bukan upaya dalam merusak hubungan pertemanan atau persaudaraan. Sebaliknya, penolakan tersebut merupakan wujud kepedulian Anda terhadap hubungan baik yang telah terjalin. 

Sampaikan secara langsung kalau Anda menghargai mereka sebagai teman atau saudara. Anda tidak ingin kalau hubungan yang baik tersebut rusak hanya karena masalah utang. Sebagai bentuk kepedulian, Anda dapat pula memberikan sedikit uang untuk meringankan beban keuangan yang tengah teman atau saudara hadapi. 

Itulah berbagai cara menolak orang yang ingin ngutang dengan bijaksana. Dengan penerapan cara penolakan tersebut, Anda bisa mencapai dua tujuan sekaligus, yakni mempertahankan kondisi keuangan agar tetap seimbang dan sekaligus menjaga hubungan baik dengan teman atau saudara yang ingin ngutang

Sebagai tambahan, ada info menarik yang berkaitan dengan pengelolaan usaha bagi para pelaku UMKM di Indonesia. Untuk menunjang kemudahan Anda dalam melakukan transaksi, kini hadir layanan payment gateway terbaik, yakni YUKK Payment Gateway. 

Dengan YUKK Payment Gateway, Anda bisa menyediakan berbagai cara bayar yang praktis dan mudah kepada pelanggan. Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan pelanggan dan berkesempatan untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Semuanya, bisa Anda dapatkan dengan memakai YUKK Payment Gateway.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry