Ini 8 Trik Rahasia Biar Cepat Dapat Modal Bisnis dari Investor!

Panduan cara mendapatkan dana investor untuk bisnis

Kehadiran investor menjadi sangat krusial dalam membantu mempercepat proses pengembangan usaha. Namun, cara mendapatkan dana investor untuk bisnis tak bisa Anda lakukan dengan sekejap mata. Tak cukup dengan membuat proposal bisnis, tetapi perlu tips ampuh biar cepat dapat investor. 

Tantangan Saat Mencari Pendanaan Investor

Berkaitan dengan upaya mencari investor, ada beberapa faktor yang kerap menjadi tantangan serta hambatan bagi para pelaku usaha kecil, di antaranya adalah: 

  • Ketidakcocokan antara usaha yang Anda jalankan dengan portofolio investor
  • Terdapat permasalahan terkait dengan pengelolaan keuangan usaha
  • Tingkat pengetahuan yang rendah tentang usaha yang dijalankan serta tingkat kompetisi pasar oleh pelaku usaha
  • Profil yang kurang meyakinkan di mata investor. Misalnya, Anda punya keterampilan, latar belakang pendidikan, atau pengalaman yang minim. 
  • Terdapat permasalahan berkaitan dengan model ataupun rencana bisnis yang Anda jalankan.

Cara Mendapatkan Dana Investor Untuk Bisnis

Langkah-langkah mendapatkan dana investor untuk bisnis

Dalam membantu Anda dalam memudahkan proses cara mendapatkan dana investor untuk bisnis, ada 8 tips yang bisa diterapkan, yakni:  

Memahami Kebutuhan Dana Bisnis Anda

Tips pertama biar usaha Anda dapat segera memperoleh pendanaan dari investor adalah dengan menyampaikan kebutuhan bisnis secara transparan. Sampaikan secara jelas nominal dana yang Anda butuhkan. 

Selanjutnya, Anda perlu menginformasikan bagaimana Anda melakukan pengelolaan dana tersebut. Dengan begitu, investor dapat melakukan penilaian terhadap efektivitas serta efisiensi penggunaan modal usaha. 

Menentukan Jenis Investor yang Cocok

Selanjutnya, Anda perlu memahami jenis investor yang sesuai dengan usaha dijalankan. Biar tak salah pilih target investor, kenali beberapa jenis investor sebagai berikut: 

  • Teman atau keluarga. Kalau usaha Anda masih berskala kecil, cara paling cepat untuk memperoleh pendanaan adalah dengan memintanya dari teman atau saudara. Kalau Anda dianggap sebagai pribadi yang bisa dipercaya, mereka tidak akan mengalami kesulitan untuk menerima proposal bisnis yang Anda ajukan. 
  • Bank. Selanjutnya, ada opsi mengajukan pendanaan ke bank. Bentuk pendanaan dari bank bisa berupa kartu kredit, pinjaman dagang, KUR, dan lain sebagainya. 
  • Angel investor. Ada pula jenis angel investor. Mereka merupakan orang dengan tingkat penghasilan tinggi yang tengah mencari bisnis potensial untuk penanaman modal. 
  • Venture capital. Ada pula opsi cara mendapatkan dana investor untuk bisnis dari VC atau venture capital. Kelebihannya, VC mampu memberikan suntikan dana dengan nominal yang sangat besar. 

Menyusun Proposal Bisnis yang Jelas, Menarik, dan Profesional

Kalau ingin mendapatkan modal usaha dari investor, Anda perlu menyampaikannya secara resmi dan detail. Caranya, bisa dengan menggunakan proposal bisnis yang menarik. Anda bisa belajar mengetahui cara penyusunan proposal bisnis untuk investor dengan menarik. 

Mencari dan Mengidentifikasi Investor Potensial

Selanjutnya, Anda dapat melakukan pencarian investor dengan memanfaatkan komunitas atau networking. Caranya beragam, beberapa di antaranya adalah: 

  • Gabung dengan komunitas pengusaha. Dengan begitu, kamu dapat meminta sesama pelaku usaha untuk memperkenalkan calon investor yang potensial. 
  • Berpartisipasi pada event yang banyak diikuti oleh para investor. Lewat berbagai event tersebut, Anda dapat secara langsung melakukan interaksi dengan para investor. 
  • Platform online. Terakhir, ada pula pertimbangan untuk menjaring investor dengan berbagai platform online yang tersedia. Salah satu contohnya adalah dengan memanfaatkan media sosial LinkedIn. 

Persiapan Pitching yang Efektif

Tahapan berikutnya dalam cara mendapatkan dana investor untuk bisnis adalah dengan persiapan pitching atau presentasi. Anda dapat melakukannya dengan mempersiapkan bahan presentasi di depan investor. 

Anda perlu memastikan bahwa bahan presentasi yang disiapkan  menjadi kunci biar investor tertarik melakukan penanaman modal. Oleh karena itu, pastikan untuk memasukkan data penting termasuk di antaranya: 

  • Daya tarik produk
  • Potensi bisnis di masa mendatang
  • Tren bisnis yang telah berjalan
  • Strategi pemasaran
  • Kebutuhan dana untuk modal usaha serta rencana pengelolaannya

Mengatur Pertemuan dengan Investor

Kalau persiapan pitching sudah Anda lakukan dengan matang, maka langkah selanjutnya adalah mengatur waktu pertemuan dengan investor. Pastikan Anda menjaga penampilan secara profesional di hadapan investor. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh kesan awal yang positif. 

Selanjutnya, sampaikan bahan presentasi dengan kata-kata yang jelas dan gamblang. Dengan begitu, investor dapat memahami setiap informasi yang Anda sampaikan dengan jelas. Tak kalah penting, pastikan Anda benar-benar menguasai materi presentasi tersebut. 

Negosiasi dan Penandatanganan Perjanjian

Kalau proses pitching berlangsung lancar dan investor setuju melakukan pendanaan, tahapan selanjutnya adalah negosiasi serta tanda tangan perjanjian. Proses negosiasi perlu Anda lakukan untuk memberikan win-win solution untuk masing-masing pihak. 

Selanjutnya, proses penandatanganan perjanjian investasi perlu Anda lakukan dengan resmi. Dalam surat perjanjian investasi tersebut, ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan, di antaranya: 

  • Pelaksanaan komitmen dari masing-masing pihak
  • Pembagian peran serta tugas
  • Hak investor serta upaya perlindungannya
  • Kejelasan dalam proses pengambilan keputusan
  • Pengelolaan dana
  • Identifikasi terkait potensi risiko bisnis
  • Besaran modal yang menjadi kesepakatan
  • Prosedur berkaitan dengan pemindahan hak kepemilikan

Mempertahankan Hubungan dengan Investor

Setelah proses penandatanganan perjanjian investasi, tahapan cara mendapatkan dana investor untuk bisnis belum selesai. Anda masih harus perlu menjaga hubungan dengan para investor agar tetap harmonis. 

Upaya ini sangat penting biar operasional usaha dapat berjalan dengan baik. Selain itu, Anda juga berpeluang memperoleh dana investasi tambahan dari adanya hubungan yang harmonis dengan para investor tersebut. 

Nah, itulah tips yang bisa Anda praktikkan dalam cara mendapatkan dana investor untuk bisnis. Dengan begitu, Anda punya peluang besar untuk memperoleh tambahan modal dalam upaya pengembangan usaha. 

Sebagai catatan penting, penggunaan modal usaha harus Anda lakukan secara efektif dan efisien. Salah satu contoh cara pemakaian modal usaha secara tepat adalah menggunakannya untuk mendorong kemudahan cara bertransaksi. 

Alih-alih menggunakan sistem pembayaran konvensional, Anda dapat memanfaatkan layanan payment gateway terbaik seperti YUKK Payment Gateway. Dengan YUKK Payment Gateway, proses transaksi dengan pelanggan jadi berlangsung lebih cepat, praktis, dan modern. 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry