5 Cara Mudah Dapat Duit dari TikTok, Bisa Sekaligus Terkenal!

Panduan cara menghasilkan uang dari Tiktok

TikTok jadi salah satu platform media sosial tengah menjadi tren dan sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Siapa saja bisa meraih popularitas tinggi dengan TikTok. Di waktu yang sama, Anda dapat pula menemukan banyak cara menghasilan uang dari TikTok. 

Peluang dalam mendapatkan uang dari TikTok sangat tinggi. Hal ini tidak lepas dari tingginya interaksi pengguna di platform tersebut. Di sisi lain, angka pengguna TikTok terus mengalami peningkatan seiring waktu. Lewat pemanfaatan yang tepat, Anda bisa terkenal dan sekaligus dapat pemasukan ekstra dari TikTok. 

Mengapa TikTok Menjadi Peluang Penghasilan

Peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari TikTok sangat tinggi. Faktanya, saat ini sudah banyak orang yang mendapatkan pundi-pundi uang dengan jumlah yang besar dari TikTok. 

Kunci utama dalam cara menghasilkan uang dari TikTok adalah seberapa banyak jumlah follower Anda. Sebagai informasi, dilansir dari Hopper HQ berikut ini beberapa nama tiktokers dengan jumlah penghasilan terbesar dunia pada 2022: 

  1. Charlie D’Amelio, mampu menghasilkan uang mencapai US$105,770 per konten dan punya sebanyak 142,4 juta follower
  2. Khabane Lame dengan follower sebanyak 143,2 juta dan mampu memperoleh uang sebanyak US$92,270 per konten
  3. Bella Poarch yang punya sebanyak 90,1 follower dan dapat menghasilkan uang mencapai US$66,829 per konten

Anda bisa pula memiliki peluang untuk memperoleh penghasilan yang sama. Apalagi, TikTok merupakan platform media sosial yang tengah berkembang. Jumlah user mereka terus bertambah seiring waktu. 

Persiapan Sebelum Menghasilkan Uang di TikTok

Langkah-langkah persiapan sebelum menghasilkan uang dari TikTok

Untuk bisa mewujudkan keinginan mendapatkan uang dari TikTok, ada 3 poin penting yang perlu Anda perhatikan, yakni: 

1. Memahami Target Audiens

Kalau ingin dapat uang dari TikTok, Anda perlu memahami karakteristik dari target audiens. Anda dapat mengetahui informasi tersebut dengan mengetahui data para follower secara lengkap. Termasuk di antaranya adalah rentang usia, latar belakang pendidikan, lokasi, jenis kelamin, hobi, dan lain sebagainya. 

2. Membangun Profil yang Menarik untuk Menarik Pengikut

Selanjutnya, Anda perlu menyusun strategi dalam menarik para follower. Bagaimana caranya? Sederhana. Anda dapat membangun profil secara lengkap di TikTok. Jangan sekadar mengisi, tetapi pastikan kalau profil terlihat menarik. 

Ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk membuat profil TikTok menarik, yaitu: 

  • Tuliskan deskripsi lengkap dengan foto profil yang unik
  • Manfaatkan emoji
  • Gunakan CTA

3. Membuat Konten Berkualitas dan Konsisten

Tak kalah penting, Anda perlu memiliki perencanaan konten yang bagus. Pastikan Anda membuat konten secara berkualitas dan konsisten. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan follower yang semakin banyak. 

Cara Menghasilkan Uang di TikTok

Langkah-langkah menghasilkan uang di tiktok

Kalau Anda sudah mulai aktif menggunakan TikTok dan mempunyai banyak follower, selanjutnya adalah langkah untuk memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan. Ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan, di antaranya: 

1. Melalui TikTok Creativity Program

Cara pertama adalah dengan memanfaatkan program Tiktok Creativity Program Beta yang merupakan pengganti dari program Creator Fund. Untuk gabung dengan program ini, Anda perlu memiliki konten original dengan durasi melebihi 1 menit. 

Tak hanya itu, Anda juga perlu memiliki setidaknya 100 ribu follower dan telah berusia lebih dari 18 tahun. Saat ini, Creativity Program masih tersedia secara terbatas dan bakal segera diperkenalkan di Indonesia dalam waktu dekat.

2. Menjadi Influencer dan Bekerja Sama dengan Brand

Tak semua orang bisa mendaftar Creativity Program. Sebagai gantinya, ada solusi untuk menjadi seorang influencer. Kesempatan menjadi influencer terbuka bagi setiap orang. Syaratnya, Anda perlu memiliki jumlah follower yang banyak. 

Semakin banyak follower, peluang untuk menjadi seorang influencer kian besar. Selanjutnya, seorang influencer dapat menghasilkan uang dari TikTok dengan melakukan kerjasama dengan brand tertentu. 

3. Menggunakan TikTok Live Gifts

Ada pula pertimbangan cara menghasilkan uang dari TikTok dengan memanfaatkan live gifts. Live gift merupakan fitur TikTok yang membantu Anda melakukan monetisasi akun dengan dukungan dari para follower. 

Anda bisa memperoleh live gift ketika melakukan siaran langsung di TikTok. Selanjutnya, terdapat fitur yang memungkinkan para penonton dan follower untuk mengirimkan hadiah virtual. Semakin menarik konten yang Anda buat, peluang untuk memperoleh reward dari para follower kian besar. 

4. Menjual Produk atau Layanan Sendiri

Berikutnya, ada peluang untuk memanfaatkan TikTok sebagai sarana pemasaran produk Anda sendiri. Produk tersebut bisa berupa barang dagangan maupun layanan. 

5. Bermitra dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan kesempatan monetisasi TikTok dengan menjalin mitra pihak ketiga. Salah satu contohnya adalah dengan membuka layanan dropshipper atau reseller. Dengan cara tersebut, Anda bisa menjual barang meski tidak mempunyai produk atau layanan sendiri. 

Tantangan dan Hal yang Perlu Diwaspadai

Hanya saja, ketika menerapkan strategi cara menghasilkan uang dari TikTok, ada beberapa aspek yang perlu Anda waspadai, yaitu: 

1. Pesaing dan Situasi Pasar

TikTok merupakan platform yang populer dan tengah menjadi tren. Oleh karena itu, tak heran kalau banyak orang yang berlomba-lomba memanfaatkan aplikasi ini untuk menghasilkan uang. 

Situasi tersebut membuat tingkat persaingan di platform TikTok sangat ketat. Anda perlu memiliki strategi yang jitu untuk memenangkan persaingan tersebut. Oleh karenanya, selain konten yang unik dan menarik, pahami strategi digital marketing TikTok dengan baik. 

2. Pemahaman Aturan dan Kebijakan TikTok

Selanjutnya, Anda juga perlu memiliki pemahaman secara mendalam tentang aturan serta kebijakan yang diterapkan oleh TikTok. Pengetahuan ini sangat penting, untuk memastikan keamanan akun TikTok Anda. 

Anda tentu tidak ingin kalau akun TikTok tiba-tiba lenyap atau di banned tanpa tahu penyebabnya, kan? Apalagi, TikTok merupakan platform yang dinamis dan kerap melakukan perubahan kebijakan sesuai dengan perkembangan perusahaan. 

Salah satu contohnya adalah adanya perubahan dari program Creator Fund menjadi Creativity Program. Perubahan kebijakan seperti ini dapat memberi dampak secara langsung pada aktivitas monetisasi akun TikTok Anda. 

Nah, itulah tips serta panduan lengkap yang perlu Anda perhatikan ketika ingin mempraktekkan cara menghasilkan uang dari TikTok. Peluang ini sangat besar dan bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, termasuk Anda. 

Dalam praktiknya, Anda perlu berpikir kreatif agar bisa menciptakan konten yang unik dan menarik. Dengan begitu, keberadaan konten Anda dapat memberikan hiburan maupun informasi menarik bagi para follower. 

Tak ketinggalan, Anda juga perlu memanfaatkan layanan digital pendukung yang penting untuk memaksimalkan upaya monetasi TikTok. Salah satunya adalah layanan payment gateway dari YUKK. 

YUKK Payment membantu Anda dalam menyediakan platform pembayaran online yang praktis dan modern. Dengan satu layanan saja, Anda sudah bisa menerima beberapa jenis cara pembayaran dari pelanggan. Dengan begitu, konsumen dapat menyelesaikan transaksi dari berbagai platform yang mereka inginkan. Yuk, mulai gunakan YUKK untuk kemudahan transaksi usaha Anda!

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry