6 Tips Jitu Cara Ajak Pasangan Bicara Tentang Keuangan

Panduan cara berbicara tentang uang dengan pasangan

Keuangan yang sehat menjadi kunci penting dalam segala hal, termasuk kalau Anda ingin memiliki hubungan yang baik dengan pasangan. Tak jarang, problem keuangan kerap menjadi pemicu utama terjadinya perceraian. Oleh karenanya, Anda perlu tahu cara berbicara tentang uang dengan pasangan. 

Pemahaman yang tepat tentang cara berkomunikasi tentang uang dengan pasangan, bisa membuat hubungan berjalan lebih harmonis. Anda dan pasangan bisa memiliki rasa percaya yang kuat satu sama lain dan bakal menjadi fondasi kuat dalam hubungan rumah tangga.

Tantangan Umum dalam Mendiskusikan Uang dengan Pasangan 

Tantangan umum dalam mendiskusikan keuangan dengan pasangan

Banyak orang yang mengalami kebingungan ketika ingin memulai cara berbicara tentang uang dengan pasangan. Ada berbagai tantangan yang membuat seseorang enggan untuk mengajak pasangan bicara tentang masalah keuangan, termasuk di antaranya adalah: 

  • Ketakutan terhadap adanya perubahan sikap pada pasangan
  • Karena adanya rasa malu dan tak percaya diri di hadapan pasangan
  • Enggan dipandang rendah di mata pasangan dan keluarga

Langkah-Langkah Praktis untuk Berkomunikasi Tentang Uang dengan Pasangan

Langkah-langkah praktis yang dapat dilakukan untuk berkomunikasi tentang keuangan dengan pasangan

Adanya berbagai tantangan memang sering menimbulkan kesulitan bagi sebagian besar orang untuk mulai mengajak pasangan bicara tentang keuangan. Untuk membantu Anda dalam melakukannya, ada 6 tips cara berbicara tentang uang dengan pasangan yang bisa diterapkan, yakni: 

1. Menetapkan Waktu dan Tempat yang Tepat

Hal yang kerap terjadi saat pasangan suami istri membicarakan masalah keuangan keluarga adalah munculnya perdebatan yang panas dan sengit. Padahal, konflik semacam itu bisa Anda minimalkan dengan memilih waktu serta tempat berbicara yang tepat. 

Anda dapat mulai mengajak pasangan berbicara tentang keuangan lewat hal-hal yang sederhana. Sebagai contoh, Anda bisa membicarakan kepada pasangan bahwa Anda tidak suka dengan kebiasaan menghambur-hamburkan uang untuk hal yang kurang penting. 

Baca juga: Hindari 6 Kebiasaan Ini Biar Uang Kamu Tidak Cepat Habis!

Pastikan Anda memulai percakapan tentang keuangan tersebut pada situasi yang nyaman dan tenang. Dengan begitu, pasangan tidak akan memberikan respons yang berlebihan. Selanjutnya, Anda dapat mengajak pasangan untuk bicara lebih mendalam tentang pengelolaan keuangan keluarga.

2. Pentingnya Kejujuran dan Transparansi

Tips selanjutnya dalam cara berbicara tentang uang dengan pasangan adalah sikap jujur dan transparan. Anda perlu memberikan informasi yang jelas tentang kondisi keuangan keluarga kepada pasangan. 

Jangan hanya memberi tahu seberapa besar penghasilan yang Anda dapatkan setiap bulannya. Namun, informasikan juga nominal pengeluaran rutin yang Anda keluarkan. Tak lupa, sampaikan tanggungan utang yang Anda miliki saat ini. 

Penyampaian masalah utang sangat penting dan harus diketahui oleh pasangan, baik utang jangka pendek maupun jangka panjang. Pasangan bakal merasa sangat kecewa kalau Anda ternyata mempunyai utang dengan nominal besar yang sengaja disembunyikan dari mereka. 

Baca juga: Orang Kaya Banyak Hutang, Tapi Malah Tambah Kaya, Kok Bisa?

3. Mengidentifikasi dan Menghargai Nilai dan Tujuan Keuangan Bersama

Anda dan pasangan sudah mengetahui kondisi keuangan masing-masing. Lalu, bagaimana langkah selanjutnya? Jangan berhenti sampai di situ. Anda perlu mengajak pasangan untuk bicara secara lebih mendalam, berkaitan dengan nilai serta tujuan keuangan yang ingin dicapai masing-masing. 

Dalam praktiknya, Anda dan pasangan bisa saja mempunyai nilai serta tujuan keuangan yang berbeda. Sampaikan informasi tersebut secara jelas kepada pasangan. Selanjutnya, Anda bisa melakukan diskusi untuk bisa menemukan nilai serta tujuan keuangan bersama sebagai pasangan. 

Dalam proses tersebut, Anda dapat menetapkan prioritas tujuan keuangan yang ingin dicapai. Sebagai contoh: 

  • Kepemilikan tabungan pendidikan anak
  • Anda ingin mempunyai kendaraan pribadi untuk keluarga dalam jangka 5 tahun ke depan
  • Anda menetapkan tujuan untuk bisa membangun rumah dalam waktu 10 tahun mendatang

4. Menangani Perbedaan Pendapat

Dalam cara berbicara tentang uang dengan pasangan, tidak selamanya akan berjalan lancar. Ada banyak hambatan yang bakal Anda jumpai, dan yang paling sering terjadi adalah adanya perbedaan pendapat dengan pasangan. 

Perbedaan pendapat dalam sebuah diskusi merupakan hal yang lumrah. Apalagi, kalau Anda mendiskusikan tema keuangan yang cukup sensitif. Oleh karenanya, Anda perlu memahami cara yang tepat dalam menangani perbedaan pendapat tersebut. 

Beberapa cara tersebut di antaranya adalah: 

  • Dengarkan pendapat pasangan dengan cermat dan seksama. Jangan biasakan memotong pembicaraan pasangan dan biarkan sampai selesai. 
  • Jangan pernah menunjukkan sikap yang menyepelekan pendapat pasangan. Sikap seperti ini menunjukkan cara Anda yang kurang menghormati pasangan. 
  • Sampaikan argumen dengan sehat dan santai. Anda dapat mengajak pasangan untuk saling beradu argumen. Namun, pastikan bahwa proses adu argumen tersebut berlangsung sehat dan tidak memicu konflik. 
  • Jangan baper. Dalam setiap diskusi masalah keuangan dengan pasangan, hindari kebiasaan baper atau mudah tersinggung. 
  • Fokus pada upaya mencari solusi bersama. Tak kalah penting, Anda harus menetapkan fokus utama pada upaya mendapatkan solusi keuangan bersama. 

Baca juga: 8 Tips Sederhana & Jitu Buat Tangani Konflik di Tempat Kerja

5. Membuat Rencana dan Rutinitas Berkala

Upaya selanjutnya yang tak kalah penting dalam cara berbicara tentang uang dengan pasangan adalah lewat adanya perencanaan secara berkala. Ajak pasangan untuk menyusun rencana tersebut. Pastikan bahwa rencana keuangan yang Anda susun dibuat dengan berdasarkan pada hasil diskusi sebelumnya. 

Penyusunan rencana keuangan memiliki fungsi penting dalam menjaga kesehatan keuangan keluarga. Keberadaan rencana keuangan tersebut bisa membantu Anda dan pasangan dalam memonitor pengeluaran secara berkala. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan penghasilan secara maksimal dan mencapai tujuan keuangan. 

Baca juga: Siap-Siap Nikah? Yuk, Pahami Cara Nyusun Anggarannya Dulu!

6. Menggunakan Layanan Konselor Keuangan Jika Diperlukan

Lalu, bagaimana kalau Anda dan pasangan memiliki kesulitan dalam mengelola keuangan? Faktornya  bisa beragam. Situasi yang paling sering terjadi adalah ketika Anda dan pasangan mempunyai masalah keuangan yang sangat pelik sehingga menimbulkan stres. 

Di sisi lain, Anda maupun pasangan mempunyai kesibukan tersendiri sehingga kesulitan untuk menemukan solusi atas masalah keuangan. Pada situasi tersebut, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan layanan konselor keuangan. 

Anda dan pasangan dapat menjabarkan secara jelas dan lengkap terkait masalah keuangan kepada konselor keuangan. Pastikan Anda menjelaskannya secara jujur. Dengan begitu, konselor dapat memberikan solusi yang tepat dalam menangani problem keuangan Anda dan pasangan. 

Namun, pastikan bahwa Anda memiliki komitmen yang kuat dalam menjalankan solusi tersebut. Tanpa adanya komitmen kuat, upaya menggunakan layanan konsuler keuangan bakal sia-sia. 

Itulah berbagai tips serta cara berbicara tentang uang dengan pasangan secara efektif yang bisa Anda praktekkan. Membicarakan masalah keuangan memang sulit. Namun, dengan mulai membiasakannya secara rutin, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukannya. Hubungan dengan pasangan pun jadi lebih awet dan harmonis. 

Bagi Anda yang memiliki usaha, pengelolaan keuangan menjadi hal yang penting. Bukan cuma keuangan pribadi, tetapi juga keuangan usaha. Kabar baiknya, ada layanan dari YUKK Payment Gateway yang bisa membantu Anda dalam memudahkan pengelolaan keuangan. 

YUKK merupakan platform payment gateway terbaik untuk UMKM di Indonesia. Dengan layanan ini, Anda dapat menerima berbagai jenis pembayaran online cukup dengan satu layanan. 

Sebagai layanan keuangan yang berbasis teknologi digital, YUKK dapat membantu Anda dalam melakukan pengelolaan finansial secara lebih baik. Anda dapat melakukan pemisahan pengelolaan keuangan pribadi dan usaha dengan lebih mudah berkat adanya fasilitas pencatatan transaksi. 

Yuk, kelola usaha Anda jadi lebih efektif dan modern dengan YUKK Payment Gateway!

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry